Cara-Facebook-Dynamic-Ads

Begini Cara Facebook Dynamic Ads Membantu Meningkatkan Penjualan

Dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif setiap bulannya, Facebook menjadi media sosial yang sangat populer. Begitu juga di kalangan pebisnis dan digital marketer. Jumlah pengguna yang banyak memberi kesempatan kepada mereka untuk menjangkau konsumen secara lebih luas.

Tak heran jika banyak digital marketer yang menggunakan Facebook untuk melangsungkan kampanye digital. Di sisi lain, Facebook pun paham betul akan potensinya ini.

Mereka sudah mengeluarkan berbagai fitur yang bertujuan memudahkan digital marketer untuk melakukan marketing dan mengembangkan bisnis. Salah satu fitur yang paling diunggulkan adalah Facebook Dynamic Ads.

Pada dasarnya, Facebook Dynamic Ads adalah sebuah fitur untuk memfasilitas orang-orang yang ingin beriklan di Facebook. Nah, keunikannya adalah fitur ini menggunakan data feeds untuk menghasilkan dan menayangkan jutaan iklan yang unik.

Bentuk iklannya pun bermacam-macam, mulai dari foto biasa hingga carousel. Dengan karakteristiknya ini, Facebook Dynamic Ads dapat membantu Anda meningkatkan penjualan e-Commerce. Bagaimana caranya?

jasa pembuatan website

1. Bisa mempromosikan seluruh produk di katalog Anda

Anda yang memiliki bisnis online shop kemungkinan besar menjual banyak produk. Rasanya akan sangat merepotkan jika Anda harus mempromosikan satu per satu produk dalam satu iklan berbeda.

Namun, Anda tak perlu melakukan hal tersebut jika menggunakan Facebook Dynamic Ads. Fitur ini telah dirancang untuk mampu mempromosikan seluruh produk Anda dengan memanfaatkan template yang scalable.

Artinya, Anda hanya perlu membuat satu iklan dan Facebook akan secara otomatis mengumpulkan berbagai informasi relevan dari data feed produk Anda untuk kemudian dipromosikan kepada target audiens yang sesuai.

Informasi produk ini bisa berupa nama, harga, foto, hingga ketersediaan. Sangat praktis, bukan?

2. Kustomisasi target audiens, lebih tepat sasaran

Sebagus apa pun suatu iklan yang dipromosikan, hal tersebut akan percuma jika target audiensnya tidak sesuai karena pesannya tidak tersampaikan dengan tepat.

Baca juga:  Website Promo Untuk Musisi Indie

Nah, Facebook Dynamic Ads dapat menghindari hal tersebut melalui fitur Facebook Pixel, yakni sebuah platform yang memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi target audiens dari iklan Anda.

Pada fitur ini, Facebook telah menyematkan teknologi dan algoritma khusus yang membuatnya dapat melakukan tracking informasi audiens secara mendetail.

Kustomisasi target audiens tidak hanya terbatas pada hal-hal seperti jenis kelamin atau usia, tetapi juga yang lebih mendalam seperti ketertarikan audiens, topik-topik yang sering dibicarakan, hingga konten seperti apa yang paling disukai.

Nah, dengan iklan yang dipromosikan secara tepat sasaran, target audiens pun akan lebih relate terhadap iklan tersebut. Peluang mereka untuk melakukan pembelian pun semakin besar.

Artinya, semakin spesifik kustomisasi yang Anda lakukan, maka semakin besar pula peluang untuk menghasilkan penjualan.

3. Retargeting pengunjung online shop di tahap tertentu

Anda yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia digital marketing pasti tak asing lagi dengan banner iklan online. Nah, banner iklan tersebut biasanya hanya menarget audiens secara acak, berbanding terbalik dengan Facebook Dynamic Ads yang cenderung spesifik.

Tak hanya itu, Facebookk Dynamic Ads ini juga sangat fleksibel. Anda bisa melakukan retargeting audiens atau kustomisasi ulang berdasarkan fase sales funnel tertentu.

Misalnya, minggu lalu Anda untuk pertama kalinya memasang iklan di Facebook Dynamic Ads. Lalu, hari ini Anda melakukan retargeting untuk menayangkan iklan hanya pada target audiens yang sudah melihat halaman produk Anda.

Tujuannya bisa agar mereka kembali ingat dengan produk Anda. Tentunya Anda juga dapat melakukan retargeting pada fase sales funnel lain, misalnya untuk audiens yang sudah terdaftar pada mailing list atau audiens yang sudah pernah melakukan pembelian.

Baca juga:  19 Alasan Memiliki Website Untuk Bisnis

4. Memonitor hasil penggunaan Facebook Dynamic Ads

Setelah menayangkan iklan, Anda tentu ingin mengetahui seberapa sukses iklan tersebut menghasilkan pembelian.

Tak perlu khawatir akan hal tersebut karena Facebook Dynamic Ads juga menawarkan seperangkat fitur untuk membantu Anda memonitor kampanye iklan Anda. Berdasarkan hasil yang didapat dari monitoring tersebut, Anda bisa mengambil keputusan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Selain itu, adanya fitur monitoring juga memungkinkan Anda untuk melakukan tes kampanye iklan secara lebih mudah. Misalnya, katakanlah Anda akan mengiklankan dua produk berjenis sama, tetapi dengan dua desain iklan berbeda.

Nah, dari hasil monitor Facebook Dynamic Ads, Anda bisa mengetahui iklan mana yang memberikan hasil lebih baik. Anda pun dapat mengoptimalkan desain iklan tersebut untuk produk-produk lain.

Beriklan di media sosial telah menjadi salah satu strategi digital marketing yang ampuh menggaet konsumen. Facebook Dynamic Ads memberikan kemudahan kepada Anda untuk melakukan hal tersebut. Anda pun bisa meningkatkan angka penjualan secara lebih praktis dan efisien.

Sumber :
Productsup : Facebook Dynamic Ads