website ecommerce

Jasa Pembuatan Website Ecommerce

Anda pasti pernah bertransaksi secara online bukan? Misalnya untuk membeli baju, makanan, peralatan elektronik, bahkan membayar pulsa hingga tagihan listrik kini bisa dilakukan secara online. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kehadiran bisnis secara online untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mudah.

Kemudahan bertransaksi dan berbelanja secara online disadari oleh para pebisnis yang kemudian memutuskan untuk membuat website ecommerce. Mereka harus memastikan bahwa website miliknya dibuat oleh penyedia jasa pembuatan website ecommerce terbaik.

Penyedia jasa pembuatan website ecommerce yang baik harus mampu memenuhi kebutuhan klien, salah satunya dengan cara melengkapi website menggunakan fitur-fitur yang mendukung.

Untuk memastikan penyedia jasa pembuatan website ecommerce Anda membangun website yang baik, lihat beberapa fitur wajib yang harus ada di website ecommerce Anda:

Slider/Banner

Yang dimaksud dengan slider atau banner adalah konten gambar yang ada di halaman utama website. Slider atau banner berisi informasi mengenai promo-promo terbaru untuk menarik perhatian calon pembeli.

Kotak Pencarian

Fitur ini sangat dibutuhkan oleh semua website ecommerce, apalagi jika Anda menjual banyak sekali jenis produk berbeda. Melalui fitur ini calon pembeli akan dimudahkan untuk menemukan produk yang mereka inginkan.

Kategori Produk dan Filter Harga

Melanjutkan poin sebelumnya, kategori produk dan filter harga akan semakin memudahkan calon pembeli menemukan dan memilih produk yang sesuai dengan keinginan, baik dari segi jenis maupun harga.

Proses Pemesanan

Tentu saja fitur proses pemesanan sangat dibutuhkan untuk melakukan transaksi. Pastikan proses pemesanan atau belanja bisa dilakukan pelanggan dengan mudah. Proses ini meliputi pemesanan produk, pemilihan metode pembayaran, dan pengiriman.

Pasang fitur konfirmasi pembayaran sehingga baik pembeli maupun Anda tahu bahwa pembayaran telah sukses dilakukan. Anda juga harus mempertimbangkan fitur untuk membatalkan pesanan apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pelanggan.

Baca juga:  Cara Membuat Navigasi Website yang Ramah SEO

Pastikan website Anda juga memungkinkan pembeli untuk melakukan pencarian pesanan mereka berdasarkan misalnya nama akun ataupun waktu dilakukannya transaksi. Dengan demikian pembeli bisa “memantau” pesanan mereka.

Pembayaran

Sediakan sejumlah pilihan atau metode pembayaran baik offline maupun online. Pembayaran offline yang bisa disediakan antara lain transfer, tunai atau COD (Cash On Delivery). Sementara itu pembayaran online bisa dengan menggunakan fasilitas Payment Gateway.

Pengiriman

Setiap orang memiliki jasa pengiriman yang disukai masing-masing. Sertakan juga fitur pengelolaan lokasi pengiriman, termasuk informasi ongkos kirim ke masing-masing lokasi.

Rating dan Testimoni

Selain bermanfaat bagi calon pelanggan yang ingin membeli produk Anda, rating dan testimoni dari pelanggan juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi Anda. Rating dan testimoni pelanggan bisa memberikan Anda informasi seperti apa saja hal-hal yang harus Anda perbaiki dan kembangkan selanjutnya.

Landing Page

Landing page berfungsi sebagai halaman khusus untuk mengarahkan pengunjung agar melakukan sesuatu secara spesifik. Dapat dikatakan landing page merupakan salah satu elemen utama yang membantu Anda untuk mendapat konversi.

Pada dasarnya landing page berisi detail informasi sebuah produk atau layanan. Misalnya spesifikasi, harga, testimonial, dan informasi lainnya terkait produk tersebut dan terdapat tombol CTA (Call to Action).

Tombol CTA itu terhubung dengan halaman lain untuk melakukan engagement selanjutnya. Misalnya saja halaman diskon, promo khusus, atau event yang berlangsung dengan terbatas.

Chat

Tentu calon pembeli ingin banyak bertanya mengenai produk yang ingin dibeli. Oleh karena itu sediakan fitur seperti Live Chat atau paling tidak kolom komentar untuk saling berkomunikasi.

Cantumkan telepon atau alamat yang jelas, serta link yang mengarahkan calon pembeli ke media sosial bisnis Anda (jika ada).