Konten Media Sosial

Tips Promosikan Konten Melalui Sosial Media

Memiliki konten berkualitas untuk bisnis Anda saja tidak akan membantu jika tak dilengkapi dengan cara promosi yang baik. Untuk menghemat waktu dan biaya, maka salah satu platform paling baik yang bisa digunakan untuk promosi adalah media sosial.

Dibawah ini adalah cara-cara yang efektif untuk mempromosikan konten Anda melalui media sosial :

1. Perhatikan Aspek Visual

Postingan di media sosial dengan menggunakan gambar mendapatkan lebih banyak engagement. Tiga media sosial besar saat ini juga mendasarkan fungsinya pada aspek visual yakni Pinterest, Instagram dan Snapchat.

Coba untuk promosikan konten Anda dengan aspek visual. Selain gambar produk dan merek, buat konten visual lainnya (tetap terkait dengan bisnis Anda) yang bisa disebarkan oleh orang lain. Hal ini akan memperluas informasi mengenai bisnis Anda di jejaring media sosial.

2. Jangan Lupakan Headline/Judul

Kemampuan menulis konten yang baik harus disertai dengan kemampuan membuat judul yang menarik perhatian orang lain. Jika poin ini belum terpenuhi, maka Anda harus :

  • Membuat judul yang bagus untuk membantu postingan konten Anda lebih mudah dipromosikan di media sosial.
  • Membuat judul baru pada konten untuk diposting dan disebar di media sosial. Anda harus berkali-kali menyebarkan konten di media sosial, sehingga Anda harus membuat beberapa judul untuk semua konten tersebut. Sebaiknya lakukan pengujian untuk melihat mana judul yang lebih efektif untuk mempromosikan konten Anda di media sosial.

3. Kustom Konten Anda Untuk Setiap Platform

Setiap pebisnis saling bersaing pada media sosial untuk mendapatkan perhatian pengguna, sehingga Anda harus mengoptimalkan seluruh bagian konten Anda.

Manfaatkan fitur yang ada pada setiap media sosial ketika akan memposting konten. Cobalah lebih kreatif dalam mengedit konten dengan fitur untuk judul, gambar, bahkan deskripsi.

Baca Juga  35 Tips Media Sosial Untuk Bisnis

Konten Website

Misalnya jika Anda membagikan link pada Facebook, Anda bisa membuat sebuah postingan yang akan lebih menonjol daripada postingan lainnya. Anda hanya membutuhkan judul yang menarik, gambar yang jelas dan relevan serta deskripsi yang tepat.

Lakukan cara tersebut dan tambahkan hashtag (#) terkait untuk postingan Anda di Twitter atau Instagram. Dengan cara ini, Anda dapat menarik banyak pengguna untuk mengklik konten Anda.

4. Posting Di Waktu Yang Tepat

Walaupun terlihat sepele, banyak pebisnis yang masih belum memperhatikan pentingnya konsep ini. Untuk mencapai engagement yang maksimal, konten Anda harus bisa mencapai sebanyak mungkin pengguna. Untuk itu Anda harus memposting konten ketika media sosial sedang banyak diakses oleh pengguna.

Susun jadwal untuk setiap postingan berdasarkan waktu dimana media sosial saat itu sedang banyak diakses. Ingat, waktu akses paling banyak setiap media sosial berbeda-beda.

Pelajari juga bagaimana engagement pengguna pada setiap media sosial. Beberapa platform memiliki fitur untuk membantu Anda dalam proses ini, seperti Facebook Insights. Anda juga bisa menggunakan tools FollowerWonk untuk membantu melihat perkiraan waktu terbaik untuk memposting konten pada sejumlah media sosial.

5. Jangan Takut Untuk Posting Berkali-Kali

Beberapa penelitian mengatakan bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang lebih efektif jika mempromosikan konten yang sama berkali-kali di media sosial. Dengan memanfaatkan konten gambar dan teks, Anda dapat terlibat langsung dengan pengguna.

Memposting konten promosi berkali-kali (namun jangan berlebihan), adalah cara yang baik untuk memastikan pengguna memiliki kesempatan untuk melihat konten Anda.

6. Ajukan Pertanyaan

Arahkan pengguna media sosial untuk berinteraksi dengan Anda dan meningkatkan kesempatan mereka untuk terlibat dengan konten yang diposting. Salah satu caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan atau meminta komentar akan sesuatu.

Baca Juga  10 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis

Kelebihan dari penggunaan media sosial untuk promosi adalah dapat meningkatkan hubungan Anda dengan pengguna sekaligus melakukan kegiatan pemasaran. Mengajukan pertanyaan adalah cara untuk menarik perhatian yang besar dan mendorong terciptanya komunitas yang merupakan hasil baik dari promosi Anda.

7. Posting Di Platform Media Sosial Yang Tepat

Banyaknya platform media sosial yang ada saat ini bisa jadi membuat Anda bingung dalam memilih mana platform yang tepat. Setiap media sosial memiliki layanan dan target pengguna yang berbeda-beda sehingga penting bagi Anda untuk memilih media sosial mana yang paling tepat.

Jangan posting konten di semua media sosial yang ada. Melainkan fokus pada satu atau beberapa media sosial utama yang akan menjadi wadah bagi postingan konten promosi Anda. Lihat pada media sosial apa yang banyak digunakan oleh target konsumen Anda.

Jika promosi Anda telah sukses di salah satu media sosial, maka Anda dapat menggunakan pengetahuan yang Anda miliki untuk memulai promosi di media sosial yang baru. Jangan lupa untuk berbagi konten Anda ke jejaring sosial seperti Slideshare, iTunes, SoundCloud, Stitcher dan YouTube.

8. Pakai Fitur Berbayar

Fitur Berbayar Online

Anda bisa mempromosikan konten Anda ke sasaran Anda secara tepat di media sosial. Paid social adalah sebuah cara dimana Anda membayar untuk mempromosikan konten Anda pada News Feed atau pengguna media sosial secara terjamin (konten Anda akan muncul pada pengguna/target yang relevan).

9. Maksimalkan Pendukung Merek Anda

Memiliki karyawan atau rekan kerja bisa menjadi poin tambahan bagi upaya promosi konten Anda. Mereka dapat membantu untuk memposting konten Anda dan dengan demikian konten tersebut akan semakin banyak tersebar di media sosial.

Baca Juga  Alat Manajemen Sosial Media

Ada banyak tools yang bisa membantu Anda untuk mengelola dan menyebarkan konten Anda di media sosial seperti GaggleAMP dan SocialChorus.

10. Terlibat Dalam Komunitas

Program advokasi karyawan adalah salah satu cara untuk turun dan terlibat langsung dengan masyarakat. Cara ini dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan konten Anda pada lebih banyak pengguna media sosial.

Ada banyak sekali komunitas pada media sosial, seperti LinkedIn, komunitas Twitter, komunitas Google Plus, komunitas board Pinterest dan grup di Facebook. Gabung dan jadilah anggota yang dapat melakukan engagement sehingga memungkinkan Anda untuk mempromosikan konten.

11. Bereksperimen Dengan Komunitas Kreator Konten

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk berbagi dengan komunitas kreator konten seperti Triberr, Social Buzz Club, dan Viral Content Buzz yang ada di luar media sosial. Jika platform website tersebut dirasa cocok dijadikan sebagai wadah untuk membagikan konten promosi Anda, maka lakukan hal itu.

Sumber :

http://www.curata.com/blog/11-effective-ways-to-use-social-media-to-promote-your-content/