media-sosial-toko-online

Media Sosial Yang Cocok Untuk Promosi Toko Online

Salah satu platform terbaik untuk mengembangkan bisnis toko online Anda adalah dengan menggunakan media sosial. Platform ini sangat berguna untuk mempromosikan bisnis atau merek Anda secara online.

Media sosial bisa bebas Anda gunakan tanpa harus mengeluarkan biaya apapun (jika Anda menginginkan cara yang instan, Anda bisa menggunakan iklan berbayar).

Namun ingat, Anda tidak harus menggunakan semua media sosial yang ada. Pilih dan gunakan media sosial yang paling cocok mengingat setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk dapat sukses, Anda harus menyesuaikan diri dengan cara media sosial dioperasikan, tipe pelanggan yang bisa didapatkan dan bagaimana bisnis Anda berjalan pada setiap media sosial. Berikut beberapa media sosial untuk toko online yang cocok untuk Anda gunakan :

Facebook

Facebook adalah jaringan media sosial terbesar yang ada di internet, baik dari segi pengenalan nama maupun total pengguna. Dengan lebih dari 1,55 miliar pengguna aktif, Facebook adalah media sosial yang bisa menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia dengan bisnis Anda.

Sejak diluncurkan, Facebook terus berkembang menjadi website media sosial raksasa dan platform untuk menghubungkan semua orang tanpa batasan.

Facebook merupakan pilihan yang sangat baik untuk titik awal perkembangan bisnis Anda. Gunakan Facebook untuk menyebarkan foto, video, update perusahaan dan hal lainnya yang akan meningkatkan kemajuan toko online Anda.

Selain itu, sangat mudah untuk menggunakan serta memelihara (maintenance) Facebook dibandingkan dengan media sosial lainnya. Kapanpun dan berapa banyakpun content yang Anda tampilkan di Facebook tak akan mempengaruhi pandangan pelanggan Anda.

Rentang usia pengguna Facebook :

  • 18 – 24 tahun : 16%
  • 25 – 34 tahun : 22%
  • 35 – 44 tahun : 19%
  • 45 – 54 tahun : 18%
  • 55 – 64 tahun : 15%
  • > 65 tahun : 10%

Twitter

Twitter adalah media sosial dimana Anda bisa mengupload hampir apa saja yang ada. Dengan Twitter, Anda bisa mengupload teks (maksimal 140 karakter), bersamaan dengan video, gambar, link, polling dan lainnya.

Anda juga bisa dengan mudah berinteraksi dengan orang lain yakni dengan menyebutkan nama akun mereka dalam post Anda. Saat ini Twitter memiliki lebih dari 320 juta pengguna aktif di seluruh dunia dan merupakan salah satu dari 10 website media sosial terbaik di Amerika Serikat.

Baca Juga  Cara Gunakan Pinterest Untuk Bisnis Anda

Karena jangkauannya yang sangat luas, Twitter tidak hanya merupakan media sosial yang bagus untuk toko online, namun juga saluran yang efektif untuk menangani layanan pelanggan. Misalnya saja Anda aktif di Twitter, maka pelanggan yang juga merupakan pengguna aktif Twitter akan mencari Anda untuk berinteraksi dan melakukan komunikasi jika membutuhkan sesuatu.

Jika Anda memiliki sebuah content unggulan yang menarik, maka Twitter adalah saluran yang tepat untuk menyebarkan kata-kata. Retweet dan share content adalah cara yang sangat mudah, misalnya dengan penggunaan tagar atau hashtag (#) yang akan membantu mendorong postingan Anda. Jika banyak follower yang meretweet postingan Anda, maka content postingan tersebut bisa menjadi viral.

Namun, penting untuk memastikan agar Anda tidak hanya mengupload post atau membuat Tweet mengenai toko online Anda saja. Buat dan Tweet content lainnya yang relevan dengan tren yang sedang diminati oleh pengguna Twitter.

Rentang usia pengguna Twitter :

  • 18 – 24 tahun : 19%
  • 25 – 34 tahun : 22%
  • 35 – 44 tahun : 21%
  • 45 – 54 tahun : 18%
  • 55 – 64 tahun : 13%
  • > 65 tahun : 7%

Pinterest

Platform ini terdiri dari board buletin digital dimana pengguna dapat menyimpan dan menampilkan content yang mereka sukai dalam bentuk pin. Pengguna membuat dan mengatur board mereka sendiri berdasarkan kategori. Contohnya, pengguna yang memiliki board mengenai kuliner akan mereka isi dengan pin soal resep, foto makanan yang menarik dan lainnya.

Pinterest sangat berorientasi visual (gambar atau video), dan seperti Facebook, proses pemeliharaan (maintenance) Pinterest juga sangat mudah.

pinterest
Tampilan sosial media Pinterest

Namun jika dibandingkan dengan Facebook dan Twitter, Pinterest memiliki pengguna yang lebih spesifik, sehingga mungkin tidak terlalu cocok untuk semua orang termasuk Anda. Pengguna Pinterest biasanya perempuan, sementara kategori yang populer adalah DIY (Do It Yourself), fashion, olahraga, kecantikan, fotografi dan makanan.

Baca Juga  Jutaan Pengguna Facebook Tidak Sadar Mereka Menggunakan Internet

Bukan berarti bisnis yang tidak termasuk kategori tersebut tidak bisa sukses melalui Pinterest, namun akan lebih baik dan cocok jika digunakan oleh bisnis pada area tersebut.

Media sosial ini juga memiliki serangkaian fitur khusus bernama Rich Pins, yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan informasi khusus pada pin seperti detail produk atau bahkan lokasi kantor Anda.

Rentang usia pengguna Pinterest :

  • 18 – 24 tahun : 15%
  • 25 – 34 tahun : 26%
  • 35 – 44 tahun : 21%
  • 45 – 54 tahun : 17%
  • 55 – 64 tahun : 15%
  • > 65 tahun : 7%

Instagram

Sama seperti Pinterest, Instagram adalah media sosial yang mencondongkan aspek visual berdasarkan foto dan video yang diposting. Penggunanya yang mencapai lebih dari 400 juta umumnya memposting foto makanan, kesenian, travel, fashion dan saat ini yang sedang tren adalah selfie.

Instagram menyajikan fitur filter untuk mengedit foto dan video dan dapat dengan mudah diakses pada perangkat apapun (mobile friendly). Namun pengguna yang mengakses Instagram melalui desktop tidak bisa memotret ataupun mengupload foto (hanya bisa melalui perangkat mobile).

Instagram juga merupakan media sosial yang memiliki pengguna lebih spesifik, sehingga belum tentu cocok untuk toko online yang Anda jalankan. Jika Anda ingin sukses dengan menggunakan instagram, sangat penting untuk memiliki seseorang ataupun tim fotografi yang baik. Dengan demikian postingan foto atau video Anda berkualitas tinggi dan dapat menarik minat banyak pengguna.

Rentang usia pengguna Instagram :

  • 18 – 24 tahun : 23%
  • 25 – 34 tahun : 26%
  • 35 – 44 tahun : 19%
  • 45 – 54 tahun : 15%
  • 55 – 64 tahun : 12%
  • > 65 tahun : 4%

Tumblr

Dapat dikatakan Tumblr adalah media sosial yang paling sulit digunakan untuk sebuah bisnis, namun Tumblr juga adalah salah satu media sosial yang paling menarik. Tumblr berisi banyak postingan dengan format yang berbeda-beda temasuk teks, chat, quote, audio, foto dan juga video.

Baca Juga  4 Cara Menggunakan Facebook & Twiter Analytics

Mirip seperti Twitter, Anda bisa reblogging dengan cepat dan mudah pada Tumblr. Sehingga jika ada seorang pengguna yang memiliki banyak follower meng-share postingan Anda, maka content Anda tersebut bisa viral dengan cepat.

tumblr
Tampilan sosial media Tumblr

Tumblr memiliki lebih dari 200 juta blog yang mayoritas dijalankan oleh anak muda. Artinya kemungkinan bisnis Anda belum tentu cocok dengan pengguna yang ada pada media sosial ini. Namun tenang, terdapat banyak sub komunitas atau fandom untuk hampir semua kategori spesifik sehingga Anda tetap bisa menjalankan kampanye iklan.

Rentang usia pengguna Tumblr :

  • 18 – 24 tahun : 28%
  • 25 – 34 tahun : 25%
  • 35 – 44 tahun : 18%
  • 45 – 54 tahun : 13%
  • 55 – 64 tahun : 11%
  • > 65 tahun : 6%
media sosial
Demografik pengguna sosial media (https://socialmediaweek.org/blog/2015/04/9-major-social-networks-age/)

 

Dari data tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa :

  • Mayoritas pengguna Facebook adalah pada rentang usia 25-34 tahun
  • Mayoritas pengguna Google adalah pada rentang usia 25-34 tahun
  • Mereka yang menggunakan LinkedIn ada pada rentang usia 35-44 tahun, mengingat LinkedIn diperuntukkan bagi kalangan profesional
  • Pengguna Google paling banyak berada di rentang usia 25-34 tahun
  • Instagram banyak digunakan oleh mereka yang ada di rentang usia 25-34 tahun
  • Pinterest terkenal di kalangan usia 25-34 tahun
  • Pengguna Tumblr paling banyak ditemukan di rentang usia 18-24 tahun
  • Vine digemari oleh mereka yang ada di rentang usia 18-24 tahun
  • Snapchat memiliki banyak pengguna yang ada di rentang usia 18-24 tahun

Sesuaikan target konsumen Anda dengan golongan dan mayoritas pengguna media sosial tersebut di atas untuk bisa lebih banyak mendapatkan konsumen potensial.

Sumber :
http://www.businessnewsdaily.com/7832-social-media-for-business.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *