3 Aplikasi Mobile Buatan Orang Indonesia yang Populer di Luar Negeri

Indonesia memiliki jalur yang tepat dalam urusan aplikasi dan teknologi. Setiap tahunnya, mahasiswa ataupun masyarakat Indonesia banyak sekali menuai prestasi, entah berhasil mendapatkan pendanaan startup ataupun memenangkan kejuaraan aplikasi dunia. Contohnya seperti yang didapat oleh Qlue, aplikasi media sosial tempat untuk melaporkan permasalahan kota secara real time. Aplikasi Qlue ini berhasil menjadi Grand Finalist Startup World Cup 2016.

Selain Qlue, tentunya masih ada cukup banyak aplikasi mobile lain buatan orang Indonesia yang juga tidak kalah membanggakan, bahkan hingga populer di luar negeri. Beberapa di antaranya bisa Anda cari tahun di bawah ini.

 

PicMix

 

 

Aplikasi yang dibuat oleh Calvin Kizana pada tahun 2012 ini sekarang menjadi salah satu aplikasi editing photo terbaik yang ada di Google Play Store. Pada awalnya, Calvin Kizana melihat fenomena Instagram sebagai media sosial yang sangat memanfaatkan popularitas sebuah foto. Dari situ, Calvin mencoba membuat sebuah aplikasi editing photo di Blackberry yang pada akhirnya bisa di-share di Instagram. Calvin membuat PicMix ini dengan beberapa temannya, yaitu Sandy Colondam, Revie Pitono, Vinsen Mego, Yogi Reberto, Christian, dan Nico.

Sebelum terkenal di Google Play Store, nama PicMix sempat merajai aplikasi di Blackberry. Bahkan beberapa kali PicMix menjadi aplikasi nomor satu dengan jumlah download terbanyak. Konsep awal dari PicMix ketika itu adalah bisa menggabungkan sebuah foto, menambahkan bingkai, dan sedikit ada fitur colour editing. Dari situ, PicMix mendapatkan nama sebagai aplikasi editing photo terbaik.

Sekarang PicMix masih bisa Anda temukan di Google Play Store. Dibandingkan dengan konsep awal dulu, PicMix sekarang sudah menjadi media sosial fotografi. Jadi, setiap pengguna PicMix bisa men-share hasil editing photo-nya. Dari sini Anda bisa melihat bagaimana ide sederhana bisa membawa PicMix menjadi salah satu aplikasi buatan Indonesia yang terkenal di luar negeri.

 

Baca juga:  5 Cara untuk Sukses dalam Membuat Aplikasi Mobile

Ramen Chain

 

 

Aplikasi kedua buatan orang Indonesia yang populer di luar negeri adalah Ramen Chain. Ini adalah aplikasi game yang sempat menjadi top 3 di negara besar Asia seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Hong Kong, dan Taiwan. Sebelum ini, sang studio developer yaitu Touchten sudah sukses membuat aplikasi Fun Toilet Games: Panda Adventures dan juga Sushi Chain. Konsep game-nya sangat sederhana, yaitu kisah anak muda dan keluarga dalam membuat sebuah toko ramen. Anda harus mempersiapkan pembuatan ramen, dari pembelian bahan hingga tahap penyajian.

Sampai sekarang Anda masih bisa memasang aplikasi Ramen Chain di Google Play Store ataupun App Store. Walaupun sebenarnya aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2013, Anda bisa sedikit nostalgia untuk membuat ramen dari kecil sampai besar.

Kaskus

 

Siapa sih yang tidak mengenal Kaskus? Dengan tagline “Forum Diskusi Terbesar & Jual Beli Paling Murah”, perjalanan Kaskus benar-benar sangat berliku. Tujuan awalnya hanya ingin mengobati kerinduan dengan teman-teman di Indonesia karena pada saat itu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi sebagai pendiri sedang kuliah di Amerika Serikat. Dari situ muncullah ide Kaskus yang merupakan jembatan terjadinya diskusi atau temu kangen para komunitas yang ada di Indonesia.

Pada zaman jayanya, Kaskus pernah menjadi satu-satunya rujukan update informasi di dunia internet Indonesia. Bahkan orang Indonesia yang berada di luar negeri menjadikan Kaskus menjadi jembatan silaturahmi dan tukar informasi.

Itulah ketiga aplikasi buatan Indonesia yang cukup populer di luar negeri. Salah satu benang merah yang bisa diambil adalah ketiga aplikasi ini sama-sama dibuat dengan ide awal yang sangat sederhana. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Sumber:
Boombastis: 6 Aplikasi Android Bikinan Orang Indonesia yang Melejit di Luar Negeri

Baca juga:  Cara Memilih Mobile App Developer yang Tepat untuk Anda