apa itu transformasi digital

Apa itu Transformasi Digital? Berikut 4 Hal yang Harus Anda Ketahui

Kata transformasi digital (digital transformation) mungkin sudah tak asing di telinga Anda. Apalagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia teknologi dalam waktu lama, juga bagi Anda yang memiliki perusahaan dengan basis digital.

Namun sebenarnya, apa arti dari transformasi digital itu sendiri? Apa dampak dan contohnya bagi masing-masing sektor usaha? Berikut adalah penjelasan singkat mengenai hal tersebut.

Ini adalah empat hal yang harus Anda ketahui tentang transformasi digital. Apa saja? Berikut ulasannya.

Apa itu Transformasi Digital

Digital transformation atau transformasi digital adalah sebuah transformasi dari bisnis. Cara transformasi ini berbeda dengan yang lain, karena transformasi digital hanya merujuk pada perubahan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital sebagai pilarnya.

Seperti Perubahan strategi pemasaran, model bisnis, operasi, produk, pendekatan pemasaran, objektif dan lain-lain yang kesemuanya dihubungkan hal-hal digital.

Seperti perubahan strategi pemasaran yang kini lebih menggunakan media sosial daripada iklan di media cetak, dan lain-lain.

Beberapa arti dari transformasi digital juga merujuk pada paperless atau tidak adanya penggunaan kertas lagi.

Seperti perusahaan yang menerapkan tidak adanya file yang dicetak atau perusahaan yang berubah dari percetakan buku menjadi perusahaan penerbit buku digital atau e-book.

Digital Transformation di Dunia Hospitality

Dunia hospitality seperti hotel dan lainnya memang menjadi salah satu yang terkena dampak positif dan negatif.

Positifnya, dengan adanya transformasi digital, mereka bisa membuat calon konsumen lebih mudah untuk memesan kamar atau melakukan pemesanan tentang berbagai hal lainnya dengan mudah.

Sedangkan sisi negatifnya, saingan mereka bertambah banyak. Tak jarang, ada yang membuat harga jadi jauh lebih murah dan kini sudah banyak hotel dengan harga murah yang memiliki fasilitas cukup baik.

Baca juga:  3 Alasan Mengapa UKM Wajib Memanfaatkan Transformasi Digital

Karena itu, banyak dari hotel yang bekerja sama dengan aplikasi travel berbasis online seperti Traveloka dan Trivago untuk membuat pemesanan kamar di tempat mereka makin mudah.

Tak jarang, mereka pun melakukan promo bagi siapa saja yang memesan lewat aplikasi online tersebut. Seperti potongan harga, atau tambahan sarapan gratis.

Adanya transformasi digital di dunia hospitality juga membuat inovasi baru. Seperti adanya perusahaan penyedia homestay secara online seperti AirBnB dan Airy.

Transformasi Digital di Dunia E-Commerce

Dunia eCommerce adalah dunia yang sangat terpengaruh oleh transformasi digital. Bagaimana tidak? perusahaan eCommerce pasti berhubungan dengan dunia digital.

Tak heran kalau banyak perusahaan yang mulai membuka diri mereka sebagai eCommerce. Contohnya saja dengan banyaknya eCommerce di Indonesia seperti Tokopedia atau Bukalapak yang berkembang dan jarang ada eCommerce yang gulung tikar karena besarnya minat belanja di Indonesia.

Transformasi Digital di Dunia Perbankan

Banyak layanan perbankan yang kini menggunakan digital transformation sebagai pilar untuk pendekatan mereka pada konsumen.

Salah satunya adalah adanya aplikasi mobile banking yang mempermudah transaksi keuangan konsumen. Juga adanya aplikasi pendukung lainnya untuk mempermudah kegiatan perbankan para konsumen.

Inilah empat hal yang harus Anda ketahui tentang transformasi digital. Ada banyak sekali dampak positif dan negatif dari adanya hal ini.

Tergantung dari bagaimana Anda bisa menyikapi dan menggunakannya sebagai strategi pemasaran yang baik untuk Anda, tentunya perusahaan Anda pasti akan bisa bertahan.

Tidak masalah untuk mengambil langkah besar untuk mempertahankan perusahaan di era digital transformation. Namun yang jelas, sebelum Anda mengambil langkah tersebut, pastikan Anda akan bisa bertahan dengan apa yang Anda miliki setelahnya.

Sumber:
Centric Digital What is Digital Transformation?