email-tools

10 Tools Email Marketing Gratis

Email marketing kini sukses mengalahkan strategi dan cara pemasaran tradisional lainnya. Platform dan wadah yang lebih modern seperti media sosial dan mobile marketing jauh lebih banyak menarik perhatian pemasar.

Bagi sebagian orang yang “kuno” akan berusaha untuk mematikan email marketing, namun usaha mereka akan sia-sia. Bahkan dengan konten pemasaran yang lebih efektif, email marketing lebih kuat dari sebelumnya.

Jika Anda masih belum akrab dan terbiasa menggunakannya, di bawah ini merupakan 10 tools email marketing yang bisa digunakan secara gratis :

Benchmark

benchmark

Didirikan pada tahun 2004, Benchmark berfokus pada pemasaran email yang sederhana dan menarik bagi orang-orang dengan desain yang kreatif. Beberapa pilihan yang disediakan antara lain :

Free Plan : Gratis untuk 2.000 subsriber dan 14.000 email per bulannya.

Paid Plan : Pengiriman email berdasarkan jumlah dimulai dengan biaya dari AS$ 9,95 per bulan atau berapa list email yang akan dikirim dengan biaya AS$ 11,95 per bulan.

Kelebihan : User friendly, template “bersih”, termasuk fitur untuk mengirimkan video. Testing atau percobaan pembuatan email dan pemeriksaan kotak masuk email untuk melihat seperti apa email Anda ketika diterima pada berbagai perangkat dan browser.

Kekurangan : Walaupun Anda bisa memiliki kontak tak terbatas pada versi gratis, namun kontak tersebut harus berasal dari orang yang mendaftar pada formulir subscriber Benchmark Anda, bukan sumber lainnya. Selain itu, Benchmark juga hanya memiliki customer support (layanan pelanggan) yang terbatas pada saat weekend sehingga tak semua keluhan klien dapat diatasi.

Reachmail

reachmail

Reachmail pertama kali didirikan pada tahun 2001 dan menyatakan diri sebagai penyedia layanan pelanggan terbaik.

Free Plan : Gratis untuk 5.000 kontak dan 15.000 email per bulan.

Paid Plan : Biaya mulai AS$ 10 per bulan untuk 7.500 kontak dan 30.000 email per bulan.

Kelebihan : Tidak ada persyaratan, gratis pelatihan dan dukungan pelanggan. Untuk biaya tambahan, Reachmail akan memeriksa daftar email Anda untuk memastikan tarif sesuai dengan email yang aktif.

Baca Juga  Hindari Cara Ini Dalam Pemasaran Bisnis Anda

Kekurangan : Template kustom email hanya tersedia pada versi berbayar. Kemudian, walaupun terintegrasi dengan Google Analytics dan WordPress, Reachmail tidak terintegrasi dengan Customer Relationship Management (CRM).

MailChimp

mailchimp

MailChimp merupakan salah satu tool marketing yang paling banyak digunakan oleh bisnis kecil yang berdasarkan survey disukai oleh penggunanya.

Free Plan : Gratis untuk 2.000 subscriber dan 12.000 email per bulan.

Paid Plan : Mulai AS$ 20 per bulan untuk email unlimited.

Kelebihan : Memiliki integrasi dengan  WordPress, Twitter, Facebook, Magento, Salesforce, Zendesk, BigCommerce, Drupal, Mandrill, dan Google Analytics. Memiliki analitik yang baik, laporan yang mudah dibaca dengan data yang lengkap.

Kekurangan : Sulit mengkustomisasi formulir pendaftaran dan beberapa fitur dikecualikan dalam versi gratis.

VerticalResponse

VerticalResponse

VerticalResponse didirikan pada tahun 2001 dan sudah memiliki lebih dari 1 juta pengguna saat ini. Tool ini memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan dan prospek melalui email, media sosial, jaringan internet dan sebagainya.

Free Plan : Gratis sampai dengan 1.000 kontak dan 4.000 email per bulan.

Paid Plan : Dimulai dari AS$ 22 per bulan untuk email unlimited

Kelebihan : Penjadwalan media sosial untuk posting tak terbatas di Facebook dan Twitter. Kemudian adanya pembangunan integrasi dengan banyak CRM utama seperti Salesforce, SugarCRM, ZohoCRM, Nimble dan lainnya.

Kekurangan : Tidak ada fitur otomatisasi seperti auto-responder atau email yang dikirimkan otomatis pada waktu tertentu. Pengguna VerticalResponse kemungkinan kehilangan pelanggan karena data akan terhapus setiap ada orang yang berhenti berlangganan.

Elite Email

elite

Target Elite Email adalah usaha kecil, organisasi perusahaan, dan organisasi nirlaba.

Free Plan : Gratis untuk 500 kontak dengan pengiriman email tak terbatas

Paid Plan : Dimulai dari AS$ 15 per bulan untuk 500 kontak dan selebihnya

Baca Juga  Google AMP: Mempercepat Kinerja Website

Kelebihan : Laporan geografis memberitahu Anda di mana pelanggan berada dan di mana mereka terlibat dengan email Anda melalui peta interaktif. Selain itu Anda bisa mengirimkan email dan membuat segmentasi tak terbatas.

Kekurangan : Tidak ada aplikasi mobile untuk mengirimkan email dan tidak memiliki fitur otomisasi dasar seperti tes atau uji email.

Mad Mimi

madmimi

Tool ini merupakan solusi untuk memulai email marketing secara sederhana.

Free Plan : Gratis email tak terbatas untuk 100 subscriber (pelanggan)

Paid Plan : Dimulai dari biaya AS$ 10 per bulan untuk 500 kontak

Kelebihan : Cocok untuk pebisnis pemula yang menggunakan email marketing karena mudah digunakan dan memiliki layanan pelanggan yang hebat.

Kekurangan : Versi gratis hanya untuk perusahaan kecil, tidak mempunyai template, tidak bisa melakukan uji coba email.

Freshmail

freshmail

Tool ini bukan untuk mereka yang baru saja mengenal email marketing karena sistem dan otomatisasinya yang masih kurang baik. Namun fitur-fitur yang mereka sediakan bisa Anda dapatkan dengan biaya terjangkau walaupun tetap harus memiliki keterampilan melakukan kampanye email yang canggih.

Free Plan : Email tak terbatas hingga 500 kontak

Paid Plan : Dikenakan biaya AS$ 7 untuk 1.000 email, dibayar sesuai pemakaian

Kelebihan : Pengguna bisa membuat track dan konten dinamis, dapat menghasilkan barcode untuk mengirimkan email dan bisa melakukan uji coba.

Kekurangan : 500 kontak sangat mudah untuk terlepas bagi perusahaan yang siap menggunakan otomatisasi pemasaran.

Campayn

campayn

Tool Campayn adalah salah satu solusi bagi Anda yang merupakan seorang pemula untuk menggunakan email marketing dengan biaya yang kompetitif.

Free Plan : 20.000 email ke 500 pelanggan

Paid Plan : AS$ 20 per bulan untuk email tak terbatas ke 1.000 subscriber

Kelebihan : Dilengkapi dengan fitur pengelolaan kontak dan memungkinkan pengguna untuk mengembed formulir pada website yang akan mempermudah untuk mengumpulkan email subscriber.

Baca Juga  16 Macam Alternatif Mesin Pencari Selain Google

Kekurangan : Versi berbayar mahal dan wajib memiliki lebih dari satu user. Contohnya, Anda dikenakan biaya sebesar AS$ 79 per bulan hanya untuk tiga user dan 10.000 subscriber.

Mailerlite

mailerlite

Merupakan salah satu tool untuk email marketing yang termurah dan mudah untuk pemula.

Free Plan : Email tak terbatas untuk 1.000 pelanggan.

Paid Plan : Email tak terbatas untuk 5.000 pelanggan dengan biaya AS$ 6,66.

Kelebihan :

  • Mudah digunakan
  • Memiliki editor untuk drag dan drop, serta editor foto
  • Pengguna bisa melakukan uji coba, memiliki kemampuan autoresponder dan embed formulir untuk mengumpulkan email
  • Memiliki aplikasi di iPad untuk mendaftar sehingga lebih mudah untuk mengumpulkan email secara pribadi
  • Biaya yang sangat terjangkau

Kekurangan : Tidak cocok untuk pemasar atau pebisnis besar karena tidak banyak memiliki banyak fitur yang mereka butuhkan.

SendinBlue

sendinblue

Tool yang belum lama berdiri ini berasal dari Prancis. Mereka kini sudah memiliki kantor di Amerika Utara, dan menawarkan layanan mereka di Perancis, Inggris, Spanyol, Portugis, Italia, dan Jerman.

Free Plan : 9.000 email per bulan untuk pelanggan tak terbatas.

Paid Plan : Dikenakan biaya sebesar AS$ 7,37 per bulan untuk 40.000 email per bulan bagi subcriber tak terbatas.

Kelebihan : Banyaknya layanan yang diberikan seperti 9.000 email untuk 500 daftar orang yang berarti 18 email dalam satu bulan. Mereka juga menawarkan pesan teks otomatis sehingga semakin menguntungkan pengguna.

Kekurangan : Terdapat pelanggan yang memiliki pengalaman tak menyenangkan dan menuliskannya pada kolom komentar SendinBlue.

Jika Anda berminat untuk mencoba salah satu tools tersebut, mungkin sebelumnya Anda bisa melihat contoh-contoh email marketing dari brand ternama sebagai referensi.

Sumber : http://blog.capterra.com/10-free-email-marketing-software-solutions-small-business-marketers/