bisnis offline ke online

9 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Go Online

Seperti yang sudah diketahui, bisnis online kini sudah mulai merajai pasar. Hampir semua perusahaan memiliki website untuk bertransaksi dengan pelanggan atau hanya sekedar memperkenalkan bisnis mereka.

Bahkan banyak juga perusahaan yang memutuskan untuk beralih dari bisnis offline ke bisnis online agar tak kalah dalam bersaing dan produk yang mereka jual dikenal oleh masyarakat luas.

Jika Anda masih ragu untuk beralih bisnis offline ke online, perhatikan beberapa alasan berikut:

1. Meningkatkan Citra Perusahaan

Alasan pertama mengapa Anda harus mengubah bisnis offline ke online adalah untuk meningkatkan citra perusahaan. Tanpa adanya website, blog atau keberadaan online sama sekali, pelanggan dan klien bisa mempertanyakan keseriusan bisnis Anda.

Pasalnya saat ini semua perusahaan dari berbagai industri sudah melebarkan sayap mereka ke dunia digital. Jika perusahaan atau bisnis Anda tidak “hadir” secara online, terdapat kemungkinan prospek terbaik sekalipun dapat meragukan Anda.

2. Ketersediaan 24 Jam

Bisnis Anda memiliki banyak keterbatasan jika tak terhubung dengan jaringan internet, salah satunya adalah waktu beroperasi. Misalnya saja restoran, supermarket atau mall yang hanya dibuka pada waktu tertentu. Sedangkan bisnis online dapat terus berjalan selama 24 jam penuh tanpa batasan.

Pelanggan dan calon prospek bisa mendapat informasi tentang produk/jasa Anda dan melakukan transaksi kapanpun mereka inginkan. Bahkan di hari libur pun bisnis Anda tetap bisa berjalan secara maksimal.

3. Customer Service yang Lebih Maksimal

Jaringan internet memberikan Anda akses tak terbatas untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam waktu singkat. Anda bisa dengan mudah membuat video tutorial, memecahkan masalah tertentu, hingga melayani pelanggan baik secara langsung maupun menggunakan chat bot.

Ada banyak hal yang bisa didapat pelanggan dari website atau media sosial perusahaan Anda, seperti:

  • Membaca spesifikasi produk
  • Mengetahui promo tertentu
  • Mendapat penjelasan mengenai masalah yang terjadi
  • Mempelajari perusahaan Anda, dan sebagainya
Baca Juga  15 Fitur yang Wajib Dimiliki Toko Online

Pada dasarnya kehadiran Anda secara online memungkinkan orang lain untuk mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan. Ini artinya Anda tidak harus selalu berjaga-jaga menerima telepon untuk melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan.

4. Tidak Memerlukan Biaya Besar

Membangun bisnis online tidak menuntut Anda untuk mengeluarkan biaya yang besar. Anda tidak harus memiliki bangunan kantor yang besar, membeli kendaraan operasional dan banyak karyawan.

Melainkan, tugas utama Anda adalah memilih jasa pembuatan website yang tepat untuk membangun website yang diinginkan. Ada banyak jasa pembuatan website yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Ada web developer berbentuk perusahaan, namun ada juga web developer yang merupakan seorang freelancer. Dengan budget yang minim Anda bisa  menggunakan jasa pembuatan website dan mendapatkan website dengan tampilan profesional.

Bahkan Anda bisa membuat website sendiri tanpa biaya apapun. Jika Anda sudah berbisnis secara offline sebelumnya, maka peralihan dari bisnis offline ke online bisa dengan mudah dilakukan.

Pasalnya Anda sudah memiliki pelanggan yang mengenal bisnis Anda sebelumnya. Teruskan upaya penjualan produk/jasa dengan metode baru yaitu secara online, termasuk melakukan promosi dengan media sosial.

5. Internet Memudahkan Pengembangan Bisnis

Kemampuan lain internet adalah mendekatkan semua orang tanpa batasan jarak dan waktu. Ini berarti, jarak Anda dan pelanggan juga sangat dekat.

Kehadiran toko online memudahkan Anda menerima transaksi dan pembayaran. Selain itu toko online juga memungkinkan bisnis Anda untuk dikenal oleh semua orang dari belahan dunia manapun, sehingga tentu saja beberapa hal tersebut dapat mengembangkan bisnis Anda.

Tugas Anda untuk mencapai tujuan bisnis secara online adalah memastikan bisnis dan website Anda berjalan dengan efektif. Salah satu caranya adalah dengan terus meningkatkan traffic dan peringkat website.

Baca Juga  5 Cara Memulai Bisnis Online

Semakin banyak orang yang “menemukan” Anda, maka semakin banyak pula prospek dan penjualan yang bisa didapatkan.

6. Dapat Bekerja di Mana Saja

Berbisnis secara online memungkinkan Anda untuk bekerja di mana saja selama Anda memiliki perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

7. Menekan Biaya Operasional

Menyambung dari poin-poin sebelumnya, perpindahan dari offline ke online dapat menekan biaya operasional. Misalnya, Anda tidak membutuhkan SPG (Sales Promotion Girl), menyewa toko fisik, membeli perlengkapan toko dan pengeluaran operasional lainnya.

Anda juga bisa mengurangi jumlah karyawan mengingat banyak kegiatan operasional yang bisa dilakukan secara otomatis menggunakan software. Contohnya seperti customer service yang sudah disebutkan sebelumnya, pemasaran secara online dan transaksi secara online.

8. Menyasar Target Secara Global

Bisnis offline membatasi Anda untuk bisa mencapai target di area yang lebih luas. Namun dengan website, jutaan orang dapat melakukan transaksi dengan Anda sekaligus. Bayangkan potensi perkembangan bisnis Anda jika produk dan jasa Anda terekspos ke semua lokasi yang Anda inginkan.

9. Meningkatkan Kemampuan Perusahaan dalam Bekerja

Keuntungan berbisnis secara online lainnya adalah pekerjaan dapat diselesaikan secara lebih cepat, baik untuk menyampaikan penawaran, mengurus pesanan pembelian, konfirmasi pesanan, hingga mengatasi masalah pelanggan.

Hal ini tentu saja disukai oleh para pelanggan, mereka ingin bisa menyelesaikan transaksi dan mendapat produk/jasa yang diinginkan dalam waktu singkat.

Sumber:
TheBalance: 9 Reasons Your Offline Business Must Have an Online Presence