kuliner

7 Website Kuliner Dengan Konten Menarik

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini dunia kuliner banyak mendapat perhatian, termasuk oleh para blogger dan netizen. Ragam masakan dan minuman dalam negeri dan luar negeri menjadi sorotan bagi para pecintanya. Terus berkembangnya teknologi dan kemudahan berbagi informasi secara online, siapapun bisa berbagi dan memberikan rekomendasi pengalaman mereka berwisata kuliner. Tidak heran banyak orang yang pada akhirnya tertarik membuat blog atau website untuk memberikan review dan menceritakan pengalaman menarik mereka.

Berikut ini adalah 7 website kuliner dengan konten menarik yang bisa menjadi referensi kuliner bagi Anda :

  1. AnakJajan
  2. EatAndTreats
  3. Zomato
  4. Qraved
  5. OpenRice
  6. Cerita Perut
  7. Resep Koki

1. AnakJajan

Anak Jajan

Bermula dari blog dan Instagram, kini Anakjajan berhasil membuat website yang telah mendunia. Jika dulu Anakjajan hanya merekomendasikan tempat atau wisata kuliner dalam kota dan negeri, kini Anakjajan telah merambah hingga ke negara-negara tetangga.

Pada website Anakjajan, Anda diajak untuk melihat hasil ulasan atau review restoran yang berada di Jakarta, Indonesia dan bahkan dunia. Anakjajan memudahkan pengunjung dengan mengelompokkan area restoran tempat mereka melakukan review. Misalnya restoran-restoran yang berada di Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Mall, Jepang, Korea, China dan masih banyak lagi.

Nafsu makan Anda akan meningkat karena Anakjajan berhasil mengambil gambar makanan atau minuman dan snack dengan teknik yang sangat baik. Tidak hanya itu, Anakjajan juga mengedukasi masyarakat agar mau mulai memasak di rumah tanpa takut gagal. Mereka mencantumkan banyak resep sederhana ala rumahan yang bisa dilakukan oleh pemula dengan mudah.

Belum cukup, Anakjajan menambahkan halaman khusus untuk traveling dimana Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai suatu wilayah atau negara. Di halaman ini, Anda bisa mengetahui informasi mengenai kuliner setempat yang ada di suatu negara. Itulah Anakjajan yang berawal dari blog dan media sosial kini telah menjadi salah satu blog kuliner terbaik di Indonesia.

Baca Juga  Biaya Pembuatan Website & Rincian Harganya

Jika Anda punya pertanyaan ataupun komentar, Anda bisa langsung mengajukannya pada kolom yang telah disediakan di bagian bawah halaman.

2. EatAndTreats

Eat And Treats

Bermodalkan pengalaman langsung terhadap kuliner dari restoran yang dikunjungi, Eatandtreats memberikan review makanan dan minuman yang dijelaskan dalam bahasa Inggris.

Dilengkapi dengan foto yang jelas dan jernih, Anda dan pembaca lainnya bisa melihat dengan baik seperti apa tampilan kuliner yang disajikan. Hans Danial Subianto, pemilik dan penulis blog ini, juga menjelaskan mengenai harga hingga suasana restoran yang dikunjunginya.

Eatandtreats tidak hanya mengulas kuliner dalam negeri saja, melainkan makanan atau minuman negera tetangga. Blog ini juga mengedukasi dan memberikan informasi traveling tempat tertentu bagi para pembacanya lengkap dengan tips & trik.

3. Zomato

Zomato

Bagi Anda yang ingin mencari restoran yang menyajikan kuliner yang diinginkan dengan mudah, Anda cukup memasukkan kata kunci ke kolom yang disediakan oleh Zomato.

Pada websitenya, Zomato akan menampilkan keseluruhan restoran yang terkait dengan kata kunci permintaan Anda, berikut dengan segala informasi di dalamnya.

Zomato merupakan website dengan user generated content, artinya penilaian yang ada pada setiap restoran di Zomato adalah penilaian langsung dari user Zomato atau pelanggan di restoran tersebut. Mereka akan memberikan penilaian dengan jujur, mulai dari penilaian rasa, harga dan juga pelayanan yang diberikan.

Berdasarkan sistem ini, jika sewaktu-waktu Anda memiliki pengalaman yang menyenangkan ataupun buruk sekalipun, Anda dapat menceritakannya melalui Zomato. Sehingga orang lain bisa mengetahuinya dan belajar dari informasi tersebut. Inilah salah satu faktor yang membuat Zomato menjadi website review kuliner terbaik.

4. Qraved

Qraved

Tidak hanya menampilkan informasi mengenai tempat makan yang wajib Anda kunjungi, Qraved juga memberikan penilaian pada setiap restoran yang mereka review, mulai dari warung makan kecil hingga restoran mewah.

Baca Juga  Berapa Lama Waktu Pembuatan Website

Qraved mengelompokkan restoran berdasarkan nilai yang mereka berikan, seperti Most Booked, Best Offers dan Recommended. Qraved kemudian kembali mengelompokkan restoran sesuai dengan jenisnya seperti Western, Japanese, Chinese, Jawa dan juga Desserts.

Selanjutnya, selain mengulas restoran yang berada di Jakarta, Qraved melengkapi daftar mereka dengan ulasan restoran di luar kota dan juga luar provinsi, seperti Bali. Agar semakin lengkap, Qraved disertai dengan informasi promo restoran setiap minggunya dan juga resep masakan untuk para pemula.

5. OpenRice

Open Rice

Mirip dengan pesaingnya, Zomato, Openrice memiliki sistem dimana user bisa memasukkan review pribadi mereka mengenai sebuah restoran atau tempat makan biasa. Anda dapat dengan bebas memberikan penilaian yang jujur terhadap suatu restoran yang Anda datangi sebagai sumber informasi bagi orang lain.

Selain review makanan dan minuman, website Openrice juga menyajikan halaman khusus artikel dimana pengunjung bisa membaca informasi-informasi menarik seputer kuliner dari Openrice.

Ingin memasak dengan resep menarik ? Openrice adalah jawabannya. Agar pengunjung merasa semakin terpuaskan, Openrice juga menyajikan aneka resep masakan dan minuman pada websitenya. Mereka juga menggunakan konten video untuk halaman resep sehingga bisa semakin memudahkan pembaca.

Desain bertemakan warna kuning dan putih yang cerah membuat pembaca nyaman ketika membaca dan melihat konten gambar (tidak gelap). Review dari user yang menggunakan bahasa sehari-hari pun membuat user lainnya lebih mudah memahami isi review.

6. Ceritaperut

Cerita Perut

Website Ceritaperut sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi tempat makan. Disini Anda dapat melihat rekomendasi restoran beserta dengan menu yang disajikannya. Ceritaperut juga memberikan informasi mengenai lokasi, nomor telepon serta jam operasional setiap restoran.

Untuk semakin meningkatkan nafsu makan pembacanya, Ceritaperut menampilkan foto-foto makanan dan minuman dengan teknik foodgraphy yang cukup baik. Dengan demikian Anda bisa langsung melihat seperti apa rupa makanan tersebut, bukan hanya membayangkannya saja.

Baca Juga  Perbedaan IP Address, Domain dan Hosting

Gaya penulisan yang digunakan oleh Ceritaperut adalah gaya penulisan sehari-hari sehingga dapat lebih memudahkan pengunjung website ketika membaca review mereka. Ceritaperut juga menyertakan video sebagai konten pendukung tulisan mereka.

Terakhir, Ceritaperut juga kerap memberikan tips atau trik bagi Anda yang ingin datang ke sebuah restoran tertentu. Misalnya menu rekomendasi, akses menuju restoran tersebut, budget yang harus disediakan dan sebagainya.

7. Resep Koki

Resep Koki

Disini, para pengunjung disuguhkan dengan puluhan hingga ratusan jenis resep masakan (makanan ringan dan berat) yang berbeda. Resepkoki memudahkan pengunjung untuk mencari jenis masakan yang mereka inginkan dengan cara mengelompokkan makanan seperti sayur, daging, ikan, mie, kue dan sebagainya.

Tidak hanya resep, Anda juga bisa mendapatkan banyak tips khusus yang berhubungan dengan dunia kuliner dari kolom “Tips”. Anda bisa melihat banyak tips mulai dari tips memasak sederhana hingga tips merawat dapur dan kebersihan kulkas rumah Anda.

Resepkoki menggunakan warna dasar merah dan putih pada setiap halamannya. Berdasarkan psikologi warna, warna merah akan memacu nafsu makan seseorang. Dengan demikian penggunaan konten warna sudah tepat pada website kuliner ini.

Website ini juga cocok untuk pengguna yang ingin membagikan resep khas miliknya sendiri dan mendapatkan penghasilan. Tak seperti website lainnya, Resepkoki dengan senang hati menerima resep Anda dan membayar royalti untuk penyebaran resep tersebut (syarat dan ketentuan berlaku).