Kelebihan Transformasi Digital

5 Kelebihan Terbesar dari Transformasi Digital

Transformasi digital adalah bentuk investasi baru dalam bidang teknologi, model bisnis, serta proses bisnis yang dinilai cukup efektif membantu suatu perusahaan dalam bersaing di era perubahan ekonomi digital yang serba cepat.

Transformasi digital juga memegang peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara, tak terkecuali Indonesia.

Bahkan, tercatat sekitar 79% perusahaan dalam negeri saat ini berada pada tahapan transformasi digital.

Lantas, apakah kelebihan terbesar dari munculnya transformasi digital itu sendiri?

Meningkatkan pendapatan masyarakat

Hal yang paling mudah dirasakan akibat transformasi digital adalah adanya potensi kenaikan pendapatan pribadi masyarakat di suatu negara.

Di Indonesia sendiri, transformasi digital berhasil menciptakan beragam peluang bisnis yang menarik untuk dicoba, termasuk bagi para pemula.

Tentu saja hal tersebut sangat memengaruhi stabilitas ekonomi bangsa. Tak jarang mereka yang masih berstatus pelajar juga bisa memiliki pekerjaan lepas berbasis internet.

Menciptakan pekerjaan dengan nilai yang lebih tinggi

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, transformasi digital berhasil mengurangi angka pengangguran di Indonesia dengan cara menciptakan pekerjaan dengan nilai yang lebih tinggi.

Artinya, bisnis atau usaha yang memanfaatkan perkembangan teknologi terkini tentu dapat menjangkau pasar yang lebih luas bahkan mendunia.

Pendapatan pun jauh lebih besar jika dibandingkan dengan model bisnis skala kecil dengan lingkup pasar yang tidak meluas.

Sumber Daya Manusia yang lebih berkualitas

Adanya transformasi digital yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru tentu akan membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas.

Baca juga:  Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Sistem Point of Sales

Sebanyak 93% pekerjaan akan berubah dalam tiga tahun ke depan karena transformasi digital. Sebagian besar pekerjaan yang tersedia saat ini akan dipindahtangankan pada peranan dengan nilai lebih tinggi, atau mengembangkan kemampuan (reskilled), untuk memenuhi kebutuhan di era digital tersebut.

Membangun keamanan negara

Kelebihan transformasi digital memang sangat terasa pada kondisi ekonomi, namun ternyata kondisi tersebut juga berdampak pada keamanan suatu negara.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, maka angka kriminalitas juga dapat diminimalisir. Negara pun menjadi lebih aman dan nyaman untuk ditinggali.

Jika kondisi ini dapat berlangsung lama dan stabil, maka Indonesia akan menjadi negara yang lebih maju lagi di kemudian hari.

Menambah keuntungan bagi perusahaan dan konsumen

Transformasi digital yang menjadi tantangan bagi setiap perusahaan merupakan integrasi antara teknologi informasi dan bisnis.

Untuk itu, perusahaan juga perlu melakukan transformasi digital agar tetap memenangkan persaingan dengan kompetitor. Jika tidak melakukan transformasi digital, maka perusahaan tersebut otomatis hanya mampu menjangkau konsumen old-fashion.

Sebaliknya, jika diterapkan secara tepat, perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Transformasi digital juga memberikan keuntungan bagi konsumen. Misalnya, melalui pembelian secara online, konsumen tidak perlu datang ke lokasi untuk bertransaksi.

Selain itu, konsumen juga lebih mudah untuk melakukan komparasi harga, mana yang lebih murah dan efisien untuk dibeli. Jelas lebih untung, bukan?

Itulah tadi lima kelebihan terbesar yang dapat Anda rasakan dari adanya transformasi digital. Menariknya, profesional muda di Indonesia saat ini tercatat sudah memiliki kesiapan skill yang matang untuk mengambil peran yang lebih besar di masa mendatang.

Hal ini patut dipertahankan dan dikembangkan lebih jauh sehingga masyarakat Indonesia dapat meningkatkan kemampuan untuk memperoleh kehidupan yang lebih layak dan siap menghadapi tantangan zaman.

Baca juga:  3 Alasan Mengapa UKM Wajib Memanfaatkan Transformasi Digital

Sumber : 5 Huge Benefits of Digital Transformation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *