konten marketing

3 Hal Penting yang Harus Diketahui Tentang Konten Marketing

Penggunaan konten marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dan banyak digunakan saat ini dalam ranah digital marketing. Namun tentu saja efektivitas konten marketing tergantung pada kualitas, relevansi dan daya tarik konten itu sendiri.

Sebagai seorang marketer, Anda harus memastikan bahwa konten marketing yang Anda buat mampu menjual dan menarik perhatian audiens. Di bawah ini merupakan beberapa hal penting yang harus diperhatikan mengenai konten marketing:

1. Konten Tidak Harus Selalu Artikel

Ada banyak jenis konten marketing yang bisa Anda buat, misalnya saja seperti podcast, video, blog, eBook dan postingan media sosial. Anda dapat mempekerjakan content writer, desainer grafis atau videografer untuk membuat konten tersebut secara profesional dan sesuai dengan kebutuhan produk atau jasa Anda.

2. Kualitas Sama Pentingnya dengan Kuantitas

Kualitas konten Anda memainkan peran penting dalam melibatkan pembaca dan meningkatkan peringkat pada mesin pencari seperti Google. Konten yang mengandung informasi yang relevan dengan kebutuhan audiens atau membahas tren terbaru cenderung lebih menarik perhatian.

Hal ini menuntut Anda untuk memprioritaskan kualitas di atas kuantitas konten yang dibuat. Fokus pada informasi yang bermanfaat bagi audiens.

Di samping itu, konten yang dibuat dan disebarkan dengan cara yang salah tidak akan memberikan Anda keuntungan apapun. Pada dasarnya, kampanye pemasaran dengan konten yang buruk hanya akan membuang waktu dan biaya saja.

Oleh karena itu perhatikan secara detail mengenai kualitas konten, termasuk tata bahasa, ejaan, ketajaman gambar atau video, judul yang menarik, dan sebagainya. Selain itu, pastikan juga konten yang dibuat bukan hasil plagiat.

3. Custom Konten Adalah Konten Terbaik

Audiens lebih menyukai konten yang menarik dan dibuat khusus (custom) untuk mereka. Jangan salah pengertian, bukan berarti Anda harus menciptakan ribuan konten berbeda untuk masing-masing pelanggan. Yang dimaksud custom konten adalah mempersonalisasi konten secara khusus.

Baca juga:  14 Contoh Email Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis

Hal ini bisa diterapkan misalnya dalam bentuk blog, artikel atau newsletter yang membahas sesuatu secara lebih personal. Seperti blog tentang kesehatan ibu dan janin bagi audiens ibu hamil, atau pola makan dan hidup sehat bagi seluruh kalangan tanpa batas.

Anda juga bisa membuat infografis tertentu yang berguna bagi para pebisnis dan influencer. Buat konten yang spesifik bagi pelanggan untuk membantu Anda dalam mencapai target pemasaran dengan lebih cepat dan mudah.

Sumber:
IncAsean: 3 Little-Known Facts About Content Marketing