iklan instagram

Memilih Jenis Iklan Instagram yang Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis

Jika dulu Instagram hanya digunakan untuk saling berbagi konten gambar dan video, kini Instagram merupakan salah satu media sosial utama pilihan pebisnis untuk berkampanye iklan mereka.

Tidak hanya konten gambar atau foto, Anda juga bisa menampilkan iklan Instagram berbentuk konten video. Ada beberapa jenis iklan Instagram yang bisa Anda buat untuk mempromosikan produk dan jasa, atau bahkan hanya untuk sekedar memperkenalkan perusahaan Anda.

Lihat beberapa jenis iklan Instagram dan perbedaannya di bawah ini:

1. Iklan Foto

Format iklan ini yang diluncurkan pertama kalinya dalam layanan iklan Instagram. Anda bisa membuat konten iklan atau konten sponsor untuk menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Di sini Anda juga bisa memasukkan call-to-action (CTA) atau link yang mengarah ke halaman website yang diinginkan. Misalnya saja “Shop Now”, “Install Now”, “Sign Up” dan lainnya.

Namun ingat, untuk bisa memasukkan link dalam iklan ini, akun Instagram Anda wajib memiliki minimal 10 ribu follower lebih dulu.

2. Iklan Carousel

Dengan menggunakan jenis iklan Instagram berbentuk carousel, Anda bisa memasang beberapa foto dalam satu iklan. Anda juga bisa memasukkan link untuk mengarahkan target ke halaman website Anda.

Pastikan Anda memilih dan memasang iklan carousel sekreatif mungkin. Tampilkan cerita antara gambar atau foto yang satu dengan yang lainnya sesuai urutan. Atau tampilkan produk yang diiklankan dengan menggunakan berbagai gambar atau foto.

Jenis iklan Instagram ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk Anda sebagai pengiklan, namun juga pelanggan potensial. Pasalnya pelanggan bisa mendapat lebih banyak lagi informasi dari sejumlah konten di iklan ini.

3. Iklan Video

Untuk menghadirkan elemen sinematik dan sesuatu yang unik, Instagram meluncurkan layanan iklan untuk video selama 30 detik. Jenis iklan Instagram ini memungkinkan pengiklan untuk menarik perhatian audiens melalui konten audio visual, dengan ketentuan berikut ini.

Baca juga:  5 Tren Media Sosial untuk Bisnis Tahun 2017

Memiliki format video .mp4
Video aspect ratio: Landscape (1.91:1), Square (1:1), Vertical (4:5)

Resolusi video minimal:
1.91:1 landscape – 600 x 315 px
1:1 square – 600 x 600 px
4:5 vertical – 600 x 750 px

Durasi video maksimal: 60 detik
Ukuran file video maksimal : 4GB
Frame rate maksimal : 30 fps

Mengapa Perlu Beriklan di Instagram?

Dengan lebih dari 700 juta pengguna, saat ini Instagram merupakan pemimpin di dunia platform media sosial. Menurut laporan yang diberikan Instagram, jumlah ini pun semakin meningkat setiap tahunnya.

Selain itu, menurut Forrester Instagram adalah Raja media sosial dengan presentase engagement sebesar 4,21%. Sementara itu Facebook dan Twitter hanya mencapai 0,10%.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan beriklan di Instagram:

  • Jumlah user Instagram selalu bertambah
  • Instagram terhubung dengan Facebook sehingga semakin memudahkan Anda untuk mengidentifikasi target, pembuatan konten hingga penjadwalan tayang iklan
  • Iklan Instagram tidak mengganggu user yang tidak ditargetkan
  • Tingkat engagement jauh lebih tinggi dibandingkan media sosial lainnya
  • Anda bisa mengukur keefektivitasan iklan berdasarkan awareness, reach dan recall
  • Instagram menghasilkan ROI (Return of Investment) yang cepat

Sumber:
MaximizeSocialBusiness: 4 Benefits to Advertising on Instagram