6 Trik Membuat Desain Website untuk Meningkatkan SEO

Search Engine Optimization atau SEO sangat penting bagi digital marketing. Hal ini dikarenakan keberadaan SEO memiliki dampak yang cukup signifikan pada perusahaan dan bisnis. Beberapa di antaranya adalah menghasilkan traffic yang potensial untuk website bisnis. Selain itu juga dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda sehingga bisa dikenal lebih banyak orang.

Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap bahwa SEO hanya ditentukan dari keywords. Padahal, faktor desain website juga tidak kalah penting dalam meningkatkan SEO. Ini dia beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk membuat desain website yang SEO-friendly.

 

 

Layout Harus Menarik

Tata letak atau layout adalah hal yang paling mempengaruhi pembaca atau pengunjung web untuk betah berlama-lama. Dalam memilih layout ini hendaknya Anda menggunakan apa yang sedang menjadi tren. Mengingat penggunaannya merupakan gambaran perusahaan dan bisnis Anda, jika tidak rajin melakukan update, bisa jadi bisnis Anda akan dibilang terlalu kuno.

Ada tiga kategori layout yang dapat dikatakan sedang tren di kalangan pembaca dan pengunjung website. Pertama adalah user interface yang bersifat interaktif, kedua adalah memiliki multi-grid layout, sedangkan yang ketiga adalah memiliki latar video yang menarik untuk dilihat.

Desain Web Responsif

Dalam membuat website yang SEO friendly, pertimbangkan juga untuk membuat desain yang responsif. Desain ini memungkinkan para pengunjung website untuk mengaksesnya di berbagai platform. Baik melalui komputer desktop, tablet, maupun smartphone dengan tampilan yang mengikuti ukuran layar sehingga enak dibaca.

Menurut analisis Google sendiri, website responsif ini akan menjadi sesuatu yang dibutuhkan bagi perusahaan kedepannya mengingat penjualan smartphone hingga kini semakin meningkat. Hal ini membuat perusahaan mau tidak mau harus berinovasi dalam menggunakan website responsif ini untuk meningkatkan penjualan atau awareness kepada para konsumen.

Optimalkan Penggunaan Gambar

Agar gambar makin efektif dalam meningkatkan SEO, tampilkan ukuran yang sebenarnya. Misalnya saja untuk gambar web adalah 200×200, maka ukuran gambar tersebut harus 200×200. Anda juga perlu mendeskripsikan gambar tersebut secara jelas di dalam teks. Ini karena Google dapat mencari gambar dan nama file dalam menampilkan hasil. Pencarian gambar ini dapat meningkatkan traffic website.

Maka dari itu, berilah caption pada gambar dan teks. Contohnya saja Anda menyematkan nama tempat wisata di website seperti ‘Pantai di Raja Ampat.jpg’ daripada memberi nama yang tidak jelas seperti ‘image13.jpg’. Jangan lupa untuk mengompres foto sebelum digunakan di website agar lebih ringan.

Meta Tag yang Bervariasi

Meta tag dapat mengoptimalkan pencarian di Google. Hal ini terkait dengan judul, deskripsi, kata kunci (keywords), dan tingkat indeks di mesin pencari. Anda juga dapat menambahkan long-tail keywords dengan spesifik. Jika semakin spesifik dan unik, maka peluang untuk mendapat peringkat teratas di mesin pencari akan lebih tinggi.

Saat memasukkan meta tag yang bervariasi, sebaiknya Anda perlu mengecek ulang sebelum mem-post-nya di website. Hal ini dilakukan agar semua kata kunci dapat masuk ke website sehingga akan mengoptimalisasi SEO.

Optimalkan Penggunaan CSS dan Javascript

Pengoptimalan CSS dan Javascript ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan di website. Cara mengoptimalkan keduanya dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini.

CSSJavascript
  • Buang kode-kode yang tidak perlu dan menghindari perulangan CSS
  • Menyatukan CSS dalam satu file
  • Mengompres kode CSS
  • Memanggil kode CSS pada tag “head” dan”/head”
  • Hindari penggunaan CSS secara inline dengan atribut pada tag HTML
  • Buang script yang tidak perlu  dan menghindari perulangan
  • Hindari pemakaian javascript langsung pada file HTML dalam tag “script”
  • Tempatkan semua pemanggilan javascript pada struktur kode paling bawah, di akhir tag “body”
  • Mengompres Javascript

Navigasi yang Mudah

Hal terakhir dan paling utama adalah Anda perlu membuat navigasi yang mudah dalam website Anda. Cara ini mampu hingga dua kali lipat dalam meningkatkan user experience dan SEO. Agar makin efektif, bagian navigasi sebaiknya Anda desain sebagai berikut:

  • Menu utama: Sebaiknya berisi link ke halaman penting website
  • Kolom pencarian: memudahkan user mencari informasi dan konten di website dengan mudah
  • Breadcrumbs: memudahkan user mengetahui di bagian mana dia berada
  • Artikel terkait: rekomendasi agar user membaca artikel lainnya.
  • Widget daftar post dan yang paling penting adalah gunakan CTA untuk internal linking perusahaan atau bisnis Anda.

Itulah langkah dan trik membuat tampilan desain website untuk meningkatkan SEO yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Sumber:
Metricspot: 15 Superb Web Design Tricks that will Boost your SEO

Baca juga:  Jenis-Jenis Web Hosting