promo untuk konsumen

14 Strategi Promo Toko Online Untuk Meningkatkan Penjualan

Menawarkan diskon atau promo untuk konsumen toko online Anda adalah salah satu taktik terbaik untuk menarik perhatian pelanggan. Namun jika dijalankan dengan cara yang salah, hal ini justru akan merugikan Anda.

Ada pendapat pro dan kontra ketika membicarakan penawaran diskon atau promo, terlebih di kalangan pebisnis online. Jika ingin berhasil, Anda harus memperhitungkan strategi bisnis Anda terlebih dahulu sebelum menawarkan diskon atau promo.

Jika Anda mementingkan branding tanpa harus mendapatkan margin besar, sebaiknya Anda menyusun strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Di sisi lain, jika Anda menginginkan margin yang besar, maka penawaran diskon atau promo adalah pilihan yang tepat.

Jenis Penawaran

Ada beberapa jenis penawaran yang bisa Anda lakukan. Jenis penawaran umum di antaranya:

Diskon Berbasis Presentase

Cara yang paling populer untuk menawarkan diskon adalah diskon berbasis persentase. Ini bisa termasuk persentase insentif kecil seperti diskon 5% atau 10%, diskon lebih besar untuk mendorong penjualan seperti 20% dan 25% atau persentase besar seperti 50% untuk melikuidasi barang lama.

Diskon Berbasis Nominal

Penawaran diskon yang dengan nominal tetap akan membuat orang merasa mereka membuang-buang uang jika tidak menggunakannya. Menurut beberapa studi, diskon dengan nominal meningkatkan penjualan 175% lebih tinggi dibanding diskon dengan persentase.

Jika harga produk cukup terbilang murah maka gunakan diskon persentase, sebaliknya jika harga produk lebih tinggi gunakan diskon nominal. Dengan begini konsumen akan lebih tertarik secara psikologis untuk membeli produk Anda.

Gratis Ongkos Kirim

Biaya kirim sering disebut sebagai salah satu penyebab konsumen tak jadi berbelanja secara online. Menawarkan free shipping atau pengiriman gratis adalah cara yang bagus untuk meningkatkan konversi. Gunakan penawaran ini dengan persyaratan pembelian minimum untuk meningkatkan nilai pesanan konsumen.

Anda juga dapat membatasi jenis diskon ini ke negara dan grup pelanggan tertentu, dan menghindari pemotongan margin Anda dengan mengecualikan tarif pengiriman dalam jumlah tertentu.

Baca Juga  14 Fitur Google Yang Belum Anda Ketahui

Hadiah Gratis

Hadiah gratis dengan pembelian bisa menjadi cara terbaik untuk memberi nilai tambah bagi pelanggan. Jika digunakan secara strategis, juga dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah pembelian dan menyingkirkan produk lama atau tidak laku.

Kapan Dan Bagaimana Cara Menggunakan Penawaran Untuk Konsumen

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan penawaran dan diskon untuk untuk mendorong akuisisi dan konversi pelanggan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Penawaran Diskon Mingguan/Bulanan untuk Mendorong Penjualan dan Memenuhi Tujuan Pendapatan

Ini adalah cara tradisional yang digunakan untuk mendorong peningkatan penjualan. Sering kali diskon diadakan pada akhir bulan atau kuartal untuk meningkatkan pendapatan agar memenuhi proyeksi dan sasaran.

2. Penawaran Prelaunch

Jika Anda masih berada dalam tahap prelaunch atau mungkin bahkan meluncurkan produk baru, Anda dapat menggunakan penawaran prelaunch untuk menarik minat pelanggan. Berikan harga khusus untuk penawaran prelaunch yang diadakan dalam jangka waktu tertentu. Anda juga bisa memberikan hadiah khusus untuk pembelian pada saat prelaunch.

3. Penawaran Hari Libur

Natal, Idul Fitri dan Tahun Baru adalah waktu libur panjang yang tidak hanya untuk pelajar, namun juga untuk para pekerja. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk memberikan penawaran terbaru.

promo ramadhan untuk konsumen

Contoh penawaran hari libur Ramadhan dari Decodeko untuk konsumen

Berikan diskon khusus untuk masa liburan dalam jangka waktu tertentu di mana banyak orang akan berbelanja.

4. Penawaran Untuk Keranjang Belanja Yang Ditinggalkan

Menurut data, ada sekitar 70% konsumen yang meninggalkan keranjang belanja mereka (tidak jadi melakukan pembelian di website ecommerce). Membuat penawaran melalui email untuk mengingatkan konsumen tentang produk yang sudah mereka masukkan ke keranjang tapi belum checkout adalah cara yang cerdik untuk membawa konsumen kembali melakukan transaksi.

Buat dan kirimkan email marketing berisi penawaran diskon tertentu untuk keranjang belanja yang mereka tinggalkan. Hal ini akan mengingatkan konsumen akan transaksinya dan kembali melanjutkan transaksi tersebut.

Baca Juga  16 Cara Mudah Untuk Promosikan Website

5. Penawaran Diskon Untuk Subscriber

Seperti yang Anda ketahui, memiliki daftar email adalah hal yang sangat penting bagi peritel online. Penawaran diskon bagi orang yang ingin berlangganan (subscribe) akan meningkatkan konversi website ecommerce Anda dan memberikan kesempatan untuk menawarkan produk baru via email.

6. Penawaran Yang Berkaitan Dengan Media Sosial

Memiliki respon yang baik mengenai bisnis Anda sangat diperlukan mengingat banyaknya pesaing dalam dunia ecommerce atau toko online. Berikan penawaran diskon bagi pelanggan yang memberikan likes, memfollow dan sharing mengenai pengalaman mereka dengan produk Anda di media sosial.

7. Penawaran Untuk Review

Orang lebih cenderung untuk membeli dari Anda jika direkomendasikan oleh teman atau anggota keluarga. Manfaatkan kesempatan ini dengan memberikan penawaran bagi orang yang membuat review untuk produk/brand Anda..

8. Berikan Promo Selamat Datang

Berikan diskon dalam bentuk kode voucher atau potongan harga khusus bagi pelanggan yang baru pertama kali membeli produk Anda. Pemberian penawaran kepada pembeli yang baru pertama kali melakukan transaksi akan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

9. Diskon Dengan Pembelian Minimum

Pemberian diskon dengan total pembelian minimum akan mendorong pelanggan untuk berbelanja lebih banyak lagi demi mendapat diskon.

Cara strategis untuk menerapkan ini ke dalam ecommerce Anda adalah menghitung nilai pesanan rata-rata Anda selama beberapa bulan sebelumnya dan menawarkan diskon atau pengiriman gratis untuk semua pesanan sebanyak 10-20% dari nilai pesanan rata-rata.

Selain itu Anda juga bisa menawarkan diskon pembelian minimum untuk koleksi atau produk tertentu.

10. Penawaran Eksklusif

Penawaran eksklusif di jejaring sosial Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun hubungan yang kuat dengan follower dan memberikan alasan bagi orang lain untuk memfollow akun bisnis Anda. Sesekali, berikan diskon khusus atau hadiah gratis untuk follower yang melakukan pembelian dengan total nilai tertentu.

Baca Juga  Cara Kerja Internet of Things

11. Penawaran Untuk Loyalitas Pelanggan

promo khusus member

Contoh promo khusus untuk member Watson

Menghargai loyalitas pelanggan bisa membantu membangun ikatan yang lebih kuat salah satunya dengan memberikan penawaran khusus kepada mereka yang sudah pernah berbelanja sebanyak beberapa kali (sesuai keinginan Anda). Kirimkan kupon diskon khusus atau link yang menghubungkan mereka ke halaman khusus penawaran tersebut.

12. Penawaran Kedua Sebelum Calon Pelanggan Pergi

Terkadang yang Anda harus lakukan untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan yang melakukan transaksi adalah memberikan penawaran kedua sebelum mereka meninggalkan website. Penawaran ini dimunculkan ketika calon pelanggan akan meninggalkan atau menutup tab website Anda sehingga bisa mengurungkan niat mereka dan mengarahkan untuk melakukan transaksi.

13. Penawaran Retargeting

Penawaran ini efektif karena hanya ditunjukkan kepada orang-orang yang pernah ada di website Anda sebelumnya sehingga mereka sudah tahu siapa Anda. Iklan berfungsi sebagai pengingat agar mereka kembali dan penawaran berfungsi sebagai dorongan untuk membeli.

14. Endorsement

Bekerja sama dengan public figure yang memiliki banyak follower adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan publik dan branding produk Anda. Selain itu, terdapat kemungkinan Anda akan mengubah para follower tersebut menjadi pelanggan Anda.

Kesimpulan

Penawaran diskon atau promo belum tentu cocok untuk semua bisnis online. Namun dengan tujuan dan pemahaman yang jelas mengenai brand serta percobaan yang dilakukan, Anda dapat memanfaatkan penawaran seperti di atas dengan efektif untuk mencapai tujuan, membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan pendapatan.

Sumber: www.shopify.com