email blast

Email Blast: 7 Keuntungan Email Marketing untuk Bisnis

Social media marketing adalah salah satu jenis online marketing yang sekarang ramai digunakan, akan tetapi pemasaran menggunakan email blast dari hari ke hari memberikan hasil yang terus meningkat dari sebelumnya.

Salah satu keuntungan utama email marketing yang bisa Anda dapatkan adalah mempercepat return on investment (ROI). Berdasarkan data dari Direct Marketing Association, email marketing mampu menghasilkan ROI sebanyak 2.500%.

Jika masih belum yakin, cari tahu keuntungan email marketing lainnya di bawah ini:

1. Lebih Ekonomis

Dibandingkan dengan beriklan di media sosial atau secara tradisional seperti beriklan di koran, majalah atau televisi, menjalankan kampanye email marketing akan jauh lebih murah. Bahkan Anda bisa sama sekali tak mengeluarkan biaya sedikit pun. Saat ini ada banyak jasa penyedia atau pendukung email blast marketing yang bisa digunakan secara gratis.

Jika Anda merasa perlu menambahkan fitur tambahan untuk memaksimalkan email blast, Anda bisa memilih fitur berbayar yang tersedia. Misalnya saja akses menggunakan lebih banyak tool atau fitur, hasil prediksi atau analisis demografik, catatan email yang terkirim sesuai dengan zona waktu tertentu dan sebagainya.

Selain itu, semakin besar email marketing yang Anda lakukan, maka semakin murah pula. Biaya yang Anda keluarkan untuk mengirim satu email sama dengan biaya untuk mengirim 100 email misalnya.

2. Target Tepat Sasaran

Semakin spesifik target marketing Anda, maka semakin baik pula respon dan hasil yang akan didapat. Dan salah satu bentuk marketing yang bisa membantu Anda dalam hal ini adalah melalui email marketing.

Bentuk pemasaran yang sederhana ini memungkinkan Anda untuk mengatur siapa dan kapan saja target akan menerima email. Anda bisa membuat dan mengatur daftar penerima email berdasarkan demografik, zona waktu, status dan sebagainya. Dengan demikian email marketing Anda benar-benar dapat tersasar secara tepat.

Baca juga:  10 Tips Sederhana untuk Membuat Konten Viral

3. Dapat Terukur dan Mudah Dibuat

Hampir semua hasil digital marketing dapat terukur, termasuk tentu saja email marketing. Anda bisa melihat dan mengukur keberhasilan email marketing yang dilakukan dengan membaca hasil analisis yang tersedia.

Di samping itu, Anda juga bisa merancang isi pesan email blast dengan mudah dan sederhana. Cukup mengikuti template yang sudah tersedia dan sesuaikan dengan kebutuhan serta isi pesan yang akan disampaikan.

4. Mudah Disebar dan Terintegrasi ke Media Sosial

Selain mudah ditargetkan, email blast juga mudah untuk disebar ke lebih banyak orang lainnya. Pelanggan yang menerima email blast dari Anda bisa meneruskannya kepada orang lain yang mungkin saja adalah pelanggan potensial Anda selanjutnya.

Di samping itu, email blast juga sangat berguna ketika Anda ingin menyampaikan sesuatu secara langsung kepada para pelanggan dalam waktu singkat.

Email blast juga dapat terintegrasi dengan platform lainnya seperti media sosial. Anda bisa memasukkan link media sosial Anda di dalam email blast untuk memperkenalkannya kepada semua penerima pesan dan juga menambah follower.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Setiap email blast yang Anda buat dan kirim merupakan upaya untuk meningkatkan brand awareness. Pastikan Anda merancang isi pesan email blast dengan tim digital marketing untuk menghasilkan konten yang memiliki nilai lebih dan bisa meningkatkan brand awareness.

6. Matrik dan Analitik

Hampir tidak ada batasan dalam merancang email blast yang akan Anda sebar sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masing-masing. Semua elemen yang Anda buat dan masukkan dalam email blast selanjutnya dapat terukur dan bisa Anda nilai sendiri.

Beberapa hal yang terukur misalnya adalah tingkat pengiriman, tingkat dibukanya email, tingkat click-to-deliver, tingkat retensi subscriber, informasi demografik atau zona waktu penerima email dan lain sebagainya.

Baca juga:  Cara Hemat Promosikan Bisnis Anda

Semua matrik tersebut merupakan database yang bisa Anda gunakan untuk merancang kembali email blast yang lebih efektif. Pasalnya, dari sini Anda bisa melihat apa saja hal yang efektif dan dapat dikembangkan dan juga apa saja elemen yang harus dihapus.

Kemudian, matrik juga berguna untuk tracking penjualan atau user engagement. Bahkan keterangan dari matrik juga memungkinkan Anda untuk mengukur kampanye email blast mana yang menyebabkan penurunan subscription.

7. Personalisasi

Tidak seperti kebanyakan bentuk digital marketing lainnya, Anda bisa mempersonalisasi email blast yang Anda buat. Email blast yang personal memungkinkan Anda untuk bisa berkomunikasi langsung kepada pelanggan sehingga mampu meningkatkan engagement dan penjualan.

Pertama, mulailah dengan menyebutkan nama penerima email, kemudian tunjukkan sales history dan apa saja yang pernah mereka suka sebelumnya dari bisnis Anda. Email yang dipersonalisasi terbukti menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

Sumber:

DigitalSavvy: Email Blast: 7 Benefits Email Marketing