cara menggunakan instagram stories

Cara Menggunakan Instagram Stories Sebagai Media Marketing

Studi yang dilakukan oleh Cornell University terhadap 25 mahasiswa, menemukan bahwa mereka menyukai aplikasi dan fitur Snapchat karena dianggap menyenangkan.

Fitur yang kemudian diadaptasi oleh Instagram dalam Instagram Story ini fokus kepada konten video yang dirasa tidak begitu formal sehingga lebih nyaman untuk digunakan.

Instagram Story dengan cepat menjadi populer dan hal ini pun dimanfaatkan oleh para digital marketer untuk memasarkan produk dan jasa mereka. Jika Anda tertarik menggunakan Instagram Stories sebagai strategi marketing, berikut ulasannya.

1. Buat Perencanaan yang Matang

Hanya karena pemasaran dilakukan melalui media sosial yang tidak menguras banyak biaya, bukan berarti Anda bisa asal membuat konten. Jika pengguna Instagram Story umumnya memposting apa saja, lain hal untuk kebutuhan marketing yang memerlukan perencanaan terlebih dulu.

Anggap Anda sedang mempersiapkan pembuatan iklan untuk televisi misalnya. Cerita dan konten seperti apa yang akan membantu Anda untuk mendapat perhatian dan engagement dari publik?

Rencanakan dengan matang konsep dan konten yang akan dibuat untuk Instagram Story. Konten yang dibuat tanpa persiapan dengan baik hanya akan terlihat “berantakan’.

2. Berkreasi dengan Instagram Story

Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan dalam postingan untuk membuat konten semakin menarik perhatian. Meskipun begitu, Instagram Story mengharuskan Anda membuat konten vertikal dengan ukuran 1080×1920 pixel.

Buatlah konten berkualitas terlebih dulu seperti menggunakan Canva, PhotoShop atau bahkan AdobePremiere (jika berupa konten video). Pastikan juga terdapat Call to Action (CTA) dalam konten Instagram Story.

Anda harus ingat bahwa konten postingan tersebut hanya berdurasi selama 15 detik saja. Dengan demikian perhatikan ketepatan pesan yang ingin disampaikan dengan waktu yang dimiliki.

Baca juga:  19 Alasan Memiliki Website Untuk Bisnis

Manfaatkan fitur edit teks, gambar, video, doodle ataupun contrast untuk semakin memperkaya konten.

3. Repost Konten dari Instagram Bisnis atau Platform Lain

Manfaatkan konten yang sudah dibuat untuk posting media sosial secara umum untuk digunakan sebagai konten Instagram Story.

Misalnya saja video yang dibuat untuk Snapchat dengan banyak fitur. Simpan dan repost pada Instagram Story sehingga konten tersebut terlihat berbeda dibandingkan konten Instagram Story pada umumnya.

4. Gunakan Hashtag yang Tepat

Anda bisa mendapatkan lebih banyak “likes” dengan penggunaan hashtag pada postingan Instagram biasa. Namun untuk Instagram Story, hashtag justru dapat menyebabkan efek berbeda.

Hashtag pada Instagram Story dapat Anda gunakan secara efektif jika memang hashtag tersebut merupakan buatan Anda sendiri. Misalnya Anda membuat hashtag dalam pelaksanaan kontes tertentu atau hashtag Anda dapatkan ketika ada pelanggan yang menggunakan produk/jasa Anda.

Sementara itu location tag akan meningkatkan kualitas dan engagement karena membantu user untuk mencari/menemukan Anda. Kemudian, Anda bisa menambahkan location atau hashtag ke dalam postingan Instagram Story pada menu Stickers.

5. Instagram Live

Pada dasarnya live video membatasi kontrol Anda karena dilakukan secara real-time. Namun live video juga merupakan format interaktif yang fleksibel.

Salah satu kelebihan Instagram Live adalah follower akan mendapat notifikasi ketika Anda memulai live video. Dengan demikian kesempatan Anda mendapatkan jumlah penonton juga lebih banyak. Anda bisa menyimpan video yang telah dilakukan setelah live video berakhir.

Ingat bahwa fitur ini akan “mengundang” para penonton untuk memberikan komentar secara langsung baik positif maupun negatif. Jadi persiapkan dengan matang konsep live video seperti apa yang akan dilakukan.

Beberapa ide live video yang bisa dilakukan:

  • Mengundang para follower untuk mengikuti kontes tertentu
  • Mengadakan sesi Q&A (question and answer)
  • Talk Show
  • Vlogging live
  • Meliput suatu acara atau share momen-momen menarik
Baca juga:  7 Cara Membuat Video Marketing yang Tidak Menguras Biaya

Sumber: 
Shopify: How to Use Instagram Stories for Marketing (And Why You Should)