Transaksi Pada Toko Online

Toko online atau perdagangan elektronik, adalah kegiatan jual beli barang dan jasa atau transimisi dana atau data melalui jaringan elektronik, terutama internet. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan software membuat kegiatan jual beli tradisional menjadi mungkin untuk dilakukan secara elektronik.

Berikut beberapa contoh dari praktek toko online :

  • Menerima pembayaran kartu kredit untuk transaksi penjualan online
  • Menghasilkan pendapatan dari iklan online
  • Pertukaran saham melalui broker online
  • Penyaluran informasi kepada perusahaan melalui intranet
  • Penyaluran manufaktur dan distribusi dengan partner melalui ekstranet
  • Melakukan penjualan produk digital melalui website

Praktek toko online dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi, seperti email, katalog online dan shopping cart, EDI, File Transfer Protocol, dan layanan web.

Berikut beberapa contoh website ecommerce atau toko online :

decodeko
www.decodeko.co.id
rayfara
www.rayfara.com

Payment Gateway

Dalam menjalankan bisnis dengan menggunakan internet alias toko online, Anda harus memperhatikan cara-cara yang digunakan dalam transaksi pembayaran atau payment gateway. Ada banyak sekali sistem pembayaran dengan fitur dan fungsi yang berbeda. Beberapa pilihan yang populer saat ini adalah PayPal, Stripe, Authorize.net, Intuit dan Worldpay.

Pada dasarnya, payment gateway adalah layanan aplikasi toko online yang mengotorisasi kartu kredit dan debit dalam pembayaran pada bisnis online. Payment gateway adalah saluran yang aman antara toko online Anda dengan merchant bank Anda. Gerbang pembayaran ini akan melindungi rincian kartu kredit dan debit konsumen dan memastikan keamanan informasi tersebut.

Ini cara kerja payment gateway :

  • Konsumen website toko online Anda memutuskan untuk melakukan transaksi dengan membeli suatu produk atau jasa
  • Informasi mengenai transaksi disampaikan pada koneksi sumber payment gateway
  • Payment gateway meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank Anda
  • Prosesor pembayaran terkait meneruskan informasi transaksi ke asosiasi yang menjelaskan kartu yang digunakan adalah¬†jenis Mastercard atau Visa
  • Selanjutnya bank terkait akan menerima permintaan ini dan mengirimkan balasan ke prosesor dengan kode khusus, disana¬†akan terlihat apakah transaksi tersebut berhasil atau gagal
  • Prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan itu ke payment gateway, kemudian akan diteruskan ke website Anda serta pemegang kartu

Berbagai payment gateway :

Finpay
Finpay adalah salah satu platform pembayaran online yang bekerja sama dengan banyak bank di Indonesia. Finpay juga berhubungan dengan kartu kredit seperti VISA dan MasterCard. Karena merupakan bagian dari Telkom Indonesia, pembayaran melalui ATM dan internet banking akan muncul dalam tagihan telepon konsumen Telkom.

IPaymu
Dengan Ipaymu, Anda dapat melakukan pembayaran untuk belanja online, sumbangan, produk berlangganan, pengiriman uang, dan penarikan uang.

Veritrans
Cobalah integrasikan toko online Anda dengan layanan Veritrans untuk menerima berbagai channel pembayaran. Misalnya seperti kartu kredit dan debit, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay, XL Tunai, T-Cash, bank transfer dan pembayaran melalui minimarket.

Doku
Doku menyediakan jasa pemrosesan pembayaran online melalui aplikasi online. Doku sudah terhubung langsung dengan jaringan prosesor pembayaran besar untuk melayani klien mereka.

Mengelola Keuangan Toko Online Anda

Seperti bisnis lain pada umumnya, toko online Anda juga memerlukan sistem keuangan agar Anda bisa memantau kinerja toko online Anda. Untuk itu, Anda harus menggunakan aplikasi keuangan.

Namun sayangnya, data yang disajikan dashboard (sistem) toko online biasanya tidak memiliki fitur selengkap aplikasi akuntansi. Dashboard toko online umumnya hanya menyajikan data penjualan, konsumen dan persediaan barang online. Sementara itu dashboard tidak mencatat data seperti hutang, persediaan barang, ketersediaan kas dan aset lainnya.

Karenanya, Anda masih perlu mengintegrasikan data dashboard tersebut ke dalam aplikasi keuangan. Hal ini perlu dilakukan agar Anda memiliki data offline yang sinkron dengan data toko online Anda.

Idealnya, aplikasi keuangan yang memenuhi standar seharusnya terintegrasi langsung dengan dashboard toko online. Artinya, data yang Anda miliki bisa langsung mengalir ke dalam aplikasi keuangan tersebut.

Tapi sayangnya, masih jarang ditemukan dashboard toko online yang memiliki fitur akuntasi selengkap yang dimiliki aplikasi akuntansi. Jika pun ada, tentu harganya tidak murah.

Biasanya, aplikasi seperti itu mengharuskan Anda untuk berlangganan dari waktu ke waktu (misalnya bulanan). Sebagai pemula yang ingin memulai bisnis toko online, Anda belum perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Selain itu, transaksi online yang dilakukan pengunjung toko online Anda belum mencapai volume yang mengharuskan Anda untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Lalu bagaimana?

Anda masih bisa menggunakan beberapa alternatif aplikasi keuangan offline yang tidak mahal seperti Zahir, Gnucash, Grisbi dan Homebank.

Anda bisa mendownload data dashboard toko online Anda secara rutin dan memasukkan data tersebut ke dalam aplikasi keuangan. Hal ini bisa dilakukan baik dengan mengimpor langsung ke dalam aplikasi atau melakukan posting transaksi satu per satu, tergantung apakah aplikasi keuangan Anda memiliki fitur impor atau tidak.

Cara lain adalah dengan menggunakan Microsoft Excel atau Open Office. Tersedia banyak template Excel yang Anda bisa gunakan untuk mengelola data keuangan Anda. Template tersebut mungkin perlu dimodifikasi untuk memudahkan Anda secara rutin melakukan impor data yang Anda download dari dashboard toko online Anda.

Apapun alat yang Anda gunakan, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan dasar akuntansi sehingga Anda bisa melakukan analisa kinerja toko online Anda. Tidaklah cukup jika Anda hanya sekedar melihat kinerja penjualan online. Anda juga harus melihat persediaan barang, hutang, ketersediaan kas, piutang, dan aset Anda.

Bagaimana ? Sudah mengerti tahapan dan cara-cara untuk membuat website toko online Anda sendiri ? Jika Anda tidak memiliki waktu mengerjakan seluruh proses di atas dan membutuhkan bantuan untuk membuat website toko online atau mungkin memiliki pertanyaan, hubungi kami di email info@progresstech.co.id atau via telp 021-24520689.

Konsultasikan kebutuhan website toko online Anda dengan kami, GRATIS!

seblmnya