berapa biaya adwords

Berapa Biaya Google Ads?

Google Ads adalah platform pengiklanan online paling sukses saat ini dan menjadi sumber pendapatan Google sebesar 90%. Hampir secara keseluruhan, Google Ads menjalankan sistem iklan cost per click (CPC) di mana pengiklan harus membayarkan sejumlah biaya untuk keyword yang sudah dipilih.

Banyaknya kemudahan yang diberikan Google Ads kemudian banyak membuat pengiklan atau perusahaan bertanya-tanya berapa biaya Google Ads yang dibutuhkan jika ingin iklan mereka bisa tersampaikan secara maksimal.

Berapa Biaya Google Ads?

Nilai atau biaya Google Ads yang harus dibayarkan bervariasi tergantung pada keyword dan tingkat saingan termasuk posisi ranking iklan terkait.

Anda diminta untuk memasang harga atau biaya pada setiap keyword yang Anda pilih sesuai dengan keinginan ranking/posisi iklan Anda. Umumnya ada 10 posisi dengan ranking yang tinggi sehingga mempengaruhi besarnya biaya yang dibutuhkan.

Rata-rata biaya Google Ads yang termurah di Indonesia dimulai dari Rp 500 untuk keyword bagi brand Anda sendiri.

Sementara jika kisaran harga per-klik untuk produk atau jasa sekitar Rp 1.000 sampai Rp 5.000 bahkan bisa lebih sampai Rp 10.000 untuk keyword yang sangat kompetitif.

Semakin Banyak Biaya Semakin Banyak Klik?

Pada Google Ads pengiklan tidak bisa dengan mudah menetapkan biaya per-klik yang jauh lebih tinggi dibanding pengiklan lain dengan harapan iklan berada pada posisi pertama.

Tetapi posisi iklan, biaya dan jumlah klik yang didapatkan oleh pengiklan sangat bergantung pada banyak faktor.

Hal-hal yang menjadi faktor biaya keberhasilan kampanye Google Ads adalah, jenis keyword, kompetisi, kualitas konten website Anda.

  • Jenis keyword

Biaya per-klik untuk keyword produk yang memiliki kompetisi tinggi seperti “sepatu” pasti akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan keyword untuk produk yang jarang dicari.

  • Kompetisi

Seberapa banyak pengiklan lain yang menggunakan keyword tersebut, jika cukup banyak maka harganya juga meningkat. Tapi faktor kompetisi tidak menjadi satu-satunya faktor utama yang menjadi penentu harga per-klik.

  • Kualitas content landing page

Ini mungkin salah satu hal yang paling dilupakan oleh pengiklan. Google Ads akan melakukan pengukuran terhadap perilaku pengguna yang melakukan klik terhadap iklan Anda. Lalu akan dimonitor apakah mayoritas pengguna akan browsing cukup lama pada website Anda atau langsung meninggalkan website.

Baca juga:  Cara Menggunakan Instagram Stories Sebagai Media Marketing

Algoritma Google Ads akan melihat relevansi keyword dan iklan Anda, semakin tidak relevan sebuah iklan maka biaya per-klik yang harus dibayar semakin mahal dan semakin sulit muncul di posisi atas.

Sistem seperti ini bertujuan untuk menampilkan iklan yang relevan dan berkualitas pada pengguna. Jika setiap iklan yang diklik oleh pengguna tidak sesuai dengan yang mereka cari maka lambat laun Google sendirilah yang akan ditinggalkan pengguna.

Biaya Google Ads Diatur Setiap Harinya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biaya Google Ads Anda dikelola dengan menetapkan tingkat budget harian. Hal ini berarti, iklan Anda akan berhenti tayang jika budget harian Anda sudah habis. Google Ads tak akan lagi menampilkan iklan Anda hingga hari berikutnya.

Anda bisa mengatur nilai budget harian serendah mungkin, misalnya Rp 50.000 per hari. Idealnya, nilai minimal budget harian untuk Google Ads dimulai dari Rp 50.000 atau Rp 100.000.

Jika Anda menetapkan nilai yang terlalu rendah, maka hasil yang didapatkan tidak akan semaksimal jika Anda menetapkan nilai yang lebih tinggi.

Agar efisien, sebaiknya Anda menargetkan keyword yang paling relevan dengan produk atau layanan yang Anda berikan. Pastikan pula keyword tersebut banyak dicari di daerah atau sektor geografis yang relevan.

Ingat, Google Ads kurang cocok digunakan untuk beriklan/berjualan secara cross geografis atau cross substitute walaupun Google Ads memungkinkan Anda beriklan secara global.

Google Ads kaya akan fitur yang canggih dan terus dikembangkan. Karenanya tidak jarang dibutuhkan seorang ahli yang direkrut untuk mengelola aktivitas kampanye Google Ads dalam sebuah perusahaan.

Apa Google Ads Memberikan Jaminan?

Google menyediakan jaminan bahwa total biaya bulanan Anda tak akan melebihi budget harian dikali dengan jumlah hari di bulan tersebut. Jika hal itu terjadi maka akun Anda akan secara otomatis menerima kredit dengan jumlah yang telah melebihi anggaran Anda.

Baca juga:  Pentingnya Video Marketing Untuk Bisnis

Selain itu, Google Ads juga akan mengkreditkan klik atau mengembalikan uang Anda jika klik tersebut dianggap penipuan atau kesalahan oleh sistem. Cara ini melindungi Anda dari pesaing yang terus-menerus mengklik iklan Anda dengan tujuan merugikan Anda.

Ketika Anda baru memulai sebuah website sebagai strategi pemasaran awal website Anda bisa menggunakan Google Ads (PPC) untuk mendukung strategi SEO juga tentunya.

Sumber:
Adhesion: How much does google AdWords cost?