Website Untuk Promosi Musik

Website Promo Untuk Musisi Indie

Tidak hanya bisnis, namun internet juga memiliki pengaruh besar terhadap industri musik. Sharing file hingga ke promosi dengan cara digital marketing telah umum digunakan oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia musik saat ini.

Namun demikian, ternyata masih banyak musisi yang berjuang dalam memilih platform online yang tepat untuk mengupload, sharing dan mempromosikan musik mereka.

Sebenarnya ada banyak bahkan terlalu banyak platform yang bisa dipilih dan hal inilah yang terkadang justru menyulitkan para musisi. Harus diingat bahwa sangat penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana untuk mengatasi tiga pertanyaan ini :

  • Komunitas apa yang paling populer di antara target audiens Anda ?
  • Mengapa mereka berpengaruh ? Apa kemampuan mereka ?
  • Kondisi seperti apa yang bisa membuat Anda menempatkan mereka dalam rencana Anda ?

Berikut ini adalah platform untuk industri musik yang bisa Anda atau musisi lain ketahui dan coba gunakan. Jika Anda berhasil untuk menavigasi seluruh platform tersebut, maka besar kemungkinan musik yang Anda ciptakan dapat mencapai banyak pendengar dan bisa memberikan Anda kesempatan untuk mengembangkan fanbase yang berdedikasi.

1. SoundCloud

Website pertama adalah SoundCloud, sebuah tool yang hebat untuk berbagi atau sharing musik dengan orang lain bagi Anda yang berada di dunia musik. SoundCloud juga merupakan komunitas yang tepat untuk menemukan track (lagu) gratis yang ingin Anda dengarkan.

Setelah mendaftar, Anda akan didorong untuk mengupload track Anda sendiri. Hal ini sangat cepat dan mudah dilakukan jika memang Anda memiliki musik Anda sendiri yang akan Anda sharing.

SoundCloud

Jika Anda benar-benar menyukai sebuah lagu dan ingin sharing, website ini menyediakan embed player yang bagus. Kemudian, Anda juga bisa mem-follow artis tertentu untuk mendapatkan update ketika mereka menambahkan track baru pada akun masing-masing.

Baca Juga  Pengertian Konversi Website & Cara Meningkatkannya

Kelebihannya adalah para pendengar bisa memberikan komentar pada bagian(detik) tertentu dari sebuah lagu. Sehingga musisi bisa tahu musik seperti apa yang disukai oleh pendengar mereka.

Anda bisa menggunakan website ini secara gratis dan sangat menghibur ketika Anda sedang mencari musik baru.

2. Reverbnation

Reverbnation adalah sebuah website yang memiliki berbagai program yang dapat mendukung kegiatan bermusik Anda. Sebagai seorang musisi, Anda membutuhkan publisitas dan karena itulah Anda membutuhkan Reverbnation.

Reverbnation

Dengan website ini, Anda bisa mendapatkan follower dengan musik Anda. Selain itu, Anda juga memiliki perhitungan khusus mengenai jumlah lagu yang pernah didengarkan oleh orang lain untuk melihat tingkat kepopuleran akun dan musik Anda. Melalui fitur ini pula, Anda bisa tahu seperti apa reaksi para pendengar terhadap musik Anda.

Reverbnation memungkinkan Anda untuk bisa bertemu dengan musisi lainnya yang berpotensi. Dari sini, Anda kemudian bisa mendapatkan feedback ataupun saran mengenai musik Anda. Reverbnation dapat berintegrasi dengan akun MySpace, Twitter dan Facebook Anda. Semua follower Anda yang ada di sosial media tersebut pun dapat dimasukkan menjadi follower Reverbnation Anda.

Selain itu Reverbnation juga memiliki daftar musisi terbaik untuk setiap kota, jika musik Anda paling banyak didengar maka Anda akan berada pada posisi atas. Fitur ini sangat menguntungkan bagi musisi independen, karena bisa mengundang label rekaman untuk menghubungi Anda.

3. Last.fm

Last.fm

Last.fm adalah website yang sangat cocok bagi para penikmat musik dan juga sebuah wadah yang berpotensi besar bagi band atau musisi yang ingin mempromosikan musik mereka.

Last.fm menggabungkan jejaring sosial dan radio online. Setelah mendaftar masuk, Anda harus menginstal perangkat lunak Last.fm, yang akan mendeteksi pemutar musik Anda (misalnya Winamp, Windows Media Player atau iTunes). Setelah itu Last.fm akan mengumpulkan daftar musik yang biasa Anda dengarkan.

Baca Juga  Peran Instagram Untuk Bisnis Anda

Dengan cara ini, Last.fm bisa melakukan analisa mengenai band atau musik mana yang biasa Anda dengarkan. Dengan demikian Last.fm bisa merekomendasikan musik baru bagi Anda. Anda juga bisa menggunakan Last.fm untuk mendengarkan radio secara online.

Jika band Anda mirip dengan band lain menurut Last.fm, maka orang lain bisa mendengarkan musik Anda dengan mudah.

4. Bandcamp

Bandcamp

Bandcamp merupakan salah satu website yang sudah cukup populer di kalangan seniman muda sebagai wadah untuk menjual musik mereka.

Website ini mendapatkan penghasilan dengan cara mengambil 10-15% dari penjualan yang dilakukan melalui website. Namun Bandcamp hanya menerima konten yang merupakan lagu original. Sehingga Anda ataupun musisi lain yang mengkomposisikan lagu orang lain, tidak bisa menjual lagu tersebut melalui website ini.

5. Mixcloud

Mixcloud

Bagi Anda yang merupakan seorang DJ, maka Mixcloud adalah pilihan yang tepat untuk mempromosikan musik Anda. Beda dengan Soundcloud, tidak ada batasan ukuran file untuk meng-upload musik Anda disini.

Pengguna tidak bisa mengunduh konten dari Mixcloud dan hanya menerima musik campuran, bukan musik individual. Namun kebebasan yang ditawarkan disini adalah alternatif yang baik bagi Anda.

6. YouTube

YouTube

Jika nama Anda sebagai seorang musisi sedang beranjak naik, maka Anda harus meluangkan waktu dan usaha untuk secara profesional membuat video musik. Ketika sudah siap untuk membagikan konten video musik Anda kepada seluruh orang di dunia, maka itulah waktu agar Anda menguploadnya ke YouTube.

Cara ini juga tepat bagi band atau musisi yang tidak terlalu “kuat” pada aspek musik, melainkan memiliki keunggulan di aspek visual (dalam hal ini audio visual atau video musik). Selain mudah digunakan dan memiliki banyak tool, YouTube adalah platform utama untuk dapat dengan mudah menarik perhatian orang lain.

Baca Juga  Fidget Spinner Dan Ketenarannya Melalui Viral Marketing

7. 8Tracks

8Tracks memiliki pangsa persaingan hak cipta dan keterbatasan untuk menjaga agar semua label musik tidak merasa dirugikan. Namun secara keseluruhan 8Tracks merupakan tempat yang aman untuk mengupload dan berbagi kreasi Anda sendiri, ataupun untuk menemukan remix dan mixtapes.

8Tracks memiliki versi aplikasinya sendiri dan layanan yang diberikannya mendorong Anda untuk mem-follow pengguna lain yang menghasilkan musik berkualitas, mengupload musik dan menemukan musik sejenis lainnya.

8Tracks

Kelebihan dari 8Tracks adalah pencarian musik berdasarkan mood, misalnya “happy, sad, dll”, sehingga pencarian tidak hanya terpaku pada nama penyanyi, judul lagu dan genre saja. Fitur ini tentu bisa menguntungkan musisi Indie yang memiliki tema musik yang serupa dengan musisi besar lain, sehingga berkesempatan untuk bisa didengar oleh umum.

Bahkan terdapat musik campuran yang dibuat untuk kegiatan traveling, pendukung suasana kerja dan juga musik yang cocok untuk bertamasya.

Ketika membicarakan mengenai upload konten musik, Anda dapat menambahkan musik Anda sendiri dan berbagi musik campuran dengan tool tertentu. Anda juga bisa menentukan untuk membagikan konten Anda atau bahkan membuatnya secara private sehingga tak dapat diakses oleh orang lain.

8Tracks memiliki beberapa keterangan lisensi yang harus Anda ketahui di bagian FAQ, khususnya pada “Mix Creation” dan “Legal Stuff”.

Sumber :

http://www.independent.co.uk/life-style/gadgets-and-tech/news/soundcloud-best-alternatives-music-streaming-shutting-down-a6867446.html

https://techboomers.com/t/soundcloud-alternatives

https://www.comparakeet.com/band-website-builder/reverbnation-review/

http://blog.sonicbids.com/the-top-10-digital-platforms-to-upload-share-and-promote-your-music