5 Cara untuk Sukses dalam Membuat Aplikasi Mobile

Pada 2016 kemarin, Kunal Soni selaku Head of Business Development Google Play memberikan presentasi mengenai bagaimana seharusnya sebuah aplikasi mobile  dibuat, digunakan banyak orang, dan tentunya akan menguntungkan sang developer. Seperti dilansir dari techinasia.com, Kunal Soni mengatakan bahwa seharusnya aplikasi mobile bisa menjadi wadah yang tepat untuk ladang bisnis.

Bagaimana bisa? Kunal menjelaskan bahwa pada 2016, ada sekitar 64 juta orang di Indonesia yang menggunakan internet di smartphone. Jadi, mereka pasti akan memasang aplikasi, entah itu media sosial ataupun game di smartphone mereka. Dari situ, aplikasi seharusnya bisa lebih dimanfaatkan untuk memecahkan masalah yang ada, kemudian secara tidak langsung sang developer bisa mendapatkan uang dari iklan, penjualan produk dan jasanya, atau endorsement.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk membuat aplikasi mobile. Simak cara-caranya berikut ini agar Anda tidak salah langkah.

 

 

Identifikasi Masalah dan Bagaimana Solusinya

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui masalah yang ingin Anda pecahkan. Aplikasi PicMix, contohnya, dibuat untuk memecahkan masalah orang yang ingin mendapatkan foto dengan kualitas bagus di Instagram dengan cara editing photo. Nah, Anda harus berpikir secara sederhana seperti itu, apakah ada masalah di sekitar Anda yang ingin dipecahkan dan bagaimana solusinya.

Lalu, bagaimana jika Anda ingin membuat game? Anda tinggal mengganti masalah dengan konsep game, lalu untuk solusinya bisa diberikan melalui gameplay pada aplikasi game. Dalam tahap ini, core permasalahan harus benar-benar teridentifikasi.

Mendesain Aplikasi

Selanjutnya adalah Anda bisa mulai mendesain aplikasi. Sebenarnya dalam tahap ini Anda tidak harus membuat aplikasi, Anda bisa membuat website terlebih dahulu misalnya. Tetapi ada beberapa developer aplikasi yang memang mengharuskan desain aplikasi sejalan dengan UI/UX yang ada di website. Dalam tahap ini, Anda harus melakukan percobaan kepada orang awam untuk mengetahui bagaimana alur yang baik di sebuah aplikasi.

Untuk membantu Anda dalam mendesain aplikasi, Anda bisa membuka website android-app-patterns.com, mobile-patterns.com, xiffe.com, dan material.io/design untuk membantu Anda mendapatkan desain yang sempurna.

Membuat Prototype

Setelah desain aplikasi selesai dibuat, Anda bisa melanjutkan untuk membuat prototype. Beberapa developer membuat prototype dengan sebutan Alpha Beta Testing. Nah, Google sudah mempunyai tempat bagi para developer untuk membagikan aplikasinya secara terbatas kepada pengguna tertentu. Anda bisa sharing aplikasi prototype di Google Developer Console. Di sana Anda akan mendapatkan banyak sekali masukan untuk kemajuan aplikasi ke depannya.

Sesuaikan dengan Karakter Pengguna

Tahap selanjutnya ini bakal sangat penting. Setelah Anda mendapatkan banyak masukan dari para pengguna tersebut, Anda harus segera melakukan perubahan sebelum akhirnya diluncurkan secara resmi. Di sini Anda bisa menyerap sebanyak-banyaknya masukan yang diberikan oleh para pengguna sebelumnya. Jadi, setelah peluncuran resmi, aplikasi Anda bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat.

Update Berkala

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan update secara berkala. Ini sebenarnya adalah hal yang sederhana, tetapi banyak sekali developer yang puas dengan 1-2 aplikasi kemudian akhirnya membiarkan tanpa update sekali pun. Padahal percayalah, tidak ada aplikasi yang sempurna. Bahkan aplikasi besar seperti Twitter, Instagram, dan Facebook pernah mendapatkan kesalahan setelah update.

Aplikasi mobile yang baik bukan hanya tentang desain, tetapi juga fungsi dan kemampuannya dalam memberikan solusi atas masalah tertentu. Semoga beberapa tips di atas bisa membantu Anda untuk menghasilkan aplikasi mobile yang sukses dan banyak diunduh orang melalui Google Play atau App Store.

Sumber:
Techinasia: Inilah 8 Kunci Kesuksesan Sebuah Aplikasi Android Menurut Petinggi Google

Baca juga:  Cara Memilih Mobile App Developer yang Tepat untuk Anda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *