5 Komponen Penting dalam Web Design Modern

Era digital seperti saat ini membuat interaksi antara konsumen dengan produsen semakin mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan situs website untuk melihat sebuah produk, promo, dan sebagainya.

Mengingat begitu besarnya peran website dalam pemasaran maupun penjualan sebuah produk dan jasa, maka sangat penting untuk membuat website nampak menarik dan terlihat modern. Untuk menciptakan hal tersebut, ada lima komponen yang perlu diperhatikan seperti dalam ulasan berikut ini.

 

 

Layout yang Enak Dipandang

Sebuah situs website sebaiknya memperhatikan tata letak desain agar pembaca mudah menangkap dan menerima informasi yang disampaikan. Untuk itu, membuat tata letak atau layout yang simpel bisa Anda lakukan. Buatlah susunan atau alur informasi yang dapat diikuti oleh mata pembaca.

Kemudian, Anda perlu menyusun elemen berdasarkan skala prioritas apa yang akan disampaikan. Susunannya meliputi hal paling penting, penting, dan kurang penting.

Untuk hal yang paling penting (main post), baiknya Anda letakkan di sisi kiri, sementara untuk sidebar berada di sebelah kanan. Keseimbangan susunan elemen desain juga penting diperhatikan agar nampak rapi.

Pilih Jenis Font Huruf Menarik

Setelah memilih layout, langkah berikutnya adalah memilih jenis font huruf. Memilih huruf di website tentu berbeda dengan memilih font huruf untuk brosur atau tulisan buku.

Hal ini karena mata manusia lebih cepat lelah ketika membaca di kertas. Memilih jenis font huruf website dirasa penting karena menjadi ciri khas bisnis Anda dan dapat meningkatkan pembaca.

Ada empat klasifikasi huruf dasar, yakni Serif, Sans Serif, Script, dan dekoratif. Serif memberikan kesan klasik dan elegan seperti Times New Roman, Garamond, Georgia dan Cambria.

Sedangkan Sans Serif paling cocok digunakan karena tingkat readibility-nya tinggi dan memberi kesan formal sekaligus casual. Contohnya adalah Helvetica, Arial, Trebuchate, Verdana, dan Josefin Sans.

Untuk huruf Script, dapat Anda gunakan pada judul post dan hindari menggunakannya di body text. Sementara dekoratif, sama halnya dengan Script, cocok digunakan untuk judul maupun body text.

Mainkan Kombinasi Warna

Pengunjung dan pembaca website Anda akan tertarik jika desain memiliki warna yang enak dipandang. Warna juga dapat mempengaruhi mood dan psikologi pembaca. Hindari pula menggunakan warna yang lebih ramai dari konten itu.

Agar dapat mengkombinasikan warna dengan baik, gunakan warna muda untuk latar dan warna tua untuk teks. Jika tidak terlalu yakin, Anda bisa gunakan motif grayscale.

Untuk menciptakan ciri tersendiri pada website, pilihlah satu warna yang akan Anda highlight. Sementara untuk variasinya, Anda dapat menggunakan warna lain namun tone dan gradasi masih harus tetap sama dengan warna utama.

Navigasi Menu

Dalam sebuah web, navigasi menu ini dapat dianalogikan sebagai petunjuk untuk memudahkan pembaca mencari konten yang diinginkan. Terdapat dua jenis dalam navigasi ini, yakni navigasi linear dan navigasi hamburger.

Namun, sebaiknya Anda menggunakan navigasi hamburger karena lebih mudah dan memberikan ruang pada website. Salah satu desain web yang menggunakan jenis ini adalah Google Chrome.

Tips untuk membuat navigasi nampak mudah adalah dengan meletakkannya di bagian atas layout, bisa di bawah atau atas header. Berikutnya, kategorikan navigasi berdasarkan tema dan topik.

Gunakanlah menu dropdown untuk memisahkan sub topik dengan sub-sub topik lain dan gunakan satu baris navigasi saja. Jangan lupa juga untuk memberi tombol ‘search’ dalam tampilan termasuk kontak yang dapat dihubungi.

Kualitas Gambar dan Video

Penting bagi Anda untuk memperhatikan kualitas gambar dan video yang digunakan. Idealnya, foto yang baik memiliki resolusi minimal 150 PPI. Gunakanlah gambar yang berformat JPG.

Hindari menggunakan foto dengan watermark dan bila foto itu berlisensi, sebaiknya Anda membelinya untuk menghindari isu copyright.

Berikutnya adalah gunakan foto dan video yang relevan dengan isi konten Anda. Jika Anda mengambil foto dari website lain, sebutkan sumbernya dengan direct link secara lengkap. Hal ini untuk menghindari terjadinya pelanggaran hak cipta.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat tampilan website modern? Selamat mencoba dan semoga website Anda berhasil mendapatkan traffic yang tinggi!

Sumber:
Hubspot: The 8 Elements of Modern Web Design (And Web Design Trends to Watch)

Baca juga:  Jenis Ekstensi Domain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *