mengapa harus rebranding

4 Hal ini Menjadi Alasan Mengapa Anda Harus Rebranding

Rebranding atau melakukan branding ulang pada usaha Anda memang bukan hal yang mudah. Tetapi bisa jadi ini adalah strategi terbaik untuk menyelamatkan perusahaan Anda.

Ada tanda-tanda yang bisa Anda ketahui sebelum memutuskan untuk rebranding. Apa saja? Baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Misi dari Perusahaan Anda Sudah Berubah

Hal pertama yang bisa menjadi alasan mengapa Anda harus rebranding adalah karena misi. Misi perusahaan Anda yang berubah bisa menjadi tanda bahwa Anda harus melakukan pergantian. Karena, brand yang Anda buat tak akan cocok lagi dengan misi dari brand baru ini.

Misi yang baru akan lebih susah disosialisasikan ketika Anda tidak melakukan rebranding. Pasalnya, para pelanggan atau orang yang sudah pernah melihat brand Anda akan kerap mengasosiasikan Anda dengan brand yang lama.

Sehingga, penjualan produk atau jasa yang benar-benar baru dari brand Anda akan lebih susah diterima oleh orang lain. Cobalah untuk melihat perusahaan-perusahaan besar yang sudah melakukan rebranding, Anda bisa belajar dari mereka.

Contohnya saja merek fashion Burberry. Merek ini dulunya dianggap sebagai gang wear atau pakaian yang digunakan oleh anak-anak jalanan. Sekarang, Burberry dikenakan oleh wanita-wanita termahal di dunia seperti Kate Moss atau Emma Watson.

Target Market yang Lama Sudah Terlalu Tua

Alasan kedua yang bisa Anda lihat adalah target market yang dulu menjadi sasaran Anda, kini sudah terlalu tua. Anda perlu mengingat bahwa banyak perusahaan yang terlambat untuk melakukan ini.

Meskipun pelanggan yang lama mungkin masih loyal, namun Anda perlu perhatikan juga potensi pelanggan baru. Target market Anda tak perlu berubah, cukup rebranding saja dengan sigap.

Ketika Anda telat untuk menyadari perubahan umur dan taste dari target market ini, Anda akan makin susah saat rebranding.

Anda Ingin Meluncurkan Produk Baru

Alasan lainnya mengapa Anda harus rebranding adalah karena Anda ingin meluncurkan produk baru yang benar-benar berbeda dari sebelumnya. Terutama bila produk Anda tidak cocok dengan pasar yang sekarang.

Baca juga:  7 Langkah Sebelum Memulai Digital Marketing

Namun untuk melakukan peluncuran produk baru ini Anda juga harus memikirkannya matang-matang. Apakah benar Anda membutuhkan produk baru dengan menarget pasar baru? Atau pasar lama masih bisa dipegang? Konsultasikan dengan tim Anda dengan baik untuk hal ini.

Kompetitor Selalu Lebih di Depan Daripada Anda

Apakah Anda merasa bahwa Anda selalu kalah dari kompetitor? Mungkin saatnya Anda rebranding. Bisa jadi dari awal Anda memang salah strategi, atau memang Anda sebaiknya menyasar pasar lain.

Diskusikan hal ini dengan baik bersama tim Anda. Juga pastikan bahwa Anda tidak salah strategi lagi saat rebranding.

Anda juga sebaiknya memeriksa langkah kompetitor Anda dalam membuat strategi pemasaran berbasis internet. Siapa tahu, website mereka memang lebih bagus dan nyatanya Anda hanya perlu mengubah wajah website Anda untuk membuat strategi pemasaran Anda lancar kembali.

Progress Tech menawarkan jasa pembuatan website yang pas untuk brand Anda dengan kualitas maksimal. Daripada Anda harus membuat sendiri dan justru memakan waktu lebih banyak, serahkan saja pembuatan website ini pada ahlinya.

Rebranding bukanlah hal yang mudah dan murah untuk dilakukan. Namun terkadang langkah ini diperlukan untuk menyelamatkan perusahaan Anda, atau untuk menambah profit.

Pikirkan strategi dan langkah Anda dengan matang bersama tim yang Anda percaya. Selamat mencoba!

Sumber:
Entrepreneur Top 10 Reasons to Rebrand Your Business (Infographic)