digital marketing untuk marketing

Tips Digital Marketing Untuk Bisnis

Teknik pemasaran utama yang saat ini digunakan oleh hampir semua perusahaan adalah digital marketing untuk bisnis. Mengapa? Praktik digital marketing untuk bisnis selama ini sudah terbukti dapat membantu pebisnis mendapat keuntungan dan membesarkan bisnis mereka.

Jika Anda masih baru dalam hal ini, berikut 10 tips digital marketing untuk bisnis yang bisa Anda terapkan:

1. Definisikan Target Market

Seorang pebisnis harus mengetahui kepada siapa ia akan menjual produk/jasanya sebelum melakukan kampanye pemasaran. Oleh karena itu Anda harus terlebih dulu menentukan target yang diinginkan dan relevan dengan produk/jasa Anda.

Mulailah dengan menggambarkan demografis pembeli potensial Anda. Gambaran ini mencakup pendapatan, usia, minat, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan tempat tinggal.

Misalnya Anda menjual produk mobil mewah, maka salah satu poin mengenai target market Anda adalah mereka yang memiliki penghasilan tinggi atau tinggal di daerah tertentu.

Mendefinisikan target market bukanlah suatu hal yang mudah, karena itu luangkan waktu Anda semaksimal mungkin untuk melakukannya.

2. Pahami Target Audiens

Memahami target audiensi adalah hal yang berbeda dari menentukan buyer persona. Sebuah perusahaan bisa dengan mudah menentukan target marketnya, namun belum tentu dapat memahami audiens tersebut.

Misalnya saja untuk produk kosmetik, walaupun hampir semua perempuan menggunakannya namun setiap orang tentu memiliki kebutuhan kosmetik yang berbeda-beda. Seperti pelembab wajah untuk orang dengan kulit kering, atau penghilang minyak bagi mereka dengan kulit berminyak.

Pada dasarnya, bisnis yang benar-benar terlibat secara langsung dengan pembelinya bisa mendapatkan pemahaman mengenai para pembeli tersebut. Keterlibatan inilah yang merupakan salah bagian penting dalam praktik digital marketing untuk bisnis yang sukses.

3. Konsolidasi Saluran Pemasaran

Umumnya perusahaan menggunakan setidaknya 2 platform media sosial. Hal ini bertujuan untuk memperluas jangkauan bisnis dengan memanfaatkan fitur yang ada pada masing-masing platform media sosial.

Baca juga:  Ini Alasan Mengapa Bisnis Anda Butuh Google Analytics

Anda bisa menghubungkan media sosial yang satu dengan yang lainnya, seperti Facebook dan Instagram. Coba cara ini untuk semakin meningkatkan kampanye digital marketing untuk bisnis Anda.

4. Konversi

Memiliki banyak follower di media sosial tak menjamin kampanye digital marketing Anda sukses. Pasalnya, belum tentu follower Anda menghasilkan konversi yang baik.

Misalnya saja Anda memiliki 1.000 follower di Instagram, namun apa itu berarti akan ada 1.000 produk Anda yang juga terjual? Untuk itu, tetapkan konversi seperti apa yang relevan bagi bisnis Anda untuk mencapai tujuan.

Gunakan Call to Action (CTA) yang menarik dan efektif misalnya untuk mengarahkan audiens agar melakukan transaksi.

5. Beriklan di Media Sosial

Secara teknis akun perusahaan atau bisnis Anda di media sosial merupakan iklan karena publik dapat melihat profil Anda termasuk apa yang bisnis Anda lakukan.

Lebih dari itu, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan fitur iklan yang sesungguhnya di masing-masing platform media sosial yang digunakan. Memasang iklan di media sosial terbukti memiliki hasil yang sangat baik bagi bisnis.

6. Riset

Jika kampanye digital marketing untuk bisnis Anda tidak berjalan sesuai dengan harapan, maka Anda harus mengevaluasinya. Lakukan riset atau penelitian yang dibutuhkan untuk mencari tahu di mana letak kesalahan yang harus segera diperbaiki.

Coba definisikan target market secara lebih spesifik dan juga kata kunci yang sebelumnya Anda gunakan. Mungkin saja kata kunci yang Anda gunakan ternyata belum tepat untuk menyasar target market.

7. Buat Konten yang Berkualitas

Konten yang baik mampu merepresentasikan bisnis Anda dengan tepat. Pasalnya, Anda dapat menyampaikan informasi yang penting melalui konten tersebut. Namun sebaliknya, bisnis Anda akan dinilai buruk jika konten yang dibuat juga buruk.

Baca juga:  14 Contoh Email Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis

Bentuk tim konten yang beranggotakan orang-orang terbaik yang mampu menghasilkan konten yang menarik perhatian calon konsumen bagi bisnis, baik teks, gambar maupun video.

8. Otentik

Keaslian dan keunikan bisnis Anda sangat diinginkan oleh market untuk memastikan mereka mendapatkan produk atau jasa asli. Hal ini berarti, market tidak tertarik dengan konten marketing yang terlalu “dibuat-buat”. Tampilkan bisnis Anda apa adanya tanpa perlu takut dikritisi secara negatif.

9. Membangun Brand Loyalty

Anda harus ingat bahwa memiliki konversi saja tak cukup untuk menjaga kampanye digital marketing tetap dapat berjalan dengan efektif. Melainkan, diperlukan rasa kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda, atau brand loyalty.

Pada dasarnya, brand loyalty diperlukan untuk membuat setiap pembeli melakukan pembelian kembali di waktu lain. Tanpa brand loyalty, bisnis Anda tidak akan berkembang seperti yang Anda inginkan.

10. Buat Anggaran dengan Baik

Pastikan anggaran yang Anda keluarkan untuk kampanye digital marketing diatur dengan baik. Dengan kata lain, jangan sampai anggaran dikeluarkan untuk hal yang bukan sebuah prioritas.

Misalnya, Anda menganggarkan banyak biaya untuk beriklan di Twitter, bukan di Facebook. Namun dalam kenyataannya ternyata beriklan di Twitter tidak seefektif pada Facebook tapi masih tetap Anda lakukan. Keputusan ini hanya akan merugikan bisnis Anda.

Sumber:
DigitalSavvy: 10 Tips To Improve Your Digital Marketing Campaign

jasa pembuatan website