PROGRESS TECH - Belajar Mendesain Web untuk Pemula

Belajar Mendesain Web untuk Pemula

Kecanggihan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan membuat siapa saja dapat memiliki website sendiri dengan mudah. Namun, tentu saja Anda perlu mendesain website tersebut agar terlihat lebih ‘hidup’ dan tidak membosankan. Nah, tak harus menjadi seorang desainer grafis untuk bisa mendesain web, berikut panduan lengkap mendesain web untuk pemula yang ingin mempercantik tampilan situsnya. Yuk simak!

Pelajari dasar-dasar HTML

Hal paling mendasar yang harus dipelajari ketika Anda hendak mendesain web adalah mengenai HTML. Dengan begitu proses desain website akan berjalan lebih mudah sebab Anda memahami step-by-step yang harus dikerjakan. Anda akan memulai dari halaman yang kosong untuk mendapatkan manfaat secara penuh, mengenai dasar menuliskan kode sebuah halaman. Hal inilah yang menjadi pondasi dasar dimana semua desain Anda selanjutnya dapat dibangun.

Perhatikan tipografi CSS

Setelah memahami dasar-dasar HTML, Anda pun perlu memperhatikan tipografi CSS. Idealnya, Anda harus memulai sebuah halaman website dengan tipografi yang kuat, sementara halaman selanjutnya akan menggunakan tipografi serupa dari halaman awal tadi. Untuk alasan ini, penting untuk memahami bagian tipografi dari proses memulai desain. Apa yang Anda buat di dalam software desain harus sesuai dengan tipografi CSS.

Cermati tata letak CSS

Sebuah halaman website akan memiliki bagian-bagian, seperti header, body, hingga footer. Tentunya masing-masing bagian ini ada ukurannya masing-masing dengan tata letak yang sudah diatur sejak awal. Apabila Anda mengabaikan tata letak CSS, bisa jadi desain website yang Anda buat nantinya justru tidak sesuai dengan ukuran halaman atau bahkan terpotong begitu saja. Sebagai pemula wajib hukumnya bagi Anda untuk mencermati tata letak CSS.

Gunakan warna secara efektif

Selanjutnya, agar tampilan web tidak monoton, Anda perlu menambahkan warna-warna tertentu sesuai keinginan. Namun, sebaiknya gunakan warna utama dan warna kontras untuk link. Misalnya, logo menggunakan warna putih, latar belakang gelap di bagian header, lalu link berwarna oranye yang diambil dari logo. Dengan begitu, hasil desain web Anda terlihat lebih rapi dan bersih.

Baca juga:  9 Tips Membuat Website Mobile-Friendly

Perhatikan juga penggunaan warna dan kombinasinya. Desain sederhana dengan warna putih sangat disarankan untuk menciptakan tampilan yang profesional dan elegan. Desain web yang minimalis ini juga tidak mengganggu pandangan audiens saat membaca konten di dalam website Anda.

Memanfaatkan jasa desain website

Jika tak punya banyak waktu untuk mempelajari desain web, Anda pun dapat memanfaatkan jasa desainer grafis yang saat ini mulai menjamur. Umumnya, desainer grafis ini akan mendesain halaman web Anda sesuai dengan yang Anda inginkan. Terlepas dari apakah website tersebut untuk company profile atau e-commerce, dengan desain web yang menarik maka visibilitas brand bisnis Anda di internet semakin meningkat serta lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

Menggunakan template desain website

Selain memanfaatkan jasa desainer grafis, Anda pun dapat menggunakan template desain website yang disediakan di beberapa situs online. Template ini umumnya berbayar untuk versi yang lebih premium, sementara template sederhana bisa Anda dapatkan secara Cuma-Cuma alias gratis. Namun, tentu saja template desain website tidak bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan Anda.

Bagaimana dengan desain website Anda saat ini? Jika belum tampil menarik, mulailah untuk mencari inspirasi desain grafis yang sesuai dengan website Anda. Kemudian segera coba sendiri langkah mudah mendesain web untuk pemula yang sudah dijelaskan tadi. Semoga berhasil!

Sumber : How To Teach Web Design To New Students In Higher Education