Menulis Copywriting yang Lucu dan Menarik pada Deskripsi Produk

Kini copywriting yang menarik atau bahkan mengandung lelucon semakin banyak diterapkan untuk meningkatkan efektivitas iklan dan peningkatan penjualan produk.

Namun, masih saja ada pihak-pihak yang melakukan copywriting secara asal-asalan atau berlebihan sehingga banyak konsumen yang kurang mempercayai copywriting banyak produk. Hasilnya? Banyak pebisnis ‘cukup takut’ melakukan copywriting sendiri.

Jika sebagian banyak pebisnis memilih untuk mempekerjakan orang melakukan copywriting, sebenarnya Anda sendiri bisa melakukannya. Apakah bisa copywriting yang dilakukan sendiri menjadi menarik dan lucu namun tetap profesional?

Dengan banyak referensi dan percobaan, pasti bisa. Kalau Anda ingin membuat copywriting yang tidak hanya menarik tapi juga humoris, simak pembahasan berikut.

Kalau bisa diberikan sedikit humor, mengapa tidak?

Seperti yang Anda ketahui bahwa tertawa merupakan sebuah refleksi kebahagiaan. Dan copywriting produk yang “menggelitik” pikiran konsumen, selain meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk tersebut juga bisa menggerakkan konsumen untuk membeli produk tadi. Jadi selama lelucon tidak dilarang dalam copywriting, mengapa tidak Anda lakukan?

Cukup hindari lelucon atau candaan seputar asal bahan produk Anda, kompetitor bisnis Anda, dan juga para pelanggan Anda. Memang ada beberapa brand yang melakukan copywriting yang memuat lelucon tentang saingan bisnisnya, tapi harus diingat bahwa hal seperti ini hanya berani dilakukan oleh brand besar dan itu pun jarang dilakukan.

Buang kalimat yang jelek atau biasa-biasa, ganti menjadi kalimat yang jelas

Hampir tidak ada konsumen yang ingin membeli produk dengan copywriting iklan biasa-biasa saja, terdengar samar-samar, atau bahkan jelek (tidak menarik).

Contoh yang kurang tepat:

Formula alami produk kami akan menghilangkan jerawat pada wajah Anda dalam waktu sehari.

Contoh yang lebih baik:

70% dari orang yang telah menggunakan produk kami berhasil menghilangkan jerawat dalam kurun waktu kurang dari seminggu

Hindari omong kosong

Copywriting yang baik tidak akan berisi omong kosong atau bualan belaka, tapi lebih spesifik dan faktual. Penggunaan kata superlatif (misalnya tercepat, terkuat, dan terbaik) juga sebaiknya dihindari karena hasilnya justru akan terlihat berlebihan.

Contoh yang kurang tepat:

Karena layanan kami adalah yang tercepat di kota ini, ribuan orang telah menggunakan jasa kami

Contoh yang lebih baik:

Kami telah melayani lebih dari 1.200 pelanggan dengan pelayanan maksimal

Berikan alasan untuk ajakan Anda

Etika atau kesopanan dalam copywriting memang sudah sepatutnya dijaga, tetapi jika kalimat copywriting serba sopan maka akan terlihat kaku dan membosankan. Konsumen akan mudah tergerak ketika mereka “diajak” berinteraksi secara lebih personal. Jangan lupa untuk menambahkan alasan jelas atau lebih menarik di balik ajakan Anda.

Contoh yang kurang tepat:

Kalau Anda ingin mendapatkan panduan optimasi SEO yang baik, silahkan untuk menuliskan email Anda pada kolom di bawah in.i

Contoh yang lebih baik:

Dapatkan panduan optimasi SEO agar website Anda lebih SEO-friendly, cukup dengan mendaftarkan email Anda.

Tak perlu testimonial yang terlalu “muluk-muluk”

Apakah Anda pernah membaca testimonial produk yang terlalu “muluk-muluk”, sangat subyektif, dan bahkan tidak ada informasi penting untuk konsumen lainnya?

Jika Anda sudah pernah membaca yang seperti itu, tentu Anda tahu bagaimana testimonial yang baik untuk dijadikan copywriting. Testimonial untuk copywriting yang baik seharusnya mencakup informasi kelebihan dan kekurangan produk serta kesan konsumsi produk dari konsumen.

Contoh yang kurang tepat:

Xiomai YZ ini adalah smartphone terbaik yang pernah diproduksi, baterainya tahan lama, dan kameranya bagus. Recommended buat siapa saja yang ingin smartphone bagus.

Contoh yang lebih baik:

Dengan harga yang cukup ekonomis, Xiomai YZ sudah melebihi ekspektasi saya untuk smartphone dengan harga dibawah Rp2 juta. Baterai yang mampu menanggung aktivitas hingga 7 jam telpon dan 18 jam standby, dipadu dengan kualitas kamera 12 MP yang menghasilkan gambar resolusi tinggi, sangat direkomendasikan bagi orang yang ingin smartphone berkualitas namun tetap ekonomis.

Jadi, sudah siapkan Anda menciptakan copywriting sendiri untuk deskripsi produk?

Sumber :
Lemonstand : Why You Should Be Writing Funnier Product Descriptions (& How to Do It)

Baca juga:  Cara Hemat Promosikan Bisnis Anda