Pertanyaan Penting Sebelum Anda Mulai Memasang Iklan di Facebook

Beriklan di media sosial saat ini mulai digemari oleh berbagai kalangan. Tidak hanya bagi perusahaan dan brand saja, tetapi juga bagi individu yang ingin memasarkan produknya atau sekedar untuk mengkampanyekan program yang dibuat oleh komunitas.

Salah satu media sosial yang kerap digunakan untuk beriklan adalah Facebook mengingat penggunanya yang begitu banyak.

Namun, sebelum Anda melakukan hal tersebut, ada beberapa check list iklan Facebook yang perlu diperhatikan. Apa sajakah? Berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab!

Tentukan Apa Tujuannya?

Pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah apa tujuan Anda memasang iklan di Facebook? Seseorang yang memasang iklan di Facebook jelas memiliki tujuan bermacam-macam.

Mulai dari kampanye sebuah program, meningkatkan awareness, hingga untuk tujuan pemasaran dan penjualan. Tujuan yang terakhir inilah biasanya yang menjadi alasan utama seseorang untuk beriklan di Facebook.

Facebook sendiri memiliki fitur iklan yang cukup beragam. Agar tetap fokus, sebaiknya Anda fokuskan target terlebih dahulu. Jika memang fokusnya untuk keperluan marketing dan penjualan, maka Anda harus konsisten.

Agar lebih mudah lagi, Anda bisa membuat Key Performance Indicator (KPI) untuk mencapai tujuan yang sudah dibuat tersebut.

Sudahkah Anda Menargetkan Audiens dengan Benar?

Setelah menentukan tujuan, pertanyaan berikutnya yang perlu Anda jawab adalah sudahkah Anda menargetkan audiens dengan tepat? Sekreatif apapun iklan yang akan Anda buat, ini tidaklah berpengaruh apabila tidak menetapkan target audiens dengan baik.

Hal ini sama saja dengan membakar uang, bukan? Banyak biaya yang dikeluarkan, namun masih belum berhasil.

Sama halnya dengan tujuan, Anda pun perlu menargetkan audiens jauh-jauh hari sebelumnya. Langkah penting ini memang berkaitan dengan tujuan Anda beriklan. Ada beberapa hal dalam menargetkan audiens ini, apakah Anda akan membidik target audiens baru atau mempertahankan audiens yang ada saat ini.

Untuk mengetahuinya, Anda harus melakukan uji coba terlebih dahulu. Dari situlah nanti dapat dilihat mana audiens yang paling potensial. Masukkan juga parameter target audiens iklan, seperti usia, jenis kelamin, profesi, alamat, dan sebagainya.

Bagaimana Memasang Teks dan Gambar yang Ideal?

Dalam Facebook atau mungkin media sosial lainnya, dalam beriklan memiliki porsi ideal tersendiri untuk menggaet calon konsumen baru. Memang, tidak ada patokan resmi berapa rasio antara teks dan gambar.

Namun, melihat dari berbagai pengalaman yang ada, jika ingin beriklan di Facebook sebaiknya jangan membuat teks terlalu panjang. Setidaknya teks ini hanya 20% saja dari iklan keseluruhan. Buatlah teks yang bersifat variatif dan storytelling hingga call to action. Anda juga bisa memanfaatkan tagar yang sedang ramai jadi perbincangan.

Selebihnya, Anda bisa memainkan gambar atau foto karena memiliki pengaruh yang sangat besar. Gambar atau foto yang unik biasanya akan membuat audiens tertarik.

Anda bisa lihat, beberapa bahkan hampir sebagian besar iklan di Facebook menggunakan foto seorang wanita cantik atau pria tampan. Berdasarkan laman Digital Marketer, foto seorang wanita akan menghasilkan banyak like dan comment sehingga akan banyak interaksi terjadi.

Seberapa Sering Memposting Iklan?

Dalam beriklan di Facebook, mungkin ada baiknya Anda mencontoh dari teori propaganda. Dalam teori ini disebutkan, pesan yang disampaikan secara berulang-ulang mampu mempengaruhi pola pikir seseorang.

Namun, dalam beriklan terkadang terjadi hal yang tidak dapat diduga. Meski Anda menayangkan iklan Facebook berulang-ulang, selalu ada saja orang yang merasa terganggu dengan keberadaan iklan tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengevaluasi respon publik terhadap iklan tersebut. Jika responnya positif, berarti publik mulai menerima iklan Anda. Begitu pula sebaliknya, jika terjadi tren negatif, sebaiknya Anda lakukan evaluasi.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset, pada jam berapa sajakah Facebook ramai dikunjungi oleh audiens, mengingat waktu tersebutlah yang paling baik untuk memposting iklan Anda.

Itu dia beberapa checklist iklan Facebook yang bisa Anda perhatikan dan coba praktikkan. Semoga berhasil!

Sumber :
Wordstream : Facebook Ads Checklist: 5 Quick Questions to Ask Before You Hit “Go”

Baca juga:  PPC VS SEO, Mana yang Lebih Baik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *