Bisakah Perusahaan Memperoleh Keuntungan dengan Menggunakan Progressive Web App?

Progressive Web App (PWA) sempat menjadi topik hangat ketika Google pada tahun 2016 membahasnya di event I/O. PWA adalah aplikasi web yang berjalan layaknya aplikasi native, notifikasi, dan UX. Contoh dari aplikasi PWA adalah mobile Twitter dan juga mobile Facebook.

Jika Anda membuka kedua website di atas, Anda akan merasa bahwa sudah membuka lewat aplikasi. Ini juga bisa Anda rasakan ketika Anda membuka website Tokopedia dan Bukalapak lewat browser mobile.

Kini Anda pun bertanya-tanya, sebetulnya apa saja keuntungan dari penggunaan PWA, terutama untuk keberlangsungan perusahaan Anda? Simak ulasannya berikut ini.

 

 

Website Anda Bisa Dibuka Secara Offline

Keunggulan pertama dari PWA adalah website Anda yang bisa dibuka secara offline. Ketika para pengunjung sudah sempat membuka website, PWA secara sistem akan menyimpan beberapa halaman yang sudah dibuka sebelumnya. Lalu bagaimana jika ada pengunjung yang sempat melakukan klik di website yang sudah offline? Di dalam PWA, Anda bisa melakukan setting untuk menyiapkan halaman offline sendiri.

Walaupun begitu, ada beberapa kelemahan di sini. Untuk website Anda yang menggantungkan hidupnya di Adsense, pada halaman offline, iklan tidak akan keluar. Walaupun begitu, setidaknya para pengunjung tidak akan kecewa setelah membuka website.

Tampilan Seperti Aplikasi, Bekerja Seperti Website

Salah satu keuntungan besar dari website mobile yang sudah terintegrasi dengan PWA adalah tampilan website akan mirip sekali dengan aplikasi dan semua UI/UX-nya akan bekerja layaknya seperti di dalam website. Pada tahun 2016, Google mengeluarkan studi bahwa 11% pengunjung website ternyata setuju untuk download website PWA.

Bahkan tidak hanya itu, sekitar 6-7% pengunjung website juga setuju untuk menerima push notification. Jadi, jika pasar Anda kebanyakan adalah menengah ke bawah, ini akan menjadi keunggulan karena mereka tidak perlu memasang aplikasi dan memenuhi memori di dalam smartphone-nya.

Meningkatkan Performa Website

Jika Anda menghubungkan website dengan Analytics, Anda akan melihat bagaimana performa website sangat berpengaruh terhadap kembalinya para visitors. Sekarang coba bayangkan jika ada pengunjung yang datang ke website Anda kemudian ternyata ada masalah di dalam load time sehingga mereka tidak pernah akan kembali lagi.

Nah, dengan adanya PWA ini, para pengunjung yang sebelumnya mempunyai masalah terhadap load time, mereka bisa dengan tenang browsing di dalam website tanpa takut lemot.

Pada Google Analytics, akan terlihat berapa returning visitor dan juga new visitor. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, Anda harus bisa melakukan maintenance returning visitor. Karena jika Anda hanya mengandalkan new visitor, website Anda tidak akan bisa berkembang dengan baik.

Progressive Web App atau PWA memungkinkan website atau aplikasi Anda untuk bekerja secara maksimal sehingga pengunjung atau pengguna pun merasa puas saat menggunakannya. Semakin tinggi tingkat kepuasan mereka, tentunya akan berdampak semakin baik untuk perusahaan Anda. Jadi, sudahkah Anda yakin untuk menerapkan PWA?

Sumber:
Infoq: Can Your Company Benefit from a Progressive Web App?

Baca juga:  Apa Itu CMS (Content Management System)?