Pinterest

Cara Gunakan Pinterest Untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, jika Anda tidak atau belum menggunakan “kekuatan” marketing online/media sosial, maka kemungkinan Anda kehilangan banyak pelanggan potensial. Walaupun marketing secara tradisional masih digunakan, namun marketing online akan membuka pintu bagi Anda untuk mengembangkan bisnis secara cepat.

Sama seperti media sosial lainnya, Pinterest menawarkan kesempatan dan aktivitas yang bisa memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat. Tujuan utamanya di sini adalah pengenalan brand, meningkatkan traffic website bisnis dan meningkatkan engagement dengan pelanggan.

Dengan menggunakan akun bisnis, Anda akan merasakan keuntungan dan manfaat dari kehebatan visual yang merupakan dasar dari Pinterest. Namun ingat, Anda harus memposting pin/card dan informasi yang unik dengan cara yang kreatif sehingga menarik perhatian calon pelanggan.

Di bawah ini merupakan lima cara untuk menggunakan Pinterest  untuk bisnis:

1. Buat Board Karyawan

Karyawan adalah aset perusahaan Anda. Mereka bergabung karena keahlian masing-masing yang kemudian membentuk bagian besar dari brand Anda. Membuat board khusus karyawan memungkinkan mereka memperlihatkan profil, gaya serta pekerjaan dan kepentingan mereka.

Misalnya saja Anda memiliki salon. Di Pinterest, Anda bisa membuat board yang memungkinkan para hairstylist untuk memamerkan hasil karya mereka. Ketika ada pengguna mengunjungi Pinterest Anda, maka mereka bisa menilai mana hair stylist yang sekiranya cocok untuk mereka.

Atau, Anda bisa menggunakan board untuk menunjukkan profil masing-masing pekerja berikut dengan hasil pekerjaan mereka. Misalnya Anda pemilik restoran, maka Anda bisa memasukkan foto setiap chef dengan makanan khas mereka di Pinterest.

2. Buat Board Dan Pin Anda Menjadi Interaktif

Dibandingkan hanya memposting foto produk, buat board Anda menjadi interaktif dengan cara memposting konten yang memungkinkan pengguna dan pelanggan memulai komunikasi.

Baca Juga  10 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan di Instagram Toko Online

Misalnya saja Anda menjual makanan, maka Anda bisa memposting resep atau informasi peralatan masak yang berguna bagi pelanggan maupun pengguna Pinterest lainnya. Melalui cara ini, orang-orang bisa mengajukan pertanyaan kepada Anda dan kemudian menjadi pelanggan potensial.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat board dan pin Anda menjadi ineraktif :

  • Eksplorasi

Pinterest memungkinkan Anda untuk membuat banyak jenis konten dalam board. Anda bisa menyimpan dan memposting video dari YouTube, Dailymotion dan lainnya. Anda juga bisa menyimpan audio dari SoundCloud serta slide dari SlideShare.

  • Tambahkan Peta

Fitur Place Pins memungkinkan Anda untuk memposting gambar dengan lokasi.

  • Gunakan Fitur Rich Pins

Rich Pins yang disediakan oleh Pinterest memungkinkan Anda untuk menambahkan detail pada pin Anda sehingga lebih berguna dan efektif.

  • Jawab Pertanyaan

Yang paling penting dalam hal ini adalah pastikan Anda selalu merespon pertanyaan dan komentar pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan merasa sedang berkomunikasi dengan orang sesungguhnya di balik bisnis.

3. Adakan Kontes

Tidak perlu dipungkiri lagi bahwa semua orang menyukai segala sesuatu yang gratis. Seperti media sosial lainnya, Pinterest juga bisa digunakan untuk mengadakan kontes berhadiah. Cara ini akan meningkatkan traffic pada website bisnis Anda.

Kontes pada Pinterest yang dikenal dengan istilah “Pin To Win”, mengajak pengguna memposting gambar pada board Anda untuk memenangkan hadiah tertentu. Atau, mengajak pengguna untuk membuat board dan memposting tentang penggunaan produk Anda. Sertakan ketentuan menggunakan hashtag tertentu sehingga pengumuman kontes Anda mudah ditemukan.

4. Buat Board Infografis

Infografis adalah mode terbaru di Pinterest. Orang-orang merespon gambar lebih baik daripada teks. Sehingga Anda harus menggunakan strategi ini untuk membuat konten yang menarik perhatian pengguna.

Baca Juga  35 Tips Media Sosial Untuk Bisnis

Misalnya Anda memiliki bisnis berbasis jasa, maka Anda tidak harus memposting foto produk seperti bisnis lainnya. Melainkan, Anda bisa membuat dan memposting infografis yang berhubungan dengan dunia bisnis Anda.

Infografis juga merupakan cara yang baik untuk menampilkan nilai dan CSR (Corporate Social Responsibility) melalui media gambar.

5. Buat Board & Pin yang Search Engine Friendly

Gambar yang akan Anda posting banyak berasal dari blog atau website Anda, sehingga pastikan gambar dan board Pinterest Anda search engine friendly atau ramah mesin pencari.

Sesuaikan nama gambar Anda dengan keyword yang tepat sehingga mesin pencari dapat menemukan nama gambar tersebut.

Selain itu, coba untuk membuat deskripsi pin dan board yang baik. Hal ini dilakukan dengan tujuan Anda dapat menggunakan istilah tertentu yang kemudian dapat berhubungan dengan pelanggan. Pemilihan tag dan link juga akan berpengaruh pada website bisnis Anda.

Masukkan kata kunci pada nama board dan deskripsi. Ini akan memastikan board Anda mendapatkan penempatan yang lebih tinggi dalam hasil pencarian Pinterest serta hasil pencarian website.

Sumber :

https://socialmediawithpb.com/5-tips-on-how-to-use-pinterest-social-media-marketing/