Membuat Foto Produk yang Menarik Walau Budget Minim

Foto produk memegang peranan penting dalam sebuah promosi bagi toko online. Berdasarkan survei, sebanyak 93% konsumen melihat gambar produk terlebih dahulu sebelum membelinya.

Foto juga berfungsi sebagai bentuk representasi dari kualitas produk itu sendiri. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membuat foto menarik dalam sebuah produk secara online. Namun, bagaimana jika Anda memiliki budget minim? Berikut tips membuat foto produk menarik yang bisa Anda terapkan.

Buat Foto yang Tematik

Mengingat foto produk adalah hal paling penting dalam sebuah pemasaran dan periklanan, sebisa mungkin buatlah foto yang menarik. Foto yang menarik di sini tidak hanya dari segi kualitas saja, tetapi juga mengenai tema yang digunakan.

Dalam dunia pemasaran produk online, ada dua jenis foto produk, yakni clean cut dan in-context. Clean cut lebih menonjolkan produk dengan latar putih atau warna terang lainnya, sedangkan in-context adalah foto sebuah produk yang berfokus pada penggunaannya.

Untuk foto in-context ini sangat berkaitan sekali dengan foto yang tematik. Semisalnya saja, toko online Anda menjual perlengkapan outdoor. Agar menarik dan semakin ‘menjual’, Anda bisa membuat tema seperti foto dengan perlengkapan tersebut di gunung. Bisa juga memakai tenda dengan tema camping di tepi danau atau gunung agar lebih menarik.

Perhatikan Pencahayaan

Intensitas cahaya merupakan faktor penting dari fotografi. Intensitas inilah yang berpengaruh pada hasil akhir foto yang Anda buat. Semakin baik cahaya di area saat foto, maka akan baik pula hasilnya. Begitu pula sebaliknya, jika cahaya di sekitar redup, kemungkinan foto yang dihasilkan pun tidaklah maksimal.

Tipsnya adalah, saat Anda menginginkan foto produk yang bertema outdoor atau luar ruangan, pastikan intensitas cahaya mataharinya cukup tinggi. Meski begitu, berfoto di bawah intensitas matahari tinggi terkadang juga dapat menimbulkan efek bayangan.

Sedangkan bila ingin mengambil foto di dalam ruangan, usahakan terpapar cahaya matahari yang cukup. Namun, jika dirasa masih kurang, Anda bisa menggunakan lampu tambahan. Jadi ,Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Kamera Tidak Harus Mahal

Memang, kamera adalah alat yang mempengaruhi hasil foto. Namun ,terkadang kamera dengan kualitas terbaik cenderung dibanderol dengan harga yang tidak murah. Untuk itu, solusinya Anda bisa menggunakan kamera smartphone. Saat ini smartphone juga memiliki fitur yang tidak kalah dengan kamera DSLR.

Meski Anda menggunakan kamera dari smartphone, asalkan teknik pengambilan foto benar dan tidak asal-asalan, foto akan nampak terlihat maksimal. Anda pun bisa menggunakan tripod agar saat pengambilan gambar menjadi lebih stabil. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan intensitas cahaya.

Gunakan Warna Latar yang Bersifat Netral

Seperti disebutkan sebelumnya, jenis foto produk ada dua jenis. Jika tadi dibahas mengenai pengambilan foto in-context, kali ini adalah bagaimana mengambil foto yang baik untuk clean cut.

Ada yang beranggapan jika foto jenis ini semakin ramai latar belakangnya, maka akan semakin menarik. Ini jelas anggapan yang salah, sebab akan membuat calon konsumen tidak fokus.

Maka dari itulah, Anda bisa mencegah hal itu dengan memilih latar untuk foto produk dengan warna polos atau netral seperti putih. Apabila ingin menambahkan aksesoris untuk pemanis, gunakanlah seperlunya. Dengan cara ini, calon konsumen akan lebih fokus pada produk yang dipajang di toko online Anda.

Gunakan Tools untuk Proses Editing Akhir

Setelah proses pengambilan foto produk selesai, foto tidak langsung digunakan begitu saja. Untuk memperindah dan meningkatkan nilai estetikanya, Anda perlu melakukan proses editing. Dalam proses editing ini diperlukan adanya tools untuk menunjang hasil dan proses akhir dari foto tersebut.

Saat ini, Adobe Photoshop memang menjadi salah satu tools yang paling banyak digunakan. Namun, masih banyak tools lain yang bisa Anda gunakan. Beberapa di antaranya adalah Pixlr, Canva, Fotor, dan Snapseed.

Untuk materi foto produk dan marketing, Canva biasa digunakan. Sedangkan, Fotor lebih banyak digunakan karena mudah dipasang di smartphone, begitu juga dengan Snapseed.

 

Baca juga:  8 Website Pinjam Uang Online

Bagaimana, cukup mudah bukan membuat foto produk yang menarik untuk brand Anda meski budget minim? Tak ada lagi alasan untuk tidak memasang foto produk menarik bagi toko online Anda.

Sumber :
Bigcommerce : How to Master Product Photography on a Tight Budget