Instagram untuk Bisnis

Peran Instagram Untuk Bisnis Anda

Anda tahu bahwa sosial media Instagram adalah jaringan sosial yang sangat penting dan bermanfaat. Tidak hanya sebagai sarana membagikan foto, namun kini Instagram merupakan tool yang efektif untuk membangun sebuah brand.

“Saat ini Instagram merupakan sebuah jaringan dimana orang awam bisa menemukan identitas visual sebuah bisnis”

 

Saat ini Instagram merupakan temoat bagi orang awam untuk menemukan identitas visual sebuah bisnis. Tanpa kehadiran Instagram yang kuat, perusahaan memiliki resiko diabaikan atau bahkan dilupakan, khususnya di kalangan konsumen generasi selanjutnya.

Jika Anda menggunakan Instagram secara serius, maka terbuka ‘pintu’ kesempatan bagi berkembangnya brand Anda. Brand Forrester menganggap Instagram sebagai “King of Social Engagement” mengingat postingan Instagram sukses menghasilkan tingkat engagement follower sebanyak 4,21%. Hal itu menunjukkan bahwa Instagram 58 kali lebih banyak meningkatkan engagement follower daripada Facebook, dan 120 kali lebih banyak daripada Twitter.

Semua hal itu menunjukkan betapa baiknya menggunakan Instagram sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan bisnis Anda. Untuk dapat melakukannya dengan baik dan benar, ikuti beberapa langkah di bawah ini :

1. Buat Strategi Instagram Anda

Pada awalnya, lakukan beberapa penelitian terlebih dahulu misalnya dengan menggunakan akun Instagram pribadi Anda. Lihatlah contoh bisnis yang menggunakan Instagram dan brand lainnya dalam industri sejenis termasuk pesaing Anda. Dengan demikian Anda bisa mempelajari brand dan mencari inspirasi dalam penggunaan Instagram nantinya.

Jika Anda sudah terbiasa dengan aplikasi tersebut, maka Anda siap untuk membangun strategi Instagram. Strategi disini termasuk perencanaan pemasaran melalui jaringan sosial media tersebut.

Planning
Selalu siapkan rencana atau strategi dalam menjalankan bisnis Anda

Anda harus menetapkan tujuan penggunaan Instagram bagi bisnis Anda, termasuk :

  • Meningkatkan penjualan produk
  • Meningkatkan traffic ke website Anda
  • Memperluas kesadaran brand
  • Mempopulerkan hashtag brand
Baca Juga  16 Macam Alternatif Mesin Pencari Selain Google

Setelah mengidentifikasikan tujuan, buatlah sebuah pernyataan misi bagi akun Instagram bisnis Anda yang akan menjadi sebuah prinsip bagi kegiatan Instagram tersebut.

Langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah menetapkan strategi konten, termasuk :

  • Menentukan seberapa sering Anda memposting
  • Memilih hari untuk melakukan posting
  • Menetapkan kalender konten
  • Memilih tema konten Anda

Anda harus menetapkan jadwal posting reguler, namun bukan berarti bisa membobardir follower Anda dengan memberikan setumpuk posting. Umumnya sebuah brand memposting satu hingga tiga konten per harinya. Ingat, follower Anda menjadi faktor penentu dalam memilih waktu memposting, untuk itu selalu lakukan pengujian dalam hal ini.

Melakukan pengujian postingan pada interval dan waktu berbeda bisa menentukan mana yang terbaik bagi bisnis Anda. Sekali lagi, hal ini tergantung pada follower Anda dan timeline feed.

Untuk lebih terorganisir, buatlah kalender konten yang akan mengingatkan admin untuk melakukan posting dan apa konten yang akan diposting.

2. Bangun Brand Instagram Anda

Mengingat Instagram adalah sosial media berbasis visual, Anda harus membangun identitas brand yang saling berhubungan dan mudah dikenali.

Pertama, pertimbangkan gaya visual yang diinginkan. Pilih satu atau beberapa filter yang Anda akan gunakan seterusnya. Dengan demikian Anda memiliki warna dan gaya yang mudah dikenali oleh follower.

Secara visual Anda juga harus menentukan konten foto seperti apa yang akan Anda fokuskan. Misalnya bisnis baju tentu akan menampilkan foto-foto baju, sementara restoran akan menampilkan menu makanan.

Tidak semua industri bisa melakukan cara ini, namun mereka akan mencari cara lainnya untuk mempromosikan bisnis mereka. Jika Anda tidak yakin konten visual seperti apa yang bisa mewakili bisnis Anda, lihatlah karakter para follower Anda. Perhatikan apa yang mereka posting dan cari konten yang bisa berhubungan dengan bisnis Anda.

Baca Juga  Cara Promosi Online Yang Efektif Untuk Bisnis

Selain visual, ada elemen lainnya yang bisa Anda manfaatkan pada Instagram yakni caption ataupun hashtag. Temukan hashtag yang berhubungan dengan bisnis Anda serta mendorong follower untuk bisa berbagi foto dengan menggunakan hashtag tersebut.

3. Mulai Aplikasi Instagram Anda

Fotografi Instagram

Setelah mendaftarkan bisnis Anda di Instagram, isi profil dengan keterangan lengkap secara profesional. Tentukan username sesuai dengan nama profil Anda.

Informasi lain untuk dimunculkan pada profil adalah alamat website Anda. Kemudian tampilkan sedikit keterangan mengenai bisnis Anda. Pastikan keterangan bio tetap sederhana dan tidak terlalu panjang atau rumit.

Mengenai foto profil, Anda bisa menggunakan logo perusahaan untuk memudahkan para follower atau pengguna menemukan akun Anda.

Salah satu aspek yang sering diabaikan ketika melakukan setting profil sebuah akun adalah notifikasi. Jika seseorang meng-tag brand Anda dalam sebuah foto, Anda bisa menyampaikan terima kasih misalnya dengan memberikan komentar balik.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah memfollow orang lain. Carilah influencer, klien dan juga beberapa pengguna yang sesuai dengan industri Anda dan bisa membantu peningkatan jumlah follower.

Jangan lupa temukan hashtag dan masukkan link atau alamat akun Instagram Anda pada platform lainnya sehingga akan ada semakin banyak orang yang bisa melihat akun tersebut.

4. Mulai Posting dan Terlibat

Setelah akun Instagram Anda siap, mulailah memposting foto dengan kualitas tinggi dan sesuai dengan karakter brand Anda. Posting konten sesuai dengan jadwal pada kalender yang telah dibuat sebelumnya.

Jangan lupa untuk cross-posting foto pada Instagram Anda dengan platform lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan Foursquare. Langkah ini membantu akun Anda untuk semakin berkembang karena bisa terlihat oleh follower di platform lainnya.

Baca Juga  Pentingnya Blog Bagi Bisnis Anda

Jika Anda berada pada industri ritel yang memiliki lokasi fisik, pastikan Anda memberikan keterangan lokasi yang memudahkan follower atau pengguna ketika mencari Anda. Dalam hal engagement, coba untuk sebisa mungkin membalas komentar atau pertanyaan follower.

Infografis Instagram
Infografis Instagram (www.lucyduggar.com)

Beberapa praktik Instagram yang bisa Anda gunakan untuk memajukan bisnis Anda :

Kualitas unik pada brand adalah faktor terpenting untuk mendapatkan popularitas. Pelajari follower Anda dan bangun brand Instagram yang malayani kepentingan dan harapan mereka.

Ceritakan kisah pada caption foto Anda. Caption memungkinkan Anda untuk ‘memperluas’ foto atau gambar, memberikannya konteks dan bahkan bisa menghibur follower Anda.

Manfaatkan Instagram sebagai sarana untuk membuat sebuah event, misalnya perlombaan. Ajak follower dan pengguna untuk berpartisipasi dalam event dengan cara memberikan komentar, memposting foto, mention ke pengguna lain dan sebagainya. Dengan demikian banyak pengguna yang merasa akan mendapatkan manfaat jika mem-follow akun Anda.

Coba untuk bekolaborasi dengan artis Instagram atau para influencer yang sesuai dengan industri Anda. Berikan mereka keleluasaan untuk “mengontrol” akun Anda dalam jangka waktu tertentu atau minta untuk memberikan komentar mengenai akun Anda. Hal ini bisa membawa Anda ke komunitas yang lebih besar.

Manfaatkan fitur layanan iklan dari Instagram dimana saat ini hasil menunjukkan pada lebih dari 475 kampanye global, iklan yang disponsori oleh Instagram 2,9 kali lebih optimal dibandingkan lainnya.

Sumber :

https://blog.hootsuite.com/how-to-use-instagram-for-business/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *