cara mendapatkan testimoni

5 Cara Mendapatkan Testimoni Positif dari Pelanggan

Salah satu hal utama yang biasanya dilakukan oleh calon pembeli sebelum menentukan pilihannya pada produk/jasa adalah terlebih dulu melihat ulasan atau testimoni yang ada untuk meyakinkan mereka akan keputusan bertransaksi.

Akan tetapi masih banyak pelaku bisnis online yang mempunyai produk/jasa berkualitas namun tidak memiliki banyak penjualan karena berbagai faktor, dan kurangnya testimoni atau ulasan pelanggan menjadi salah satunya.

Dalam hal ini, bisa disimpulkan bahwa agar bisnis Anda berhasil mencapai target penjulan, ada baiknya Anda mulai memperhatikan pentingnya testimoni pelanggan.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan testimoni positif maupun rating dari pelanggan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Meminta Testimoni Secara Langsung

Cara mendapatkan testimoni pelanggan yang pertama yakni dengan memintanya langsung kepada mereka yang sudah melakukan transaksi dengan Anda. Tapi, tentu saja Anda tidak bisa meminta testimoni yang sepenuhnya positif karena masing-masing orang memiliki penilaian yang berbeda.

Ketika meminta testimoni, Anda juga sebaiknya tidak menawarkan bayaran agar pembeli memberikan testimoni yang bagus. Cara seperti ini sangat tidak jujur dan buruk untuk bisnis.

Namun, jika memang ada pembeli yang memberikan testimoni positif, barulah Anda bisa memberikan penawaran khusus untuk orang tersebut, seperti memberikan diskon atau kupon belanja.

2. Mudahkan Pelanggan dalam Memberikan Testimoni

Perhatikan kebutuhan konsumen seperti memberi kemudahan bagi mereka untuk meninggalkan ulasan atau online review untuk Anda. Sediakan form testimoni yang sederhana dan mudah untuk diisi. Hindari hal-hal yang membuat pelanggan malas, apalagi jika hal tersebut bukan demi kepentingan mereka.

Misalnya, jika Anda memiliki toko online, buat tombol call-to-action (CTA) dengan kalimat “Berikan Review” atau “Beri Penilaian” di halaman produk atau halaman terakhir tempat pembeli menyelesaikan transaksi.

Baca Juga  Fidget Spinner dan Ketenarannya Melalui Viral Marketing

Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan email berupa follow up kepada pembeli untuk menanyakan pendapat mereka terhadap produk/jasa yang mereka terima.

Cara ini tentu bagus untuk meningkatkan keterlibatan Anda dengan pelanggan, serta membuka komunikasi untuk mengetahui pendapat pelanggan tentang bisnis Anda.

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan fitur polling atau survey untuk meminta testimoni melalui media sosial seperti pada Twitter, Facebook, maupun Instagram Stories.

3. Libatkan Pelanggan Secara Online

Meningkatkan engagement dengan pelanggan merupakan cara mendapatkan testimoni yang bagus. Cara ini mudah dilakukan bila bisnis Anda menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram maupun Twitter.

Buat konten berisi pertanyaan untuk diposting pada media sosial. Ajak follower Anda untuk memberikan pendapat mereka tentang produk/jasa yang Anda tawarkan.

Walaupun hasil dari cara ini tidak dapat dianggap sebagai testimoni yang sesungguhnya, namun komunikasi antara Anda dan pelanggan terbentuk dengan baik. Selain itu, cara ini juga dapat mewakili penilaian tentang bisnis Anda secara positif dan akurat.

Jika cara ini belum berhasil mendapat tanggapan yang baik, setidaknya konsumen dapat melihat gambaran bisnis Anda yang positif. Follower akan berpendapat bahwa Anda peduli dengan penilaian dan pendapat pelanggan.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk melibatkan mereka yakni dengan cara re-posting berita mengenai Anda atau jika mereka memberikan tag pada Anda. Berikan feedback positif dan ucapkan terima kasih kepada pelanggan Anda melalui media sosial.

Pada dasarnya, cara ini juga secara tidak langsung membangun brand dan reputasi baik pada bisnis Anda.

4. Menanggapi Review Negatif

Sejalan dengan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan bisnis Anda, untuk mendapatkan testimoni Anda pun harus memberikan tanggapan kepada review negatif. Jadi, bukan hanya kepada testimoni positif saja.

Baca Juga  Contoh Call to Action (CTA) yang Efektif dan Menarik

Biasanya pelanggan yang sebelumnya memberi testimoni negatif akan mengubah penilaiannya dan memberikan rasa terima kasih serta menambahkan testimoni baru yang lebih positif jika keluhan yang meraka sampaikan sudah Anda tanggapi dengan baik.

5. Memberikan Testimoni Produk Lain

Percayalah, apa yang Anda beri akan Anda terima kembali, sama halnya dengan testimoni. Jika Anda ingin mendapat banyak testimoni, maka Anda juga harus melakukan hal yang sama.

Semua bisnis pasti memiliki kerja sama dengan banyak pihak, termasuk tentu saja dengan bisnis lainnya. Buatlah testimoni atau penilaian Anda mengenai produk/jasa bisnis lain secara positif. Anda juga bisa menambahkan hashtag tertentu jika memposting testimoni tersebut di media sosial.

Sumber:
ThriveHive: How to Get More Online Reviews