website belajar coding gratis

Website Untuk Belajar Coding Secara Gratis

Ada banyak orang yang menjadi programmer dan pandai melakukan coding tanpa harus mengambil kuliah jurusan IT/SI ataupun mengikuti kursus tertentu yang mengharuskan untuk mengeluarkan biaya. Namun sebenarnya Anda bisa secara otodidak mempelajari coding secara gratis.

Kini, ada banyak website untuk belajar coding secara gratis (selain belajar dari YouTube). Jika Anda tertarik dengan dunia coding dan ingin menjadi web developer atau programmer, coba belajar membuat coding dari beberapa website berikut ini:

Codecademy

Kuis dan fitur proyek yang interaktif memungkinkan Anda untuk benar-benar bisa menerapkan apa yang telah dipelajari. Ada kursus atau ruang belajar terpisah bagi masing-masing topik. Misalnya saja Make a Website, Learn HTML & CSS, hingga mempelajari JavaScript dan SQL.

Selain itu, Codecademy juga menyediakan forum untuk diskusi, kamus bahasa pemrograman serta blog berisi artikel-artikel tentang dunia pemrograman.

Free Code Camp

Di website ini, Anda bisa mempelajari keterampilan coding sekaligus mengerjakan proyek tertentu, misalnya untuk organisasi nirlaba. Free Code Camp adalah sebuah komunitas terbuka yang menyediakan banyak coding challenge, proyek dan sertifikasi.

Semua fitur bisa Anda pakai gratis, bahkan Anda bisa menjalin hubungan dengan para programmer lainnya berdasarkan lingkungan tempat Anda tinggal.

Upskill

Upskill adalah tempat yang tepat bagi para pemula yang sama sekali tidak memiliki latar belakang pendidikan IT/SI. Mereka menyediakan banyak video yang akan memandu Anda untuk mempelajari coding berikut dengan portofolio proyek dengan model pengajaran percakapan.

Fokus utama mereka adalah melatih Anda untuk mempelajari pengembangan website dengan berbekal pengetahuan mengenai HTML, CSS, Javascript, Ruby on Rails, Git, Bootstrap dan lainnya.

The Odin Project

Pembuat website Viking Code School kini memiiki website lain untuk belajar coding secara gratis yang dinamakan The Odin Project. Website ini mengajarkan Anda pengetahuan teknis dan keterampilan coding yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan karir Anda dalam pengembangan website(web development).

Baca Juga  Jenis Ekstensi Domain

Anda akan mendapatkan informasi tentang Rails, Javascript, jQuery dan masih banyak lagi. The Odin Project juga menyediakan tools untuk menghubungkan Anda dengan “pelajar” lainnya sehingga Anda bisa saling bertukar tips atau membuat proyek bersama.

HackerRank

Lebih dari sejuta programmer menggunakan HackerRank untuk meningkatkan kemampuan mereka dengan menyelesaikan coding challenge tertentu. Jika Anda berhasil menyelesaikan challenge tersebut, maka Anda bisa mengumpulkan poin untuk menyelesaikan challenge lainnya dan mendapatkan peringkat atas di papan peringkat HackerRank.

Website ini menerapkan konsep “learn by doing” sehingga Anda diajak untuk langsung menyelesaikan challenge tanpa adanya panduan atau pelajaran tertentu lebih dulu. HackerRank cocok bagi Anda yang ingin berlatih sambil belajar.

Codewars

Para programmer bisa saling bertemu dan bersaing dalam challenge yang diadakan oleh Codewars. Jika Anda bisa terus meningkatkan kemampuan dan ranking, Anda akan semakin banyak mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan mencari solusi dengan programmer lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat challenge bagi orang lain.

CodeFights

Mirip dengan HackerRank, CodeFights mengajak Anda untuk bertanding dengan programmer atau “pelajar” lainnya untuk meraih peringkat. Anda bisa bertanding secara real-time untuk mencari solusi menyelesaikan soal coding tertentu. Challenge yang diberikan akan semakin berat setiap levelnya.

edX

Website edX menyediakan banyak kursus ilmu komputer yang bisa disesuaikan dengan kecepatan Anda dalam belajar. Namun ingat, walaupun kursus yang diberikan gratis, Anda harus membayarkan sejumlah biaya untuk mendapatkan sertifikat.

Jika Anda mampu sampai ke level kursus yang tinggi, edX menyediakan fitur bernama “MicroMasters” yang berisi sejumlah kursus level tinggi yang bisa menjadi referensi ketika Anda melamar kerja.

Coursera

Mirip dengan edX, Coursera menghadirkan macam kursus yang dipandu oleh pengajar ahli. Adanya kuis dan proyek yang harus dikerjakan memberikan Anda kesempatan untuk menerapkan apa yang telah Anda pelajari.

Baca Juga  8 Cara Memilih Web Developer Yang Baik

Anda bisa melihat materi non-graded (materi untuk pemula) dan mengikuti kursus secara bebas dan gratis. Namun Anda diharuskan membayar sejumlah biaya untuk bisa mendapatkan seritifkat.

Khan Academy

Selain belajar coding dan programming, Khan Academy juga memungkinkan Anda mempelajari banyak bidang mulai dari matematika hingga musik. Mulailah pelajaran Anda dengan pengenalan HTML/CSS dan terus meningkat.

MIT OpenCourseware

Platform edukasi MIT OpenCourseware memungkinkan Anda untuk menghadiri Massachusetts Institute of Technology (MIT) secara gratis. Perpustakaan online mereka berisi semua hal yang bisa dipelajari di institut tersebut, termasuk ilmu komputer yang bernaung di bawah bagian School of Engineering (Sekolah Teknik).

Diperlukan disiplin untuk bisa sukses mempelajari materi yang diberikan mengingat Anda akan diberikan tugas rumah dan ujian.

Mana website untuk belajar coding secara gratis pilihan Anda?

Sumber:

Forbes: 11 Websites To Learn To Code For Free In 2017