Seo Untuk Website Bisnis

Bagaimana Orang Lain Mengetahui Bisnis Anda ?

Bisnis yang Anda jalankan saat ini belum tentu merupakan bisnis yang hanya ada satu di dunia. Bisa jadi ada banyak sekali bisnis di luar sana yang menawarkan produk/jasa yang mirip dengan Anda sehingga menyulitkan Anda untuk dapat diketahui dan dikenal oleh orang lain.

Gunakan kata kunci panjang atau long tail keywords untuk mendorong keberadaan website dan bisnis Anda diketahui oleh publik. Pencarian kata kunci long tail biasa digunakan oleh pengguna internet yang melakukan pencarian disaat mereka ada pada titik yang sudah mendekati keputusan untuk bertransaksi.

Anda akan mudah mendapatkan peringkat untuk kata kunci long tail dibanding kata kunci yang sudah umum. Keuntungan lain dari fokus pada long tail adalah, meskipun kata kunci ini jarang dicari, pengunjung yang menemukan website Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk membeli produk Anda.

Contoh, seseorang yang melakukan pencarian dengan kata kunci “pantai di bali” bisa jadi hanya membutuhkan informasi mengenai pantai-pantai yang ada di Bali. Berbeda dengan pengunjung yang mengetik kata kunci “hotel di pantai seminyak bali”, lebih panjang dan spesifik. Jumlahnya pasti jauh lebih sedikit dibanding kata kunci sebelumnya tapi kemungkinan pengunjung dengan kata kunci ini untuk melakukan transaksi jauh lebih besar.

Fenomena demikian biasanya juga dialami oleh seseorang yang ingin mencari produk atau jasa yang diinginkannya namun sebenarnya mereka tidak tahu apa yang sebenarnya harus dicari. Misalnya, orang tersebut mencari kamera digital namun karena pemahaman produknya masih kurang, namun ia ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai jenis kamera.

Dengan menggunakan kata kunci “digital camera”, pengunjung semula mendapatkan beberapa hasil pencarian yang memberitahu tersedianya beberapa jenis kamera digital seperti pocket camera, DSLR, dan sebagainya. Kemudian dengan mengkombinasikan kata kunci menjadi “digital camera pocket”, pengunjung mendapatkan hasil pencarian beberapa penjual digital pocket seperti Nikon atau Canon.

Setelah mempelajari fitur kamera tersebut, pengunjung memutuskan ingin membeli digital pocket camera dari Canon dan menggunakan kata kunci tambahan untuk lokasi seperti “Jakarta”. Dengan demikian, orang tersebut mendapatkan informasi mengenai lokasi toko yang menjual kamera tersebut. Tentunya, pengunjung juga bisa lebih spesifik untuk menentukan apakah ingin membeli kamera baru atau bekas.

Tahapan Pencarian Kata Kunci :

  1. Digital camera
  2. Digital pocket camera
  3. Digital pocket camera Canon
  4. Digital pocket camera Canon Jakarta
  5. Digital pocket camera Canon Jakarta bekas

Cara Optimasi SEO Website

Berikut beberapa cara untuk mengoptimasi website Anda agar SEO friendly :

Pemilihan dan Penempatan Keyword
Jika Anda menggunakan keyword yang salah, maka mesin pencari ataupun konsumen tidak akan bisa menemukan Anda. Pilih keywords yang sesuai dengan produk/jasa yang Anda tawarkan. Kemudian sisipkan keywords tersebut pada bagian penting pada website Anda berikut ini:
-Meta title
-Meta description
-Body content
-URL
-Nama file gambar
-Nama direktori/sub folder
-Menu navigasi
URL dan Nama file

Buat URL website Anda dengan nama yang mudah dibaca dan diingat, baik oleh pengguna maupun robot mesin pencari.

Sebagai contoh jika Anda memiliki halaman kategori produk sepatu kulit maka beri nama URL yang mudah dibaca, seperti websiteanda.com/sepatu-kulit. Jangan gunakan penamaan yang sulit dimengerti seperti websiteanda.com/sepatu-325. Penamaan URL tersebut sangat tidak disarankan, selain sangat tidak SEO friendly, penamaan seperti ini juga menyulitkan pengguna untuk membaca URL Anda.

Hal ini juga berlaku pada gambar yang Anda upload ke website, hindari penamaan dengan penggunaan angka seperti ‘1231923819283.jpg’. Melainkan, cobalah buat seperti ‘sepatu-kulit-coklat.jpg’. Hal ini memang terlihat sepele, namun sangat penting untuk diperhatikan karena pada dasarnya mesin pencari seperti Google hanya bisa mengenali gambar dari nama filenya saja.

Navigasi SEO Friendly
Memiliki navigasi SEO friendly artinya adalah membuat struktur yang dapat diikuti oleh mesin pencari. Pasalnya, penyebab utama mesin pencari tak bisa menemukan sebuah alamat website adalah karena link website berubah menjadi gambar, bukannya teks. Jadi, pastikan semua link dan tombol yang Anda miliki berbasis teks.

Gambar Pada Website
Peran gambar dalam SEO sering kali diabaikan, padahal gambar memiliki andil yang cukup besar. Anda harus mengoptimalkan gambar yang ada pada website sehingga bisa dibuka dalam waktu yang cepat.

Atur dan sesuaikan agar ukuran gambar di website Anda sehingga pengguna perangkat mobile dengan kecepatan internet yang rendah masih bisa dapat mengakses website dan gambar tersebut. Ukuran gambar yang optimal adalah sekitar 30-100kb dengan resolusi 72dpi.

Selain itu, jangan lupa siapkan folder khusus penempatan gambar, sehingga tampilan akhir URL akan terlihat seperti : /image/image.jpg.

Media Sosial
Penggunaan media sosial harus Anda libatkan dalam strategi SEO untuk membangun hubungan dan citra merek Anda. Media sosial juga membantu Anda untuk mendapat kepercayaan serta kredibilitas dari konsumen.

seblmnyaselanjutnya


Hubungi kami via email info@progresstech.co.id atau via telp 021-24520689 untuk konsultasi pembuatan website GRATIS!