Website Mobile Friendly

Apa Itu Website Mobile-Friendly?

Website mobile-friendly adalah website yang dirancang untuk bisa ditampilkan dengan baik pada perangkat atau layar yang lebih kecil, seperti pada smartphone Android atau iPhone dan tablet berukuran sedang.

Saat ini hampir seluruh orang di dunia sudah mengenal dengan baik mengenai jaringan internet dan paham menggunakannya dalam beragam perangkat. Bermula dari komputer dan laptop, bagi Anda yang menjalankan sebuah bisnis pasti memanfaatkan jaringan internet untuk memperluas dan meningkatkan kesuksesan bisnis Anda. Hal itu termasuk penggunaan smartphone atau tablet untuk mengakses website bagi bisnis Anda.

Website tradisional (yang tampil di layar komputer atau laptop), tidak secara umum diformat untuk tampilan ponsel dan masih belum memiliki performa yang baik ketika diakses melalui perangkat tersebut. Sementara sudah banyak perusahaan yang melakukan transisi website mereka untuk diaplikasikan pada perangkat ponsel, banyak juga yang masih tak menyadari bahwa hal ini merupakan masalah penting yang berpengaruh besar terhadap bisnis mereka.

Menurut hasil riset Google sendiri, 77% pencarian menggunakan ponsel dilakukan oleh pengguna dirumah, sementara 17% sisanya disaat mereka bepergian. Ini artinya, meskipun pengguna sedang berada dirumah mereka tetap cenderung menggunakan ponsel untuk melakukan pencarian di internet. Karena menurut pengguna pencarian menggunakan mobile cenderung lebih cepat dan nyaman, dibanding menggunakan pc atau notebook.

Selain itu hasil riset tersebut juga menyebutkan bahwa, 30% dari pengguna yang mengunjungi website saat menggunkan ponsel. Kemudian 57% mengunjungi toko offline, dan 51% melakukan transaksi pembelian. Sementara 39% pengguna yang menelpon toko/bisnis yang mereka temukan melalui pencarian mobile.

Penjelasan di bawah ini akan memberikan Anda informasi dan pertimbangan utama mengenai kompatibilitas website yang mobile-friendly dalam penerapannya bagi perjalanan bisnis Anda.

Apakah Website Perusahaan Anda Mobile-Friendly ?

Pada umumnya, Anda bisa mengatakan website Anda adalah website yang mobile-friendly ketika website tersebut mampu tampil dengan baik dan menyesuaikan dengan penggunaan layar yang lebih kecil.

Baca Juga  Perbedaan IP Address, Domain dan Hosting

Namun jika Anda masih tidak yakin, Google menawarkan Test Mobile-Friendly untuk memeriksanya. Anda cukup memasukkan URL website Anda, lalu Google secara otomatis akan menyampaikan hasil, apakah website Anda termasuk mobile-friendly atau tidak melalui sebuah tes. Anda bisa melakukan tes menggunakan form dibawah ini:

Aplikasi pada Google untuk melihat apakah website Anda adalah website yang mobile-friendly

Seperti Apa Website yang Mobile-Friendly ?

Desain website yang mobile-friendly juga berarti informasi yang tampil pada website Anda mulai dari gambar, teks, video dan link, dapat diakses dengan mudah pada setiap platform yang berbeda, terutama pada layar yang lebih kecil.

Contoh Perancangan Website Yang Mobile Friendly
Ilustrasi perancangan atau penerapan website yang mobile-friendly

Standar pembuatan website pada dekstop tidak berlaku untuk perangkat ponsel, dimana website harus disesuaikan dengan ukuran layar yang lebih kecil dan format konten yang mobile-friendly, termasuk :

  • Teks yang lebih besar dan mudah dibaca
  • Navigasi yang mobile-friendly
  • Elemen halaman dan tombol yang ramah digunakan
  • Proses download yang lebih cepat

Ketika merancang website untuk penggunaan di layar yang lebih kecil, Anda harus mengenali tiga perbedaan dasar antara perangkat ponsel dan dekstop :

  • Ruang yang terbatas
  • Perhatian atau fokus pengguna
  • Pengguna perangkat ponsel biasanya sudah memiliki tujuan yang pasti, mereka akan langsung mencari kata kunci dari informasi yang mereka inginkan

Oleh karena itu, pedoman utama bagi desain website pada perangkat ponsel adalah kesederhanaan dan spesialisasi. Setiap website harus disederhanakan dengan informasi yang cukup dan fungsi yang lebih sedikit. Ukuran tombol, link, teks dan gambar harus diubah menjadi lebih fungsional dan dapat dibaca. Navigasi melalui beberapa sub halaman juga harus diminimalkan dalam desain website yang mobile-friendly.

Mengapa Website Mobile-Friendly Penting Bagi Bisnis Anda ?

Semakin banyak pengguna yang mengakses website perusahaan Anda melalui perangkat ponsel, maka Anda harus memastikan semua pengguna mendapatkan pengalaman dan penilaian yang positif terlepas dari perangkat apa yang mereka gunakan.

Baca Juga  Membuat Website User Friendly

Jika website Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mendownload, atau tidak mudah untuk digunakan pada perangkat ponsel, maka pengguna akan beralih ke website saingan Anda.

Memiliki website yang dapat digunakan dengan baik pada perangkat ponsel memberikan banyak keunggulan, seperti :

  • Meningkatkan visibilitas pencarian
  • Meningkatkan pengalaman pengguna
  • Menambah daftar prospek klien
  • Meningkatkan identitas merek

Sejak tanggal 21 April 2015, Google mulai memberikan preferensi untuk mengoptimalkan website mobile melalui pencarian dari perangkat ponsel. Pada akhirnya, semakin pengguna website Anda memiliki pengalaman yang baik ketika membuka website Anda, maka semakin besar pula kesempatan mereka akan mengkonversikannya ke dalam bisnis baru.

Anda tidak akan pernah tahu kapan dan dimana target pengunjung Anda membuka website Anda, sehingga sangat penting agar website Anda siap untuk digunakan pada perangkat apapun.

Lebih lengkap mengenai pentingnya memilik website Mobile-friendly untuk bisnis bisa dibaca disini

Aspek Apa Yang Terlibat Dalam Pembuatan Website yang Mobile Friendly ?

Mobile Website Friendly
Sangat penting untuk menjaga website Anda agar terus mobile friendly

Jika saat ini website Anda masih belum mobile-friendly, maka Anda butuh beberapa pengembangan untuk dapat mengubahnya dan tidak ada cara otomatis untuk melakukan hal tersebut. Namun, jika website Anda sudah terancang dengan baik, maka proses selanjutnya yang harus Anda jalankan hanya proses sederhana seperti pada saat memperbarui template halaman.

Anda dapat mempertahankan skema desain dan konten yang sudah ada, ataupun menggabungkannya dengan desain baru untuk penggunaan pada perangkat ponsel. Dua cara paling umum adalah dengan membuat desain terpisah antara website untuk dekstop dan perangkat ponsel, atau mengembangkan website yang sudah ada untuk dapat diterapkan pada beragam ukuran layar.

Bagaimana Jika Website Anda Tidak Mobile-Friendly ?

Google saat ini semakin menuntut agar website dibuat menjadi sebuah wadah yang menyenangkan bagi para pengunjung. Mesin pencari raksasa akan menyoroti tiga jenis “cacat” pada website yang tidak mobile-friendly, yakni :

Baca Juga  15 Domain Name Generator Untuk Mencari Nama Domain

Teks yang tak dapat dibaca, atau gambar yang tak bisa dilihat dengan jelas tanpa dizoom atau di-scrolling
Konten yang tak dapat diputar
Tombol pada website yang tak dapat diklik

“Solusi yang paling mudah, efisien dan hemat biaya untuk mencapai website yang mobile-friendly adalah Responsive Web Design (RWD)” (Google).

Apa Itu Responsive Web Design (RWD) ?

RWD adalah teknik desain yang cerdas dengan menggunakan kode HTML dan URL tunggal untuk semua platform. Dengan demikian, website Anda akan termodifikasi dan disesuaikan dengan ukuran layar platform atau perangkat yang dipakai pengguna.

Trik dari RWD adalah bagaimana menggunakan fluid grid dan gambar yang felksibel. Ketika website mengidentifikasi ukuran layar yang lebih kecil dan mengubah proporsi sesuai dengan perangkat pengguna, maka website berubah ke tampilan yang lebih vertikal dan disederhanakan.

Pengunjung bisa dengan mudah men-scrol halaman website yang sudah mencakup semua hal penting. Tidak hanya itu, proporsi dan resolusi gambar yang ada pada website juga akan dusesuaikan dengan ukuran layar.

Selain RWD sebenarnya masih ada solusi lain untuk membuat brand atau bisnis Anda tetap terhubung dengan konsumen, yaitu dengan mengembangkan Mobile Apps atau Native Apps.

Sumber :

https://mobile1st.com/what-exactly-is-mobile-friendly-web-design-a-very-short-introduction/

https://www.hswsolutions.com/resources/why-a-mobile-friendly-website-is-important/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *