contoh call to action

Contoh Call to Action (CTA) yang Efektif dan Menarik

Membuat kalimat call-to-action (CTA) yang baik merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menghasilkan sebuah konversi yang efektif dalam mencapai tujuan.

Kalimat call-to-action berfungsi untuk mendorong user atau target agar terlibat dalam bisnis atau tujuan yang Anda tetapkan.

Tujuan CTA bisa bermacam-macam, misalnya membuat pengunjung melakukan suatu tindakan seperti transaksi, subscribe email, download file dan sebagainya sehingga terjadinya konversi pada website Anda.

Untuk bisa membuat kalimat call-to-action yang baik, lihat beberapa contohnya berikut ini:

Menghasilkan Lead

“Lead” atau prospek adalah pengunjung website yang tertarik dengan bisnis Anda dan berpotensi menjadi pelanggan.

Ada berbagai metode untuk menghasilkan lead bagi website Anda, namun cara yang paling umum digunakan adalah menawarkan sesuatu dengan imbalan informasi kontak pengujung. Tawaran ini bisa berupa diskon, percobaan gratis atau produk gratis.

Anda bisa memberikan penawaran ini melalui email, postingan media sosial atau memanfaatkan iklan berbayar seperti Google AdWords.

Beberapa kalimat call-to-action yang bisa Anda buat untuk tujuan ini misalnya:

  • Coba gratis 14 hari tanpa syarat dan ketentuan
  • Diskon 20% untuk pembelian pertama, register sekarang!
  • Seminar web design pertama di Indonesia! Daftarkan diri Anda segera!
  • 5 Cara Berbisnis Tanpa Modal, Ketahui Caranya Di Sini!

Mendapat Email List

Email marketing adalah cara pemasaran yang baik untuk brand awareness dan meningkatkan penghasilan. Untuk bisa menjalankan kampanye email marketing, tentu komponen yang Anda butuhkan adalah email list.

Anda bisa mendapatkan email list melalui CTA yang ada pada website, blog dan juga platform lainnya. Coba gunakan beberapa kalimat call-to-action berikut ini:

  • Dapatkan penawaran terbatas hanya dengan mendaftarkan email Anda hari ini.
  • Jangan sampai kehilangan tren dan informasi produk terbaru. Sign up untuk mendapat newsletter khusus dari kami.
  • Ingin mendapat tips menarik mengenai dunia kerja? Subscribe ke blog kami.
  • Free ongkir tanpa minimum pembelanjaan, daftar hari ini!
Baca juga:  5 Manfaat Media Sosial dalam Meningkatkan SEO

Mengisi Formulir Tertentu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada bermacam-macam tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah bisnis dari penggunaan CTA, termasuk agar para user mengisi formulir tertentu.

Formulir ini yang kemudian akan mengarahkan user untuk mengisi data yang diperlukan agar bisa mendapatkan penawaran tertentu dari Anda.

Gunakan kalimat ajakan dan penawaran seperti:

  • Cukup isi formulir di bawah ini dan kami akan segera menghubungi Anda (tambahkan tombol di bagian bawah formulir dengan tulisan “Contact Me”)
  • Diskon 50% untuk pembelian apapun sekarang juga! Isi formulir ini dan dapatkan sekarang juga (tambahkan tombol setelah formulir dengan tulisan “I’m ready to get 50% off”)
  • Coba aplikasi ini sekarang, gratis! Daftar hanya 60 detik (tombol setelah formulir bisa didesain dengan tulisan “Start my free account”)

Social Sharing

Membuat konten yang relevan dan berguna bagi user adalah cara yang baik untuk menunjukkan keahlian bisnis Anda apalagi jika konten tersebut sampai viral. Ingat, jangan hanya mengutamakan kepentingan Anda, perhatikan juga konten seperti apa yang dibutuhkan oleh para follower Anda.

Kalimat call-to-action yang bisa digunakan untuk tujuan social sharing misalnya:

  • Suka topik artikel ini? Share dengan teman di Facebook!
  • Spread the love, retweet kupon ini!
  • Menurut Anda panduan ini informatif? Beritahukan ke kolega Anda via LinkedIn!

Mempelajari Bisnis/Produk Anda

Sering kali, tujuan utama dari sebuah CTA adalah untuk mempelajari bisnis atau produk Anda dengan lebih baik lagi. Ingat bahwa tidak semua orang sudah mengenal bisnis/produk Anda dengan baik, terutama mereka yang merupakan user atau pelanggan baru.

Hal ini juga bermanfaat jika Anda meluncurkan produk/jasa baru dan berharap agar banyak orang bisa mengenalnya dengan baik dalam waktu singkat.

Baca juga:  Cara Memilih Nama Domain Website / Blog

Contoh kalimat call-to-action yang bisa Anda buat untuk tujuan ini di antaranya:

  • Kami dapat membantu memenuhi kebutuhan Anda. Klik Di Sini untuk melihat paket khusus.
  • Kami menyediakan banyak paket hemat dengan harga menarik. Lihat sekarang.
  • Pelayanan cepat tanpa booking fee. Pelajari caranya!

Promosi Event

Mengadakan event merupakan cara yang baik untuk membangun jaringan, mendapatkan lead dan meningkatkan hubungan Anda dengan pihak lain terkait bisnis. Promosikan event Anda melalui banyak platform seperti email, banner di website dan tentu saja media sosial.

Untuk menarik perhatian user atau follower agar mengikuti event Anda, buat kalimat call-to-action seperti:

  • Daftar sekarang, hanya tinggal beberapa spot tersisa!
  • Jangan sampai ketinggalan!
  • Dapatkan tiket Anda, jangan kehabisan.
  • RSVP hari ini dan dapatkan hadiah menarik.

Sumber:
ThriveHive: Examples of Call to Action Phrases