responsive vs mobile website

Responsive Design atau Mobile Website?

Mobile website merupakan sebuah halaman website yang diakses dengan media layar yang lebih kecil daripada PC atau laptop (smartphone atau tablet). Sementara itu Responsive Web Design (RWD) memungkinkan Anda untuk membuka halaman website dengan tampilan yang sudah disesuaikan dengan setiap besar layar gadget yang digunakan.

Responsive Web Design atau Mobile Website?

Lalu jika dibandingkan, Responsive Web Design VS Mobile Website, mana yang lebih efektif?

responsive vs mobile website

Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa RWD lebih unggul, mengapa?

1. Satu Website Lebih Baik

Membuat sebuah website mobile berarti Anda juga harus membeli domain baru karena biasanya website versi mobile ditandai dengan huruf “m” di bagian depan alamat domain.

Cara ini memaksa Anda untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar karena Anda memiliki dua website terpisah berikut dengan biaya maintenance yang diperlukan. Misalnya saja ketika Anda mengupdate website versi PC, maka Anda juga harus mengupdate website versi mobile.

Sementara itu, sebuah website yang dirancang dengan konsep RWD lebih mudah untuk dirawat. Anda cukup melakukan maintenance untuk satu website saja, bukan dua seperti bentuk website mobile.

2. SEO Pada Dua Versi Website Lebih Lemah

Dua jenis website (versi PC dan mobile) untuk halaman yang sama mengakibatkan traffic pencarian organik untuk konten atau website Anda akan menurun. Website mobile menggunakan domain berbeda dan tidak terhitung sebagai link penelusuran website utama.

Dari sini dapat dilihat bahwa memiliki dua website akan menghancurkan strategi SEO perusahaan Anda. Di sisi lain, website dengan RWD memiliki beberapa kelebihan untuk meningkatkan SEO.

3. Google Lebih Menyukai Website Dengan RWD

Google “tidak menyukai” format URL tertentu selama halaman website dapat diakses oleh Googlebot. Selain Google, pengguna pun harus menghafal dua domain lengkap atau URL jika Anda memiliki dua versi website.

Baca Juga  Mobile Web vs Native App, Pilih Yang Mana?

4. RWD Berfungsi Lebih Baik

Ketika Anda membuat website mobile, maka elemen-elemen dan fungsi yang ada pada website versi original atau versi PC akan menurun ke versi yang lebih rendah. Versi ini mungkin saja tidak mampu bekerja dengan maksimal dan cocok bagi bisnis Anda. Keadaan ini tidak akan Anda temukan pada website dengan RWD karena semua fungsi berjalan dengan sama.

5. Website Mobile Memakan Waktu, Tenaga dan Biaya

Anda harus melakukan update secara berkala jika memilih untuk membuat website mobile. Pasalnya, Anda harus menyamakan versi website mobile tersebut setiap kali ada handphone, tablet, atau mobile browser baru.

Jadi, daripada membuat satu versi website lagi (untuk mobile), lebih baik membuat website yang sudah responsif dan tetap mobile friendly.

Sumber: drivedigital.ca