Teknik Promosi Online

17 Teknik Promosi Online

Apapun bisnis yang dilakukan, Anda harus memastikan agar orang lain atau calon pembeli bisa menemukan produk atau merek Anda. Jika sudah, maka Anda bisa mengarahkan mereka untuk melakukan transaksi dengan Anda, baik pembelian ataupun kerja sama.

Untuk melakukan semua hal itu, maka Anda memerlukan alat promosi dan teknik menggunakannya. Dalam hal ini, kita akan berbicara mengenai bisnis secara online.

Anda akan menemukan banyak sekali kompetitor yang akan menyulitkan Anda ketika menjaring lebih banyak pelanggan. Dengan demikian, Anda harus memiliki cara tersendiri untuk bisa “dilirik” oleh masyarakat.

Beberapa hal di bawah ini merupakan tools yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan brand atau produk secara online :

1. Feedback Forms

Cara terbaik untuk refleksi diri adalah dengan mengetahui apa yang orang lain pikirkan tentang Anda. Feedback dari pelanggan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas website Anda sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik.

Dengan menyediakan fitur untuk memberikan feedback, pelanggan akan merasa bahwa Anda menghargai mereka. Selain itu, ini juga berarti Anda tertarik dengan apa yang ingin mereka katakan dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

Kekurangan dari disediakannya fitur feedback ini adalah pelanggan bisa saja mengajukan banyak pertanyaan kepada Anda. Tidak menutup kemungkinan mereka tak bisa menemukan atau mendapatkan jawaban yang diinginkan dari website Anda. Jika hal ini terjadi maka pelanggan tak lagi mau menggunakan fitur ini.

2. Bookmark

Cara yang bagus untuk mendorong pelanggan untuk mengunjungi website Anda adalah dengan meminta mereka melakukan bookmark. Maksud bookmark disini adalah menandai website yang akan dikunjungi oleh pengguna internet.

Dengan bookmark, pelanggan dapat dengan mudah menemukan website yang mereka inginkan tanpa harus mengingat URL website tersebut.

Baca Juga  Perkembangan Long Tail untuk SEO di 2016

3. Konten

Konten adalah “umpan” yang bagus untuk membuat pengunjung berulang kali datang ke website Anda. Apalagi jika konten tersebut unik, segar dan mengandung aspek yang dibutuhkan oleh pengunjung atau calon pelanggan.

4. Promo

Website yang menawarkan promo seperti potongan harga, kupon dan giveaway adalah website yang bisa menarik perhatian banyak orang.

Pemberian promo ini akan mendorong pelanggan untuk mengunjungi website Anda setiap harinya. Sehingga memunculkan kesempatan Anda untuk memamerkan produk atau jasa baru serta informasi untuk pelanggan.

5. Survei

Survei sangat membantu Anda dalam mengumpulkan data pelanggan. Data tersebut dapat Anda jadikan sebagai acuan untuk memperbaiki dan meningkatkan produk serta layanan Anda di masa depan.

Berikan hadiah atau promo tertentu agar banyak pelanggan yang mau mengisi survei Anda.

6. Testimoni Pelanggan

Tampilkan testimoni dari pelanggan atau bahkan informasi mengenai penghargaan yang pernah didapatkan. Aspek ini akan memberikan faktor kredibilitas pada merek dan produk Anda. Selain itu testimoni dan informasi penghargaan bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada Anda.

7. Chat Online

Online Chat

Mekanisme chat online menghadirkan sebuah forum dimana para pelanggan dapat berkumpul dan berbagi pengalaman berbelanja mereka dengan Anda. Tool interaksi ini memungkinkan Anda untuk mengkases opini pelanggan secara langsung dan melihat pandangan mereka.

8. Tur

Fitur tur online memberikan Anda kesempatan untuk memperlihatkan banyak jenis produk baik barang dan jasa serta menampilkan kelebihannya.

Misalnya saja Anda memiliki produk inovasi terbaru yang ingin dipromosikan, maka cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyediakan fitur tur online.

Anda sudah tahu mau menggunakan tool apa ? Maka selanjutnya Anda harus menguasai teknik ini :

9. Posting Artikel

Maksimalkan postingan artikel Anda agar mencapai target potensial terjauh yang bisa Anda temukan. Jika ada orang yang melihat artikel tersebut dan menganggapnya berguna, maka mereka akan mengunjungi website Anda.

Baca Juga  10 Ide Bisnis Berbasis Teknologi

10. Newsletter

Ketika membuat newsletter, pastikan Anda memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Berikan newsletter secara rutin agar efektif dan jangan lupa sediakan pilihan unsubscribe newsletter bagi mereka yang ingin berhenti langganan.

11. Press Release

Buat press release setiap Anda memiliki informasi atau berita penting mengenai bisnis Anda. Kemudian kirimkan melalui platform seperti email atau fax kepada media massa atau kantor berita misalnya.

12. Iklan Banner

Buat iklan banner atau spanduk untuk meningkatkan awareness akan merek Anda. Banner online yang unik dan menarik efektif untuk meningkatkan traffic website Anda hingga ke calls-to-action.

Iklan Banner

Jangan lupa untuk menampilkan penawaran terbaik pada iklan banner tersebut.

13. Sponsor

Sponsor merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan bisnis dan merek Anda. Dengan menjadi sponsor pada area atau pesan tertentu, Anda bisa menciptakan platform untuk mengkomunikasikan produk serta layanan Anda.

14. Stategi Pemasangan Link

Masyarakat akan lebih mudah menemukan Anda jika Anda menempatkan link website Anda di website lainnya yang relevan.

Kunci disini adalah menempatkan link di website yang memiliki target yang mirip dengan target Anda. Namun selalu ingat untuk menghindari penempatan link di website kompetitor.

15. Newsgroup

Bergabung dengan newsgroup membantu Anda dalam membangun reputasi, mengidentifikasikan tren baru pada industri Anda serta mengevaluasi kebutuhan pelanggan. Anda perlu mencari kelompok mana yang sekiranya bisa membantu Anda dalam mendapatkan pelanggan potensial.

16. Email Marketing

Email Marketing

Mengingat aktivitas email yang dilakukan hampir semua orang, email memberikan Anda kesempatan besar untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

Cara ini merupakan salah satu teknik yang paling menekan biaya untuk membangun dan menjaga hubungan antara pebisnis dan pelanggan. Email marketing memberikan banyak keuntungan untuk kedua belah pihak dari mulai pertukaran informasi sampai proses transaksi.

Baca Juga  Mobile Testing Tool Baru Google 2016

17. SEO (Search Engine Optimization)

SEO yang baik akan berdampak sangat besar bagi website dan bisnis Anda. Dengan menggunakan metode dan teknik SEO yang benar, website Anda mendapat kemungkinan sangat tinggi untuk bisa muncul di halaman atas mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo! dan lainnya memiliki kriteria masing-masing untuk menempatkan sebuah website pada peringkat tinggi. Misalnya berdasarkan popularitas klik, jumlah pengetikan keyword yang digunakan, website yang selalu diupdate dan sebagainya.

Sumber :

http://www.marketingfind.com/articles/web_marketing_promotional_tools_and_techniques.html