pengertian ip address

Pengertian IP Address dan Perbedaannya Dengan Domain

Pengguna internet pasti pernah mendengar banyak istilah teknis yang berhubungan dengan jaringan tersebut, misalnya seperti nama domain dan IP Address. Pada dasarnya domain adalah nama yang berfungsi untuk memberikan nama alamat website dan “pengganti” IP Address.

Lalu, apa yang dimaksud dengan IP Address dan perbedaannya dengan domain?

Internet Protocol Address (IP Address) adalah rangkaian angka unik yang ada pada setiap komputer yang terhubung dengan internet. Agar mudah dimengerti, anggaplah IP Address seperti nomor plat mobil yang berlaku sebagai identitas satu mobil saja. Selain itu, sistem IP Address juga sama seperti nomor telepon di mana mesin atau perangkat lainnya bisa mengetahui lokasi setiap IP Address Anda.

Semua mesin yang terhubung ke internet memiliki IP Address, seperti komputer, laptop, Xbox, smartphone, mesin fax dan bahkan mesin minuman otomatis.

Contoh IP Address

IP Address memiliki dua format umum yaitu berupa rangkaian angka dan juga rangkaian angka dengan huruf. IP versi 4 terdiri dari empat segmen angka yang dipisahkan dengan angka, misalnya:

  • 127.0.0.1
  • 253.16.44.22
  • 72.83.84.937.101

Sementara itu IP versi 6 lebih rumit karena terdiri dari delapan segmen, misalnya:

  • 3ffe:1900:4545:3:200:f8ff:fe21:67cf
  • 21DA:D3:0:2F3B:2AA:FF:FE28:9C5A

IP Address Tidak Sama Dengan Nama Domain

Untuk hampir setiap server web, IP Address diterjemahkan atau diubah menjadi nama domain dengan tujuan kemudahan penggunaannya. Namun secara teknis, IP Address adalah tanda pengenal sebenarnya dari sebuah server web. Sedangkan nama domain hanyalah pengganti untuk memudahkan orang lain mencari server web tersebut.

Di bawah ini adalah contoh IP Address dan nama domain yang bisa digunakan untuk membuka server web yang sama:

  • 72.246.51.15 = www.nasa.gov
  • 152.91.56.138 = www.gov.au
  • 208.185.127.40 = www.about.com

Otoritas atau pihak berwenang yang berhubungan dengan internet memungkinkan sejumlah besar nomor IP Address untuk diserahkan kepada penyedia layanan internet regional atau Internet Service Provider (ISP). Kemudian ISP menetapkan IP Address ke setiap server dan pengguna internet yang terhubung dengan mereka.

Baca Juga  Website Untuk Belajar Desain Grafis Secara Gratis

Hal Lainnya Yang Perlu Anda Ketahui Tentang IP Address

Selain mengetahui tentang pengertian IP Address dan perbedaannya dengan nama domain, masih ada banyak hal yang harus Anda ketahui untuk mengenal tentang IP Address:

  • Sebelum World Wide Web (www) terkenal pada tahun 1990an, setiap komputer diberikan IP Address tetap. Namun banyaknya pengguna internet saat ini membuat ISP memilih untuk “meminjamkan” IP Address. Peminjaman ini disebut dengan “dynamic IP addressing” atau “pengalamatan IP dinamis” yang terbukti bekerja lebih baik untuk pengguna internet secara individual.
  • Anda bisa mengidentifikasikan atau menemukan seorang pengguna berdasarkan IP Address yang mereka miliki. Website seperti www.whatismyipaddress.com misalnya, bisa mengetahui IP Address Anda, membandingkannya dengan database milik ISP dan mencari lokasi Anda.
  • Mengubah tampilan digital atau menutupi IP Address komputer Anda adalah hal yang memungkinkan untuk dilakukan. Mungkin saja Anda tertarik untuk melakukan hal ini demi privasi atau menghindari otoritas yang melacak kegiatan online Anda.
  • Pada jaringan kantor, masing-masing komputer kantor diberi IP Address internal. Ketika komputer terhubung dengan akses internet maka secara langsung komputer tersebut menggunakan IP Address internal milik kantor.
  • Cara bekerja IP Address internal sama seperti jaringan telepon di kantor yang memiliki nomor ekstensi unik bagi setiap pengguna. Namun jika ada orang yang menghubungi nomor di luar kantor maka hanya akan ditampilkan nomor telepon utama kantor tersebut.
  • Konsep ini dinamakan dengan penggunaan IP internal vs eksternal dan merupakan sebuah cara untuk mengurangi jumlah IP Address yang ada di internet.
  • Sejak bulan Mei 2008, internet menggunakan standar IP Address Version 4 (IPv4) dan muncul generasi baru yang disebut dengan IPv6. Perubahan yang terjadi adalah jumlah alamat yang tersedia. Jika sebelumnya hanya tersedia 4,3 miliar IP Address, IPv6 memiliki 34.000.000.000.000.000.000 IP Address yang tersedia.
Baca Juga  Perbedaan IP Address, Domain dan Hosting

Sumber:

Lifewire: What Is an ‘IP Address’? Is It the Same as ‘Domain Name’?