Tren Media Sosial 2017

5 Tren Media Sosial Untuk Bisnis Tahun 2017

Persaingan di dunia media sosial memaksa berbagai platform harus memiliki performa sebaik mungkin. Jika tidak, posisi mereka akan tergantikan oleh banyaknya media sosial baru yang bermunculan.

Perusahaan media sosial berlomba untuk membuat platform mereka menjadi yang terbaik dengan berinvestasi. Baik dalam hal dana, strategi dan juga SDM. Jadi bagaimana memutuskan strategi media sosial yang akan Anda gunakan ?

Berikut adalah lima gerakan besar yang menjanjikan untuk mengubah cara bisnis menggunakan media sosial pada tahun 2017 :

1. Imbangi Strategi Dengan Algoritma Baru

Capai target bisnis dan pengguna media sosial dengan cara kuno, misalnya seperti membangun engagement secara perlahan dan membagikan informasi.

Pasalnya saat ini algoritma media sosial membatasi presentase follower Anda sendiri. Hal ini buruk karena berarti postingan Anda berantakan, baik pesan, visual maupun video.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengandalkan dana. Kini hampir semua bisnis mengandalkan iklan berbayar, dan ini saatnya Anda melakukan hal itu juga. Iklan berbayar adalah investasi yang baik karena efektif dan membantu melacak laba.

2. Karyawan Menjadi “Tentara” Media Sosial

Perusahaan yang ingin memperluas jangkauan dan dampak dari media sosial tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, ada pilihan yang baik dan sudah mereka miliki yaitu karyawan.

Berikan insentif untuk karyawan atau anggota tim Anda dengan menambah pekerjaan menjadi admin media sosial. Tugas mereka diantaranya adalah memposting konten-konten di media sosial mengenai perusahaan Anda. Pasalnya konten yang disebar dari akun pribadi terkadang lebih dipercaya daripada akun sebuah perusahaan yang belum dikenal dengan baik.

3. Gap Pengoperasian Media Sosial

Umumnya perusahaan menggunakan media sosial untuk kegiatan marketing, layanan pelanggan dan penjualan. Namun mereka melupakan pentingnya pelatihan untuk admin media sosial.

Baca Juga  Manfaat Media Sosial Bagi Pelajar

Penelitian dari perusahaan konsultan manajemen Capgemini Consulting mengatakan sembilan dari 10 perusahaan melaporkan pekerja mereka tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat bisnis.

Hal ini berdampak tak baik dalam aspek bisnis dan akan semakin memburuk di tahun 2017. Karenanya diharapkan para pekerja bisa mendapatkan saluran dan informasi mengenai cara penggunaan media sosial yang lebih canggih.

4. CEO Memahami Media Sosial

Dari laporan yang dibuat oleh CEO.com, 61% para CEO perusahaan belum memiliki akun media sosial pada tahun 2015. Kemudian terjadi perubahan besar di tahun 2016.

Facebook meluncurkan program baru bernama “business influencer” untuk menarik para CEO perusahaan besar bergabung dan memiliki akun Facebook. Kemudian, platform blog LinkedIn kini menampilkan lebih dari 500 pebisnis elit, dari Bill Gates hingga Arianna Huffington.

Memiliki dan memahami media sosial bukanlah pilihan, namun keharusan. Mengapa ? Secara global, lebih dari dua miliar orang memiliki akun media sosial dan setiap harinya menghabiskan waktu rata-rata dua jam di media sosial.

Diperkirakan tahun 2017 ini akan ada lebih banyak para pebisnis yang terjun ke media sosial seperti Facebook, LinkedIn, Twitter, Instagram dan Snapchat.

5. Bagian Sales Dan Layanan Pelanggan Lebih Bersosialisasi

Banyak yang berpendapat bahwa media sosial merupakan alat pemasaran murni. Namun hal itu tidak benar.

Pelanggan akan mempelajari produk dari Pinterest dan Instagram, serta membelinya dari Twitter dan Facebook. Mereka akan mencari layanan pelanggan pada saluran pesan seperti Facebook Messenger.

Tren tersebut kemudian akan menuju ke “conversational commerce” yang akan melaju dengan cepat pada tahun 2017. Hal ini pun didukung dengan penyebaran chatbots yang cepat.

Baca Juga  10 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis

Chatbots adalah seamcam asisten virtual yang ada dalam Facebook Messenger, WhatsApp, atau platform lain. Teknologi ini sangat membantu Anda untuk berhubungan dengan pelanggan dalam tugas atau format yang sederhana. Seperti memesan sesuatu atau mengelola transaksi.

Oleh karenanya, tidak mungkin ada bisnis yang hanya menggunakan media sosial saja dalam beroperasi.

Untuk semakin memahami tren media sosial untuk bisnis pada tahun 2017, saksikan video berikut ini :

Sumber :

https://blog.hootsuite.com/social-media-trends-2017/