tools-konten-marketing

4 Tools untuk Bantu Anda Buat Konten Menarik

Membuat konten yang menarik untuk website Anda bukanlah hal mudah. Karena, Anda harus memikirkan berbagai aspek sebelum membuat konten yang akan dilihat oleh pasar Anda. Beda pasar, beda pula kontennya. Belum lagi dengan gaya penulisan yang tak bisa disamakan antara pasar satu dan yang lainnya. Daripada Anda terlalu bingung memikirkan ini semua dan jadinya tidak membuat konten satu pun, gunakan 4 tools di bawah ini untuk membantu Anda.

1. BuzzSumo

Tools satu ini membuat Anda mudah untuk melakukan riset tentang konten-konten yang sudah ada. BuzzSumo akan membuat daftar post populer yang kerap dicari oleh target audiens Anda dan menampilkannya dengan cepat. Sehingga, Anda tak perlu bingung untuk mengira-ngira apa yang sedang populer di kalangan target audiens Anda.

Hebatnya lagi, BuzzSumo bisa memberikan konten populer ini berdasarkan media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter hingga Pinterest. Mengapa Anda harus mengetahui ketiganya? Karena user behavior di masing-masing media sosial cukup berbeda. Sehingga konten yang menarik dari masing-masing media sosial pun akan berbeda. Dengan mengetahui hal ini, Anda akan bisa membuat strategi konten yang lebih komprehensif.

2. Google Docs

Bagi Anda yang bekerja dalam tim untuk membuat konten dan tim tersebut tidak berada dalam satu ruangan yang sama, sebaiknya Anda menggunakan Google Docs. Tools satu ini bisa mempermudah file sharing Anda dengan teman setim lainnya tanpa harus repot mengopi dari flash disk satu ke yang lainnya. Mereka pun bisa langsung memberikan perubahan di dokumen-dokumen yang ada.

Tools ini juga bisa dengan mudah bisa membuat Anda dan klien saling sharing data yang diperlukan. Sehingga, diskusi pembuatan konten dan pemberian hasil konten akan jauh lebih mudah dan ringan.

Baca juga:  8 SEO Tools Gratis untuk Kebutuhan Bisnis Anda

3. Yoast SEO

Berbeda dengan dua tools lainnya, Yoast SEO adalah tools yang harus diinstal di dalam WordPress. Pastinya ada sudah cukup familiar dengan WordPress, bukan? Dengan Yoast SEO Anda akan bisa dengan mudah menganalisa apakah konten Anda memiliki SEO yang bagus atau bukan. Apakah konten Anda sudah memiliki SEO yang optimal atau bukan dan sebagainya.

Yoast SEO juga bisa memberikan skor untuk konten yang Anda tulis di WordPress, apakah konten tersebut akan mudah ditemukan oleh para pembaca atau tidak. Jadi, Anda bisa melihat kira-kira konten yang Anda buat bisa memberikan hasil atau tidak. Yoast SEO juga memiliki sistem bahasa yang bisa dirubah, sehingga konten Anda akan bisa dinilai berdasarkan bahasa yang sesuai, tidak dengan bahasa Inggris saja.

4. Google Analytics

Yang satu ini tidak boleh dilewatkan oleh Anda. Dengan memiliki tools satu ini Anda bisa memantau kinerja konten-konten yang sudah Anda buat. Seberapa besar konten tersebut di lihat dan apakah target audiens Anda sesuai dengan hasil dari analisis Google, semua bisa Anda lihat dengan Google Analytics. Ingat, konten ramai tetapi bila tidak ada dari target audiens Anda yang melihat, artinya konten tersebut tidak tepat sasaran. Jadi, ada baiknya Anda untuk menganalisa konten yang sudah dibuat satu per satu dengan Google Analytics.
Empat tools di atas memang memerlukan pengalaman untuk menggunakannya. Anda mungkin akan bingung saat pertama kali memakai keempat-empatnya, namun jangan ragu untuk terus belajar karena bila sudah bisa menggunakan semuanya dengan baik konten Anda akan jadi jauh lebih berkualitas dan tersasar dari sebelumnya. Selamat mencoba!

Sumber : Top 15 Tools That Will Help You Create Better Content