wordpress-ecommerce-plugin

7 Plugin WordPress eCommerce Gratis untuk Toko Online

Pada awalnya, WordPress hanyalah sebuah platform untuk menulis blog, tapi kini WordPress telah banyak digunakan sebagai website eCommerce. Ditambah dengan semakin banyaknya plugin WordPress yang dikembangkan, WordPress memberikan kemudahan bagi semua orang untuk merubah website biasa menjadi sebuah toko online. Hal ini menjadi pertimbangan bagi Anda apakah ingin menggunakan WordPress atau CMS(Content Management System) shopping cart lainnya.

Berikut perbandingan 7 plugin WordPress gratis yang membuat website toko online Anda lebih profesional & meningkatkan penjualan:

  • Easy Digital Downloads
  • WP eCommerce
  • WooCommerce
  • Ecwid
  • Jigoshop
  • MarketPress
  • iThemes Exchange
  • Cart66 Lite

Easy Digital Downloads

Easy Digital DownloadsIni merupakan plugin ringan yang kaya akan fitur, tapi cukup mudah untuk diterapkan. Easy Digital Downloads adalah solusi bagi Anda yang ingin melakukan penjualan produk digital dengan WordPress tanpa mengeluarkan biaya. Berbeda dengan plugin lain yang dilengkapi dengan fitur yang kurang bermanfaat, Easy Digital Downloads membuat proses penjualan produk digital menjadi lebih mudah dengan fitur yang dibutuhkan.

Easy Digital Downloads memiliki sistem yang memudahkan Anda untuk menampilkan laporan pemasukan dan penjualan dengan grafik interaktif dan tabel yang mudah dianalisa.

Easy Digital Downloads dirancang dengan WordPress Coding Standards, membuatnya menjadi solusi eCommerce yang ramah bagi para developer. Artinya, ini akan memudahkan developer untuk melakukan modifikasi dan pengembangan pada codebase Easy Digital Downloads.
Dengan lebih dari 200 theme dan extension, Easy Digital Downloads bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

WP eCommerce

WP eCommercePlugin WordPress eCommerce yang satu ini cukup sederhana tapi bagus, dan sudah digunakan selama beberapa tahun. Dirancang dan dikembangkan oleh Justin Sainton, Dan Milward dan Gary Cao, WP eCommerce memiliki kode HTML dan CSS yang dapat dimodifikasi. Sehingga Anda memiliki kontrol penuh terhadap penampilan dan fitur online store Anda. WP eCommerce cocok untuk segala jenis produk, apakah itu produk fisik, produk digital, keanggotaan atau langganan, plugin ini mampu memberikan apa yang Anda butuhkan.

Dengan lebih dari 2.9 juta download, WP eCommerce adalah plugin nomor dua yang paling populer dikalangan software eCommerce. Yang membuat plugin ini berbeda dari yang lain adalah proses transaksi yang sederhana dan bisa meningkatkan conversion rate Anda secara signifikan.

Baca Juga  Tips Tingkatkan Kepercayaan Konsumen

Selain itu, WP eCommerce terintegrasi secara sempurna dengan puluhan fitur pembayaran dan pengiriman. Bahkan Anda juga bisa menambahkan fitur ekstra pada online store Anda dengan membeli berbagai macam upgrade dan premium add-ons yang tersedia.

WooCommerce

WooCommerceDikembangkan oleh para web developer berbakat, WooThemes mungkin adalah plugin eCommerce WordPress yang populer dan banyak digunakan. Sebagai plugin WordPress yang gratis, WooCommerce memiliki fitur-fitur terbaik yang bisa membantu Anda mengembangkan website eCommerce dengan profesional.

Salah satu fitur andalan WooCommerce adalah koleksi theme dan extension yang gratis dan berbayar. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan pengembangan online sesuai kebutuhan spesifik Anda.

WooCommerce digunakan oleh brand besar bereputasi seperti Entrepreneur, Cosmopolitan dan Harley-Davidson. Saat ini WooCommerce digunakan oleh lebih dari 17.77% website eCommerce di dunia maya.

Fitur utama dari WooCommerce adalah integrasi PayPal Standard, laporan penjualan dan ulasan, aneka pilihan pengiriman, sistem kupon yang fleksibel dan manajemen inventori yang mudah. Jika Anda membutuhkan plugin eCommerce yang kuat, intuitif dan bisa dimodifikasi lebih lanjut, maka pilihan yang tepat adalah WooCommerce.

Ecwid

EcwidLangkah awal Ecwid masuk kedalam pasar plugin eCommerce dimulai dengan memberikan solusi kepada website yang tidak mau mengulang pengembangan dari nol.

Fitur utamanya adalah berintegrasi langsung dengan website yang sudah ada hanya dalam waktu beberapa menit saja. Anda juga bisa menempatkan sistem ini pada beberapa website lain jika Anda berencana melakukan penjualan online di tempat lain. Kelola semua website dari satu tempat tanpa harus berpindah dari satu dashboard ke dashboard lainnya. Fitur keren lainnya adalah kemampuan sinkronisasi dengan berbagai perangkat, memungkinkan Anda bisa langsung berjualan dengan smartphone.

Ecwid hadir dengan empat paket, salah satunya bisa digunakan dengan gratis. Mereka memasarkan paket gratis mereka dengan cara yang luar biasa dan berani, dengan menyebutkan bahwa plugin eCommerce lain hanya menawarkan free trial sementara pada akhirnya Anda tetap harus membayar.

Baca Juga  Jenis-Jenis E-Commerce & Contohnya

Jigoshop

JigoshopJigoshop adalah plugin eCommerce WordPress yang aman dan terpercaya, dikembangkan oleh design agency Jigowatt di Inggris. Dirancang khusus untuk perusahaan kecil dan menengah, Jigoshop dilengkapi dengan fitur dashboard yang intuitif. Sistemnya dirancang untuk memudahkan Anda mengelola toko online dalam hitungan menit. Anda bisa memilih lebih dari 30 theme yang bisa dimodifikasi sepenuhnya untuk berbagai keperluan fungsionalitas online shop. Ditambah lagi Jigoshop dilengkapi dengan ratusan extension yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan toko online Anda lebih jauh.

Ada fitur tambahan lainnya, yaitu Jigoshop memiliki sistem laporan, termasuk grafik penjualan yang bisa diurutkan, data stok produk. Dan semua data tersebut ditampilkan secara realtime bagi Anda untuk melihat perkembangan online shop dalam hitungan menit. Ditambah sistem inventarisasi produk yang ramah, pengelolaan stok dengan Jigoshop menjadi sangat mudah. Tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya WooCommerce dikembangkan Jigoshop. Tim pengembang Woo mengambil sebagian codebase dari Jigoshop kemudian meluncurkan WooCommerce. Meskipun begitu, Jigoshop tetap populer dari hingga saat ini.

MarketPress

MarketpressWPMU DEV, yang mana adalah developer WordPress yang berpengalaman, mengembangkan MarketPress menjadi plugin eCommerce dengan desain yang baik, mudah dimodifikasi dan kaya akan fitur.

Tujuan utama dari pengembangan plugin ini adalah memberikan pengguna pengalaman menggunakan sistem shopping cart yang indah, sederhana dan mudah. Semua itu bisa didapatkan pengguna tanpa perlu memasang extension apapun lagi. Oleh karena itu, WPMU DEV menawarkan sebuah plugin eCommerce yang lain daripada yang lain, yaitu solusi plugin eCommerce tunggal untuk semua kebutuhan.

MarketPress hadir dengan tema cantik yang bisa dengan mudah dimodifikasi tanpa harus menyentuh satu baris code pun. Selain itu, juga bisa disesuaikan dengan BuddyPress dan Multisite. Artinya, Anda bisa merancang jaringan toko online sendiri(seperti eBay dan Etsy) dan mendapatkan profit dari setiap penjualan.

Sementara versi premiumnya menawarkan fitur canggih seperti sistem pembayaran yang lengkap, lebih dari satu desain tampilan toko, modul kalkulasi pengiriman, Google Analytics, eCommerce tracking dan personalisasi produk.

Baca Juga  12 Website Aplikasi HR & Payroll Indonesia Yang Harus Dicoba

iThemes Exchange

iThemes ExchangeiThemes Exchange adalah plugin WordPress eCommerce yang simple, intuitif dan sangat baik untuk dikembangkan lebih lanjut. iThemes mengembangkannya menjadi plugin yang user-friendly, membuat proses penambahan produk menjadi relatif mudah. Tidak seperti plugin lain yang menggunakan database terpisah untuk data konsumen, Exchange memanfaatkan user system milik WordPress untuk menambahkan informasi konsumen ke halaman mereka sendiri. Jadi Anda bisa dengan mudah mengelola konsumen dengan melihat produk yang pernah mereka download dan beli. Perubahan transaksi dan penambahan catatan khusus pada konsumen pun bisa Anda lakukan.

Proses penerapan Exchange juga sangat mudah. Hanya dengan menginstall, mengaktifkan, memilih sistem pembayaran, menambahkan produk, Anda bisa langsung melakukan penjualan. Untuk membuat pengalaman berbelanja yang sangat mudah, Exchange menggunakan Stripe sebagai payment gateway yang sudah terintegrasi. Exchange juga mendukung PayPal Standard sebagai add on tambahan. Ada beberapa theme Exchange yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan khusus pengguna.

Cart66 Lite

Cart66Sebelumnya dikenal dengan nama PHPurchase, Cart66 Lite adalah plugin yang ringan, aman dan sangat efisien. Memanfaatkan Mijireh Checkout untuk keamanan proses tranksaksi dengan kartu kredit melalui payment gateway Anda. Yang menarik, plugin ini terintegrasi secara sempurna dengan Amazon S3 untuk membantu Anda menjual produk digital tanpa repot. Tidak seperti plugin eCommerce lain, Cart66 Lite adalah plugin yang aman tapi juga mudah digunakan.

Dikembangkan oleh Reality66, Cart66 Lite memiliki aneka sistem pengiriman dan pilihan mata uang, memudahkan Anda untuk menjangkau konsumen dalam skala global. Dilengkapi dengan fitur yang bagus, seperti kolom khusus untuk produk, integrasi platform afiliasi, variasi produk dan invoice email yang bisa disesuaikan. Cart66 Lite merupakan plugin yang sangat mudah untuk dikonfigurasi dan dilengkapi dengan hampir semua yang Anda butuhkan untuk menyiapkan online shop Anda dalam beberapa menit saja.

Pernahkah Anda mencoba salah satu plugin diatas dan bagaimana pengalaman Anda menggunakan plugin tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *