3 Hal Ini Bisa Menghambat Adopsi Transformasi Digital Anda

3 Hal Ini Bisa Menghambat Adopsi Transformasi Digital Anda

Transformasi digital yang menjadi primadona dewasa ini memang sangat menggiurkan untuk diikuti. Namun perusahaan Anda tak bisa menggunakannya secara asal, karena ada beberapa hal yang justru bisa membuat transformasi tersebut terhambat. Seperti tiga hal di bawah ini.

Tiga hal ini bisa menghambat adopsi transformasi digital dari perusahaan Anda. Apa saja dan bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Tidak Adanya SDM yang Memadai

Hal pertama yang bisa menghambat adopsi transformasi digital Anda adalah tentunya, SDM yang kurang memadai. SDM atau sumber daya manusia yang tidak memahami bentul transformasi digital yang Anda gunakan. Tidak adanya pemahaman ini bisa membuat mereka kurang efektif dalam menggunakan teknologi yang Anda pilih.

Contohnya, ketika Anda menggunakan media sosial Instagram dan Anda menyuruh orang untuk memegangnya. Ketika ia tidak memahami bagaimana kerja Instagram, tentunya hal ini bisa menjadi sesuatu yang menghambat adopsi transformasi digital Anda.

Seperti bila ia tak paham bagaimana harus mengunggah post di Instagram Anda, atau ketika ia kurang mengerti seperti apa caranya membalas yang benar pada konsumen ketika berbicara lewat Instagram.

Kurang Pemahaman Terhadap Teknologi yang Akan Digunakan

Hal kedua yang bisa menghambat adopsi transformasi digital Anda adalah kurangnya pemahaman terhadap teknologi yang akan digunakan.

Hal ini pun berkesinambungan dengan poin pertama, di mana ketika SDM tak memiliki pengetahuan cukup tentang teknologi yang ia gunakan maka hal ini akan sia-sia.

Karena itu, banyak yang menyarankan bahwa sebelum memilih teknologi untuk transformasi digital Anda, harus tahu betul tentang teknologi tersebut. Bahkan soal media sosial.

Tiap media sosial pun memiliki cara sendiri untuk digunakan. Apalagi ketika Anda serius untuk melakukan promosi. Tidak semuanya bisa diperlakukan sama.

Baca juga:  5 Hal yang Harus Dipelajari oleh Para Startup tentang Transformasi Digital

Beberapa media sosial lebih cocok digunakan untuk promosi secara langsung, ada juga yang lebih cocok untuk digunakan dalam membangun brand Anda.

Asal Mengikut Tren

Hal terakhir yang bisa menjadi blunder ketika Anda menggunakan transformasi digital sebagai salah satu cara untuk mengambil omzet tinggi adalah dengan mengikuti tren.

Memang mengikuti tren bisa menjadi salah satu solusi, namun tak selalu. Apalagi ketika perusahaan Anda memiliki business model yang cukup berbeda dengan yang lain. Mengikuti tren, terkadang justru bisa menjadi blunder dan membuat Anda salah arah.

Ingat, sebelum memilih transformasi digital yang Anda gunakan. Anda harus paham betul tentang teknologi yang akan Anda gunakan.

Cocok tidak dengan model bisnis Anda? Apakah transformasi ini akan menghambat proses lainnya? Ataukah ada risiko tinggi yang kira-kira bisa diterima oleh perusahaan Anda ketika Anda memilih teknologi tersebut.

Ajak seluruh anggota usaha Anda untuk merapatkan hal ini, supaya setiap orang pun bisa memahami kira-kira seperti apa arah perusahaan Anda nantinya.

Inilah tiga hal yang bisa menghambat adopsi transformasi digital perusahaan Anda. Tak hanya soal tren atau teknologi yang digunakan, tetapi juga soal hal lainnya seperti SDM yang ada atau pemahaman Anda tentang teknologi tersebut.

Jangan ragu untuk mengambil konsultan digital yang pas untuk perusahaan Anda, supaya tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Namun Anda juga tak boleh asal dalam memilih konsultan tersebut.

Cari konsultan yang benar-benar direkomendasikan. Bila perlu, tanya kepada teman atau kolega Anda tentang hal ini.

Sumber : 5 Things that Block Your Digital Transformation Adoption