Cara Memanfaatkan Instagram Story untuk Marketing

Instagram Stories telah mengubah cara user menggunakan Instagram, mengubah platform tersebut menjadi sesuatu yang lebih dari album foto online harian Anda. Kini, Instagram Stories bahkan meluncurkan stiker-stiker terbaru yang dapat diaktifkan melalui saluran penjualan Instagram.

Stiker-stiker yang tersedia dapat digunakan untuk memungkinkan pelanggan menemukan, berbelanja, dan membeli produk langsung dari Instagram. Anda pun dapat menggunakan Instagram Stories untuk tetap terhubung dengan follower setia Anda. Sementara juga membuat konten yang terbuka untuk dicari oleh audiens baru.

Instagram Stories menjadi salah satu fitur Instagram terpopuler yang digunakan saat ini. Kepopuleran tersebut membuat para digital marketer tertarik menggunakannya untuk pemasaran. Lantas, bagaimana cara menggunakan Instagram Stories untuk marketing? Berikut informasinya!

Pastikan Anda membuat perencanaan yang matang

Basis pengguna aktif Instagram Stories mencapai 400 juta pengguna harian. Besarnya pengguna harian Instagram Stories membuat Anda harus memanfaatkannya dengan maksimal.

Untuk memperoleh hasil yang Anda inginkan, Anda harus memastikan bahwa postingan Instagram Stories yang Anda buat sudah melalui perencanaan yang matang.

Meskipun pemasaran yang dilakukan melalui media sosial tidak menguras banyak biaya, bukan berarti Anda boleh sembarangan membuat konten. Berbeda halnya dengan pengguna umum Instagram Stories yang memposting apa saja, untuk kepentingan pemasaran Anda harus melakukan perencanaan yang matang terlebih dulu.

Anggaplah Anda tengah mempersiapkan pembuatan iklan untuk televisi misalnya. Pikirkanlah cerita dan konten seperti apa yang akan membantu Anda mendapat perhatian dan engagement dari publik.

Jika tidak merencanakan konsep dan konten yang akan dibuat untuk Instagram Stories dengan matang, postingan Anda hanya akan terlihat tak menarik dan berantakan.

Buat Instagram Stories kreatif

Untuk menciptakan konten Instagram Stories kreatif, ada sejumlah fitur yang bisa Anda gunakan. Semakin kreatif konten Anda, semakin besar peluangnya untuk menarik lebih banyak perhatian audiens. Namun, Instagram Stories tetap mengharuskan Anda membuat konten vertikal dengan ukuran 1080×1920 pixel.

Untuk membuat Instagram Stories yang kreatif, Anda bisa membuat konten berkualitas terlebih dulu seperti menggunakan Canva, Adobe PhotoShop atau bahkan Adobe Premiere bila Anda sedang membuat konten berupa konten video. Pastikan juga terdapat Call to Action dalam konten Instagram Stories Anda.

Lakukan repost

Untuk membuat Instagram Stories kreatif, Anda juga bisa memanfaatkan konten yang sudah sebelumnya. Kembali membagikan posting media sosial secara umum untuk digunakan sebagai konten Instagram Stories bisa membuatnya terlihat menarik.

Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan video yang dibuat untuk Snapchat dengan banyak fitur. Anda bisa menyimpannya dan repost pada Instagram Stories sehingga konten tersebut terlihat berbeda dengan konten Instagram Stories pada umumnya.

Instagram Live

Kelebihan Instagram Live salah satunya adalah follower akan mendapat notifikasi saat Anda memulai live video. Dengan begitu, kesempatan Anda mendapatkan jumlah penonton juga lebih tinggi. Anda pun dapat menyimpan video yang telah dilakukan setelah live video berakhir untuk dilihat follower lain yang tidak sempat melihat live video Anda.

Mengingat fitur ini menarik para penonton untuk meninggalkan komentar secara langsung, ada baiknya jika Anda mempersiapkan konsep live video Anda dengan matang. Kematangan konsep memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak komentar positif dan lebih menarik.

Ada sejumlah ide live video yang bisa Anda lakukan. Pertama, mengundang para follower untuk mengikuti kontes tertentu. Kedua, mengadakan sesi Q&A (questions and answer). Ketiga, talk show. Keempat, vlogging live. Kelima, meliput suatu acara atau share momen-momen menarik.

 

Baca juga:  Cara Menggunakan Instagram Location Untuk Bisnis

Nah, kini sudah siapkah Anda mengoptimalkan Instagram Stories untuk marketing? Ide apa yang Anda miliki? Semoga Anda sukses mengeksekusinya!

Sumber :
Shopify : How to Use Instagram Stories for Marketing (And Why You Should)