cara membeli domain

Panduan Cara Membeli Domain untuk Pemula

Perkembangan teknologi saat ini menuntut setiap perusahaan maupun pelaku bisnis untuk memiliki website guna merepresentasikan bisnis mereka secara online. Dalam hal ini, sebuah website tentu memerlukan sebuah nama domain atau lebih dikenal dengan sebutan URL atau alamat website.

Pada dasarnya domain adalah serangkaian kata yang akan membawa Anda ke IP server tertentu ketika kata tersebut diketik pada browser. Dengan kata lain, domain atau Domain Name Server (DNS) adalah alamat sebuah website, seperti progresstech.co.id dan karyaone.co.id.

Nama domain harus dibuat unik namun juga sederhana agar mudah diingat oleh user. Dengan demikian user dapat dengan mudah menemukan website Anda.

Anda bisa mengandalkan web developer untuk membuat website, namun bagaimana cara membeli domain untuk website tersebut? Nama domain tidak bisa didapatkan begitu saja, melainkan harus dibuat dan dibeli.

Sebelum mengetahui cara membeli domain, ketahui dulu bahwa domain bisa didapatkan dengan dua cara. Yang pertama adalah membeli lalu mendaftarkan domain baru atau membeli domain yang sudah pernah digunakan sebelumnya.

Ikuti panduan cara membeli domain berikut ini:

Membeli domain baru

1. Periksa Ketersediaan Domain

Jika Anda sudah memiliki ide nama domain, cari tahu apakah nama tersebut masih tersedia atau tidak. Anda perlu memastikan bahwa nama domain tersebut belum pernah digunakan website lain atau belum.

Cara memeriksa ketersediaan nama domain cukup mudah. Anda hanya perlu memilih jasa penyedia jasa web hosting dan domain. Penyedia jasa tsb. selalu memiliki fitur untuk memeriksa ketersediaan domain. Di fitur tsb. input nama domain yang anda inginkan, fitur tsb. akan memeriksa apakah nama domain tsb. sudah ada yang mendaftarkan atau belum.

Baca juga:  Berapa Lama Waktu Pembuatan Website

Jika nama domain yang Anda inginkan tidak tersedia, lihat apakah ekstensi (contoh : .biz, .net, .co) yang berbeda masih tersedia atau tidak sebagai pengganti domain tersebut.

2. Daftarkan Nama Domain

Setelah nama domain Anda sudah terverifikasi masih tersedia, maka langkah selanjutnya untuk membeli domain adalah mendaftarkan nama domain tersebut.

Buka domain registar (organisasi yang mengelola nama domain, daftarkan nama domain dan pilih jangka waktu untuk menggunakan nama tersebut. Anda bisa memilih kontrak tahunan atau langsung untuk jangka panjang.

Biaya pembelian domain akan disesuaikan dengan jangka waktu yang Anda pilih dan kualitas nama domain tersebut. Semakin tinggi permintaan untuk nama domain tertentu, maka akan semakin tinggi pula biaya yang ditetapkan.

Anda juga bisa membeli nama domain langsung dari website builder, seperti Wix dan Weebly. Kedua website builder tersebut akan memberi Anda nama domain kustom gratis selama setahun jika Anda mendaftar ke paket tahunan mereka.

Bagaimana Cara Membeli Domain yang Sudah Pernah Digunakan?

Apakah Anda menginginkan nama domain yang sedang digunakan website lain? Jika ya, maka sebenarnya Anda bisa mendapatkannya selama pemilik website tersebut tak memperpanjang kepemilikan nama domain.

Anda dapat memilih untuk membeli domain aktif dan mentransfer kepemilikan melalui layanan seperti domain name escrow.

Definisi Domain Name Escrow

Pada dasarnya domain name escrow adalah pihak indipenden yang membantu proses jual-beli nama domain. Website domain name escrow memungkinkan Anda untuk membeli nama domain secara lebih aman dari pemilik domain yang ingin menjual domain mereka.

Beberapa contoh website domain name escrow adalah Escrow.com, Sedo, dan Moniker.

Cara Membeli Nama Domain Menggunakan Escrow

Gunakan escrow untuk bisa melakukan transaksi yang aman dengan penjual domain dengan cara sbb.:

Baca juga:  Pengertian IP Address dan Perbedaannya Dengan Domain

Atur transaksi melalui escrow antara Anda dan penjual domain
Buat akun escrow pada salah satu website escrow, lalu pastikan kedua belah pihak telah memahami kelengkapan transaksi, termasuk nama domain dan harga yang disetujui.

Tentukan cara pembayaran
Setelah setuju dengan jumlah yang harus dibayar, pilih metode pembayaran yang Anda inginkan.

Pengiriman nama domain ke Anda
Ketika pihak escrow sudah menerima pembayaran Anda, mereka akan meminta penjual domain untuk mengirimkan domain tersebut kepada Anda.

Konfirmasi penerimaan dan kepemilikan domain
Anda harus mengkonfirmasi penerimaan dan kepemilikan nama domain ketika Anda sudah menerimanya.

Penjual menerima uang dari website escrow
Pihak escrow akan memverifikasi bahwa nama domain telah berpindah tangan, kemudian mereka akan mengirimkan uang kepada pihak penjual dengan pemotongan dana jasa yang dilakukan.

Cara Mengukur Nilai Nama Domain

Setiap domain memiliki harga yang berbeda, mulai dari yang sangat murah hingga sangat mahal. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah panjang nama domain, bahasa yang digunakan, tren yang sedang ada dan demografis.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengukur nilai nama domain, yaitu:

Berdasarkan Harga Jual Terakhir Domain tsb.

Harga jual terakhir suatu domain dapat memberikan Anda gambaran tentang berapa harga yang sebaiknya anda bayar untuk membeli domain tsb.

Salah satu penyedia informasi harga jual terakhir adalah DNJournal. Mereka memiliki update mengenai daftar nama-nama domain yang terjual dari sejumlah website penjual domain. Perhatikan keyword domain, panjang dan informasi lainnya untuk melihat seperti apa domain yang bernilai mahal atau murah.

Menggunakan Tools Penilaian Domain Online

Cara lain mengukur nilai jual domain adalah dengan website tools untuk menilai domain. Website ini dapat membantu Anda mengetahui nilai sebuah domain dengan cara memasukkan nama domain secara spesifik di kolom yang tersedia. Contoh website tools ini adalah Estibot, WebsiteOutlook, dan URL Appraisal.

Baca juga:  Biaya Pembuatan Website & Rincian Harganya

Website tersebut akan mengukur nilai menggunakan faktor-faktor yang terkait SEO (Search Engine Optimization) seperti rankng pencarian, keyword, ranking Alexa, pencarian bulanan, jumlah pencarian dan cost per click.

Website tools yang berbeda dapat menampilkan nilai yang berbeda untuk satu website yang sama. Anda dapat membandingkan nilai sebuah domain dari beberapa website untuk menentukan nilai domain yang tepat menurut Anda.

Kesimpulan:

Anda dapat memiliki website dengan dua cara yaitu membeli nama domain baru (yang sama sekali belum pernah didaftarkan oleh siapapun) atau nama domain yang terdaftar tapi dijual oleh pemilik domain tsb.

Untuk menentukan harga sebuah domain, Anda dapat melakukan dengan dua cara juga. Cara pertama adalah dengan mencari tahu harga jual terakhir domain tsb., dan yang kedua adalah dengan menggunakan website tools penilaian domain.

Sumber:
WebHostingSecretRevealed: Domain Name for Dummies: How to Buy A Domain Name