ppc vs seo

PPC VS SEO, Mana Yang Lebih Baik?

Setiap tahunnya ada jutaan pencarian baru pada mesin pencari Google dari seluruh dunia. Apa sesungguhnya penyebab fenomena tersebut?

Jawabannya sederhana, yaitu adanya kekuatan digital marketing dan pengiklan yang memenuhi pencarian tersebut yakni PPC dan SEO.

Pay Per Clik (PPC) dan Search Engine Optimization (SEO) memiliki kesamaan dan kegunaan yang sangat besar dalam hampir semua industri mengingat kemampuannya mendukung perkembangan bisnis.

Sebagai informasi, PPC memungkinkan Anda untuk memasang nilai atau harga tertentu dan membayarkannya untuk keyword pilihan. Biaya untuk setiap klik dari kampanye PPC yang Anda jalankan sangat bervariasi. Kemudian Anda bisa beriklan di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Sementara itu, SEO merupakan sebuah aktivitas di mana Anda menggunakan kata atau frasa tertentu secara strategis di dalam website atau konten. Kata atau frasa yang dipilih tersebut dinilai berpotensi untuk muncul pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari.

Mengapa PPC & SEO?

Dapat dikatakan, bisnis Anda akan mengalami kemunduran jika tak dilengkapi dengan strategi digital marketing yang juga berhubungan dengan mesin pencari. Anda bisa bebas memilih metode dengan PPC atau SEO sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Apa Perbedaan Antara Keduanya?

PPC adalah metode untuk beriklan dan mendapatkan tanggapan dari pengguna internet secara langsung. Metode ini memungkinkan Anda untuk “bertemu” dengan orang yang benar-benar membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan dalam iklan.

Di sisi lain, SEO harus dijalankan dengan cara yang sedikit rumit namun mengandung rencana strategis yang terbukti lebih produktif dan bermanfaat bagi kedua belah pihak (pengiklan dan target). SEO merupakan metode yang lebih terorganisir dan berguna untuk jangka panjang bagi rencana SEM (Search Engine Marketing).

Baca Juga  Korelasi Content dan Search Engine

Keduanya memiliki kelebihan masing-masing dan memang diperlukan bagi bisnis Anda. Hanya saja PPC dan SEO memiliki penampilan dan strategi yang berbeda dalam dunia digital marketing.

Mana Yang Lebih Baik?

Pada dasarnya tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut, karena semua akan kembali bergantung pada kebutuhan Anda. Ada beberapa pertimbangan akan kelebihan dan kekurangan yang akan membantu Anda untuk membuat keputusan mengenai penggunaan PPC atau SEO.

1. Berapa Budget Anda?

PPC sangat efektif untuk digunakan, namun Anda harus mengeluarkan biaya yang besar. Jika memang Anda memiliki budget yang cukup besar, maka PPC adalah pilihan yang tepat.

PPC memastikan bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh target konsumen yang sesuai dan bisa mendapatkan reaksi langsung secara cepat.

Jika budget Anda terbatas dan tetap ingin menggunakan PPC, maka sebaiknya Anda betul-betul memilih keyword secara spesifik agar tidak mengeluarkan banyak biaya untuk sejumlah keyword. Bahkan disarankan agar Anda menggunakan bantuan ahli untuk terlebih dulu berkonsultasi.

Di lain hal, SEO tidak membebankan Anda dengan biaya yang besar atau bahkan Anda bisa tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Dengan strategi SEO yang baik, maka Anda bisa mengalami kemajuan besar dalam aspek digital marketing dan dunia periklanan.

Tim SEO atau digital marketing akan mencari keyword yang sesuai dengan produk atau layanan Anda bersamaan dengan keyword yang banyak dicari atau tren yang sedang terjadi.

Menentukan keyword yang tepat bukan merupakan hal yang mudah. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai penggunaan Google Trends, maka akan lebih baik jika menggunakan bantuan ahli SEO.

2. Ingin Iklan Anda Ditampilkan Dimana?

Bayangkan PPC adalah iklan billboard raksasa yang bisa dengan mudah menarik perhatian Anda saat sedang berkendara di jalan raya.

Baca Juga  14 Contoh Email Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis

Hal tersebut berlaku sama dengan PPC di mana Anda bisa dengan mudah menemukan iklan yang menggunakan PPC di bagian atas hasil pencarian. Iklan tersebut akan terus muncul selama Anda melakukan pembayaran. Jika tidak maka iklan akan otomatis terhenti atau tidak tayang.

Namun, SEO mirip dengan iklan yang ada di surat kabar. Iklan tersebut tidak terlalu mahal (bahkan ada yang gratis) dan tidak terlalu mencolok tetapi tetap terlihat.

3. Apa Tujuan Anda?

Beriklan dengan PPC membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Tanpa budget yang cukup maka penggunaan PPC bisa sangat membebankan Anda. Namun sebagai permulaan dan uji coba untuk mengetahui perilaku target konsumen dan keyword apa saja yang efektif Anda bisa menggunakan PPC.

Untuk menjalankan kampanye SEO tentu membutuhkan proses yang lebih lama namun jika dilakukan dengan benar hasilnya permanen. Kampanye SEO di lain hal, bisa bertahan cukup lama dan menghasilkan traffic yang tinggi jika dijalankan dengan strategi yang benar.

Kesimpulan

Memilih mana yang lebih baik untuk bisnis Anda, apakah itu PPC atau SEO sangat tergantung dengan tujuan bisnis Anda. Keduanya akan sangat efektif jika dijalankan bersamaan ataupun masing-masing.

Cari tahu kebutuhan dan tujuan bisnis Anda, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Pertimbangkan mana yang paling sesuai juga dengan budget Anda. Cobalah melakukan konsultasi dengah penyedia jasa digital marketing untuk mendapatkan saran terbaik.

Sumber: digitalsavvy.com