pentingnya blog bisnis

Pentingnya Blog untuk Pemasaran Bisnis Anda

Saat ini banyak sekali paltform online yang bisa digunakan untuk mengenalkan dan memasarkan produk atau jasa Anda di internet. Selain media sosial, blog merupakan salah satu cara yang masih cukup efektif hingga sekarang.

Blog bukan hanya sebagai wadah untuk menuangkan opini, tapi juga sebagai media untuk mengulas dan memperkenalkan sebuah bisnis dengan bentuk cerita yang lebih lengkap dan menarik.

Dalam hal ini, akan muncul beberapa pertanyaan seperti, perlukah sebuah perusahaan membuat blog? Apa manfaat dan keuntungan blog untuk perkembangan bisnis atau brand Anda?

Untuk menjawab pertanyaaan diatas, simak ulasannya berikut ini.

1. Blog efektif meningkatkan traffic ke website

Di zaman teknologi canggih dan luasnya penggunaan internet saat ini, Anda pasti sudah melengkapi usaha Anda dengan website bukan? Namun, bagaimana caranya agar pelanggan bisa menemukan website Anda?

Grafik
Ilustrasi naiknya grafik pada traffic website Anda

Pelanggan bisa mengetik nama usaha Anda di mesin pencari (Google), namun mereka adalah pelanggan yang sudah mengenal usaha Anda. Mereka sudah tahu siapa Anda sehingga hal ini tak membantu Anda untuk mendapatkan traffic baru.

Anda bisa mendapatkan traffic dengan cara membeli email list, mengirimkan email blast dan berharap akan ada orang yang membuka email tersebut. Namun cara ini mahal dan bisa dibilang tindakan ini adalah ilegal. Jadi, jangan lakukan hal ini.

Anda bisa mendapatkan traffic dengan membeli iklan berbayar (tidak ilegal), namun membutuhkan biaya yang tinggi. Kemudian setelah uang Anda habis, maka traffic yang datang pun akan ikut terhenti juga.

Lalu, bagaimana agar Anda bisa mendapatkan traffic sesuai keinginan? Gunakan blog, media sosial dan juga mesin pencari.

Setiap kali Anda menuliskan sebuah konten (artikel) pada postingan blog, maka artinya Anda memiliki satu kesempatan lagi untuk muncul di halaman hasil mesin pencari. Hal ini kemudian mengarahkan traffic kepada website utama Anda dalam pencarian organik.

Baca juga:  Apa Itu Content Marketing?

Selain itu, aktif dalam blog juga membantu Anda untuk lebih mudah ditemukan melalui media sosial. Setiap kali Anda menulis sesuatu untuk blog, maka Anda menciptakan sebuah konten yang dapat disebarkan ke jejaring sosial.

Hal ini pula yang secara tak langsung membantu mengekspos usaha Anda kepada (calon) pelanggan baru yang sebelumnya tidak mengetahui usaha Anda.

Konten pada blog Anda juga membantu agar media sosial Anda selalu update. Daripada membuat banyak konten berbeda untuk website, blog dan media sosial, konten blog berfungsi sebagai repositori konten.

Kesimpulannya, manfaat pertama blog bagi usaha Anda adalah membantu mengarahkan traffic ke website utama dan bekerja sama dengan mesin pencari serta media sosial untuk melakukan hal itu.

2. Membantu mengubah pengunjung menjadi prospek

Setelah memiliki traffic menuju website utama Anda melalui blog, maka Anda memiliki kesempatan untuk mengubah traffic tersebut menjadi lead.

Setiap postingan baru pada blog Anda merupakan satu kesempatan untuk menghasilkan lead baru. Sangat mudah untuk melakukannya, yakni dengan menambahkan sebuah lead baru yang meningkatkan call-to-action pada setiap postingan blog Anda.

Sering kali call-to-action ini mengarahkan lead ke beberapa hal seperti ebook gratis, whitepaper gratis, lembar fakta gratis, uji coba gratis dan lainnya. Pada dasarnya, aset konten yang cocok untuk orang lain akan menghasilkan penukaran informasi.

Jika Anda masih belum mengerti cara kerja konversi traffic menjadi lead, maka berikut penjelasan singkatnya :

  • Pengunjung datang ke website
  • Melihat penawaran call-to-action gratis
  • Mengklik tombol call-to-action dan sampai ke landing page yang berisi formulir informasi untuk diisi
  • Mengisi formulir, memberikan informasi dan menerima tawaran gratis

Perlu diingat, tidak setiap pengunjung blog Anda dapat menjadi lead dan hal itu bukan merupakan masalah. Tidak ada yang mengkonversikan 100% orang yang membaca blog mereka untuk menjadi lead.

Baca juga:  Tren Digital Marketing 2017

Buatlah blog, sediakan call-to-action pada setiap postingan konten Anda, pasang peringkat konversi visitor-to-lead untuk Anda sendiri dan berusaha meningkatkannya setiap bulan.

3. Blog membangun otoritas website

Blog bisnis terbaik adalah blog yang menjawab pertanyaan dari lead dan pelanggan yang mereka miliki. Jika Anda secara konsisten menciptakan konten yang berguna bagi target pasar Anda, maka hal itu membantu menjadikan Anda sebagai otoritas di mata mereka. Ini adalah hal yang sangat berguna bagi tim Sales & Service.

Membangun otoritas memang tidak secara langsung mendorong traffic dan lead, namun otoritas adalah hal yang cukup kuat. Aktif pada blog juga berdampak pada pemasaran seperti :

  • Jika Anda menyajkan konten yang membantu pengunjung dalam suatu hal, maka kemungkinan hal itu menjadi sebuah prospek dimana mereka bisa menjadi pelanggan Anda selanjutnya.
  • Pengunjung yang membaca blog Anda biasanya akan bisa lebih mempelajari ‘jati diri’ usaha Anda. Mereka akan memahami apa yang Anda tawarkan, seperti apa industri Anda dan lainnya.
  • Tim sales dapat menarik informasi dari blog jika sewaktu-waktu membutuhkan penjelasan kepada pelanggan yang mengajukan pertanyaan.

4. Sebagai strategi jangka panjang

Blog dan konten yang Anda buat saat ini, bisa menjadi sangat berguna dan memberikan keuntungan di masa mendatang. Misalnya saja saat ini Anda memposting sebuah konten di blog, kemudian Anda mendapat 100 view dan 10 lead.

Kemudian orang-orang yang membaca blog Anda akan mempostingnya di akun media sosial mereka sehingga blog Anda semakin tersebar luas. Dengan demikian Anda mendapat lebih banyak view dan lead di waktu selanjutnya.

Hal ini kemudian akan mempengaruhi peringkat Anda pada mesin pencari. Artinya dalam hitungan hari, minggu, bulan dan tahunan ke depan, Anda bisa terus meningkatkan traffic dari postingan tersebut.

Baca juga:  5 Cara Mendapatkan Testimoni Positif dari Pelanggan

Pada blog.hubspot.com, sekitar 70% traffic mereka setiap bulannya datang dari postingan bulan sebelumnya. Hal yang sama terjadi pada lead mereka, dimana sekitar 90% lead didapatkan dari postingan blog beberapa bulan sebelumnya, bahkan beberapa tahun sebelumnya.

Fenomena ini disebut dengan “compounding post”. Tidak semua postingan blog dapat menghasilkan pencapaian tersebut. Rata-rata satu dari 10 blog akan menjadi compounding post.

Walaupun hasil yang didapat tak terlihat dalam waktu dekat, namun secara pasti hasil dari postingan blog Anda bisa memberikan prediksi mengenai traffic dan lead bagi usaha Anda tanpa perlu mengeluarkan biaya atau investasi lagi.

Pada dasarnya setiap postingan blog yang Anda buat adalah investasi untuk website Anda di masa depan

Keuntungan lain dari penggunaan blog untuk bisnis

Selain beberapa manfaat di atas, masih ada sejumlah manfaat lainnya dari penggunaan blog bagi usaha Anda. Dengan blog, Anda bisa melakukan kampanye iklan daripada harus menginvestasikan banyak biaya untuk memasang iklan pada platform lain.

Blog juga berguna untuk berkomunikasi dengan pengunjung dan juga menginformasikan sesuatu kepada humas pihak lain seperti rilis produk atau informasi acara. Blog juga bisa menarik perhatian perusahaan lainnya jika Anda sudah memiliki pasar atau pelangan tetap sendiri.

Bagaimana? Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sebuah blog bagi usaha Anda. Mulailah cari ide-ide untuk konten yang akan Anda posting nantinya dan rasakan keuntungannya sendiri bagi usaha Anda.

Sumber:
HubSpot: Why Blog? The Benefits of Blogging for Business and Marketing