bingung transformasi digital

4 Cara Bantu Pegawai untuk Tidak Bingung dengan Transformasi Digital

Apapun bentuknya, perubahan merupakan suatu hal yang cukup menyulitkan dalam kehidupan. Hal ini juga berlaku pada industri bisnis yang berencana untuk melakukan perubahan dalam bentuk transformasi digital.

Anda mungkin sudah merasa siap untuk membawa bisnis pada perubahan tersebut, tetapi bagaimana dengan para pegawai Anda?

Anda harus memastikan bahwa seluruh pegawai di perusahaan juga siap menghadapi transformasi digital tersebut.

Tujuannya tentu agar mereka dapat mengoptimalkan berbagai perangkat atau software digital secara maksimal. Dengan begini, operasional bisnis akan berjalan lancar.

Adakan sesi tanya jawab dengan pegawai

Komunikasi menjadi kunci penting dalam transformasi digital di perusahaan. Umumnya, orang cenderung akan menolak perubahan jika perubahan tersebut dipaksakan pada mereka.

Nah, dialog dapat menjadi “jembatan” untuk mengatasi hal tersebut. Luangkan waktu untuk mengadakan sesi tanya jawab di mana pegawai dapat mengutarakan kebingungan, kekhawatiran, atau pertanyaan terkait dengan transformasi digital.

Pada kesempatan ini pula, Anda bisa menjelaskan tentang transformasi digital seperti apa yang akan dilakukan oleh perusahaan, tujuan yang hendak dicapai, dan hal-hal apa saja yang dibutuhkan agar transformasi berjalan lancar.

Bahkan jika penerapan transformasi digital selesai diterapkan, komunikasi yang terbuka sebaiknya tetap harus dilakukan agar pegawai dapat memberikan feedback mereka.

Jika memungkinkan, pegawai bisa diikutkan training

Transformasi digital tak hanya mengubah jalannya operasional bisnis di perusahaan, tetapi juga menuntut pegawai untuk bisa keep up. Pasalnya, dinamika kerja pasti akan berubah.

Apabila hal ini tidak diimbangi dengan kemampuan pegawai yang mumpuni, efisiensi dan produktivitas kerja bisa saja terganggu.

Nah, jika Anda atau pihak manajemen lain merasa kurang mampu untuk membantu pegawai lain mempersiapkan diri terhadap transformasi digital, maka tak ada salahnya untuk mendaftarkan mereka dalam training khusus.

Baca juga:  4 Quote dari "Star Wars" yang Bisa Jadi Inspirasi untuk Perubahan Perusahaan Anda

Tak hanya memberi segala informasi terkait transformasi digital, training seperti ini biasanya juga akan membantu pegawai untuk belajar tentang skill yang dibutuhkan dalam menjalani transformasi digital tersebut.

Dengan begini, pegawai bisa mengurangi kekhawatiran atau frustrasi yang dirasakannya terhadap perubahan di perusahaan.

Beri kesempatan untuk bereksperimen

Meski kini kita memang telah memasuki era digital, bukan berarti transformasi digital merupakan hal yang nyaman dilakukan oleh para pegawai Anda.

Bagi beberapa pegawai, transformasi digital di perusahaan bisa saja memaksa mereka untuk keluar dari zona nyaman.

Nah, kenyamanan dalam bekerja bisa terjadi jika pegawai mengetahui seluk beluk di dalamnya. Oleh sebab itu, agar transformasi digital ini bisa menjadi zona nyaman baru bagi pegawai untuk bekerja, berilah kesempatan bagi mereka untuk bereksperimen tanpa harus takut melakukan kesalahan.

Biarkan mereka mengeksplorasi software atau perangkat baru yang memang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi.

Pimpinan level-C harus bersedia berkolaborasi

Perlu diingat kembali bahwa transformasi digital tidak hanya ditujukan pada pegawai, tapi juga jajaran manajemen dan pimpinan level-C.

Jadi, setelah transformasi digital berhasil diterapkan dan pegawai terlihat sudah siap mengimplementasikannya, jangan meninggalkan mereka begitu saja.

Pimpinan level-C harus bersedia untuk berkolaborasi dengan pegawai-pegawai mereka. Lagipula, berbagai software digital yang diimplementasikan memang sudah seharusnya memudahkan pegawai dan pimpinan untuk berkolaborasi.

Tunjukkan sikap positif bahwa Anda antusias terhadap transformasi digital ini sehingga pegawai akan menunjukkan sikap yang sama.

Walau Anda sudah merasa siap melakukan transformasi digital, belum tentu pegawai Anda juga merasakan hal yang sama. Karenanya, bantu mereka mempersiapkan diri dengan keempat cara di atas. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *