Panduan Intermediet untuk ECommerce SEO

SEO atau search engine optimization, seperti yang dilansir dari Shopify, adalah proses menghasilkan lebih banyak traffic organis (bebas, natural) dari situs-situs seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya yang memiliki konsol mesin pencari.

Dalam berjualan online atau biasa disebut sebagai e-Commerce, lebih banyak traffic menuju laman web bisnis Anda berarti meningkatkan kemungkinan penjualan produk bisnis Anda.

Akan tetapi, proses SEO pada eCommerce agar mendapatkan traffic berkualitas tinggi dan konsisten tidak bisa dibilang mudah. Algoritma mesin pencari yang selalu diperbarui dan semakin maraknya kata-kata khusus industri, membuat penguasaan e-Commerce SEO harus selalu up-to-date pula.

Langkah-langkah awal e-Commerce SEO

Untuk mempersiapkan penguasaan e-Commerce SEO, sebaiknya Anda menerapkan langkah-langkah awal di bawah ini sebelum beranjak ke tahapan intermediate:

  • Untuk mencari ide tentang keyword, Anda bisa menggunakan Amazon Suggest dan Google Suggest untuk hasil riset keyword yang optimum;
  • Gunakan SEMRush untuk mendaftar keyword apa saja yang digunakan oleh kompetitor Anda, tapi tidak Anda gunakan;
  • Anda perlu mempertimbangakan volume (penggunaan keyword tersebut), tingkat kesulitan, relevansi, serta maksud atau tujuan dari keyword itu sendiri untuk memilih keyword yang tepat;
  • Pastikan struktur laman web Anda cukup sederhana karena akan mempermudah pengembangannya ketika skala bisnis Anda berkembang;
  • Setiap halaman pada laman web Anda sebaiknya tidak terlalu dalam atau jauh dari halaman utamanya, hanya beberapa klik saja;
  • URL (uniform resource locator) yang ideal adalah URL yang tak terlalu panjang dan berfokus menggunakan keyword;
  • Kurangi halaman konten yang pendek namun dengan deskripsi produk yang panjang; dan
  • Manfaatkan LSI (Latent Semantic Indexing) keywords sebagai metode pengindeks keywords Anda.

Lebih mendalam seputar struktur laman dan arsitektur laman

Kembali ke pembahasan struktur dan arsitektur lama, untuk membuat laman e-Commerce Anda lebih ramah pengunjung dan SEO, sebaiknya Anda mulai dengan memperjelas arsitektur laman yang ada sekarang. Hal ini seperti disampaikan oleh John Doherty (founder dan CEO Credo) dalam Shopify.

  • Idealnya setidaknya laman e-Commerce yang mudah dinavigasi pengunjung dan ramah SEO adalah tidak terlalu ‘mendalam’ laman-laman spesifiknya, sekitar 2-3 klik dari laman utama. Anda bisa menggunakan beberapa perangkat lunak seperti Screaming Frog atau Slickplan untuk membuat ‘simulasi’ arsitektur laman e-Commerce Anda – bisa melihat seperti apa hasil jadi laman Anda nanti.
  • Mengatur arsitektur dan navigasi laman e-Commerce juga harus memperhatikan indeks dari tiap kategori (lama) produk Anda. Memperkaya snippet bisa membantu pengunjung laman menjadi lebih mudah dalam mencari produk-produk Anda sehingga membuat keputusan membeli jadi lebih mudah.

Lakukan audit teknis SEO (technical SEO audit) untuk e-Commerce

Gunakan SEMrush untuk melakukan audit fungsi teknis dari SEO lama e-Commerce Anda. Caranya cukup mudah, yakni:

  • Anda hanya perlu membuka SEMrush lalu memilih opsi “SEO Toolkit” di menu yang tersedia, kemudian pilih “On Page & Tech SEO”;
  • Klik “Go to Site Audit”, lalu masukkan seberapa banyak laman yang ingin Anda audit;
  • Setelah muncul window laporan, klik “Issues” untuk mengetahui lebih rinci error. Informasi masih tentang peringatan dan pemberitahuan;
  • Kemudian cari solusi untuk membereskan error dan peringatan-pemberitahuan tersebut.

Bangun link eCommerce Anda

Goal dari semua optimalisasi SEO lama e-Commerce sebenarnya sederhana, yakni membangun laman yang berkualitas serta memiliki laman-laman berkualitas lain yang memberikan link ke laman e-Commerce Anda.

Jadi, bangunlah link laman e-Commerce Anda sebaik mungkin agar semakin banyak pihak yang menautkan link laman e-Commerce Anda di dalam laman mereka. Pihak-pihak tersebut hanya akan menautkan link laman Anda jika bagi mereka laman Anda bermanfaat dan bisa membuat laman mereka lebih baik.

Jika Anda sebelumnya sudah memiliki laman e-Commerce, sebaiknya Anda memilih untuk membuat laman baru dan memindahkan semua resource laman sebelumnya ke laman yang baru.

Anda juga bisa menghubungi laman-laman yang menautkan link laman Anda dalam laman mereka, sampaikan bahwa link laman Anda mengapresiasi linkback mereka dan link tersebut perlu diperbarui.

 

Baca juga:  Conversational Commerce Era Baru E-Commerce

Itulah ulasan singkat tentang panduang lebih advance terkait SEO pada e-Commerce. Semoga ulasan tersebut bisa membantu Anda untuk meningkatkan traffic hingga penjualan. Good luck!

Sumber : 
Shopify : The Intermediate Guide to Ecommerce SEO