membuat aplikasi mobile

10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Aplikasi Mobile

Hampir semua kebutuhan masyarakat dapat terbantu dengan adanya berbagai macam aplikasi mobile yang tersedia. Kebutuhan komunikasi, transportasi, pekerjaan hingga hobby bisa Anda dapat dari penggunaan aplikasi mobile.

Namun, bukan hal yang mudah untuk membuat aplikasi mobile baik Android maupun iOS. Anda harus mengetahui apa saja elemen penting yang dibutuhkan untuk bisa membuat sebuah aplikasi mobile. Perhatikan beberapa hal berikut:

1. Tempat Aplikasi Akan Digunakan

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika membuat aplikasi mobile adalah memikirkan tentang di mana atau seperti apa aplikasi tersebut akan digunakan. Ingat, belum tentu aplikasi yang Anda buat bisa digunakan di mana saja atau kapan saja.

Anda harus spesifik memikirkan tentang di mana tempat user akan memakai aplikasi mobile tersebut karena hal ini akan mempengaruhi desain aplikasi mobile Anda nantinya.

Misalnya aplikasi tersebut berhubungan dengan aspek geo-location yang harus terhubung dengan Global Positioning System (GPS) dan akan digunakan ketika user sedang berjalan.

Untuk aplikasi jenis ini pastikan fungsi dasarnya dapat diakses dan dilihat dengan mudah mengingat user menggunakannya selagi mereka bergerak.

Aplikasi yang akan digunakan dalam keadaan user sedang berjalan/bergerak harus fokus pada teks yang besar dan mudah dibaca serta dapat dengan mudah di-scroll.

2. Definisikan Tujuan Utama Aplikasi

Pendekatan yang berorientasi tujuan adalah cara yang paling “aman” untuk membuat aplikasi mobile yang efektif dan sukses. Maksud di sini adalah Anda harus memikirkan dengan matang mengenai tujuan apa yang ingin dicapai dari aplikasi mobile yang akan Anda buat.

Buat riset tentang apa saja kebutuhan masyarakat dan pelanggan Anda, apa yang mereka gunakan untuk mendukung kegiatan sehari-hari mereka dan bagaimana Anda bisa membantunya. Tujuan utama yang jelas akan menjadi panduan Anda dalam membuat dan mengembangkan mobile aplikasi tersebut.

Baca juga:  Cara Memilih Mobile App Developer yang Tepat untuk Anda

3. Desain yang Jelas

Tidak hanya desain aplikasi yang jelas, melainkan juga desain pada semua aspek termasuk tentu saja fitur aplikasi. Anda harus memastikan bahwa Anda dan user memiliki pemahaman yang sama mengenai fungsi dan penggunaan aplikasi ketika membuat aplikasi mobile tersebut.

Jangan membuat desain sesuka hati dan malah membingungkan user. Ketika membuat aplikasi mobile, pastikan menu dibuat sederhana dan mudah dibaca sehingga memudahkan user dalam memahami cara penggunaannya.

Anda juga bisa menambahkan icon yang relevan untuk semakin memperjelas fungsi dari masing-masing bagian di dalam aplikasi.

4. Desain dan Ukuran yang Responsif

Ada banyak jenis perangkat yang digunakan masyarakat dengan ukuran layar yang berbeda, sehingga pastikan aplikasi Anda dapat dibuka di semua perangkat tanpa terkecuali.

Ini berarti, programmer atau developer aplikasi harus membuat aplikasi mobile dengan desain dan ukuran yang responsif agar bisa disesuaikan dengan perangkat yang digunakan user.

5. Pilihan Multi User dan Multi Device

Pertimbangkan untuk membuat sistem atau fitur multi user dan multi device untuk semakin memudahkan user menggunakan aplikasi Anda.

Untuk itu, Anda juga harus merancang proses registrasi yang memungkinkan user untuk memiliki akun yang dapat digunakan dalam dua atau lebih perangkat berbeda dalam proses membuat aplikasi mobile.

Jangan membuat proses registrasi atau login yang rumit mengingat banyak aplikasi yang mengharuskan user mengisi banyak sekali data sehingga malah membuat user malas melanjutkannya. Jika user harus mengisi data mereka lebih dari waktu 1 menit, maka Anda bisa langsung kehilangan banyak user potensial.

6. Platform yang Sesuai

Jangan bingung dengan banyaknya platform yang tersedia di internet. Pilih satu yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan serta tujuan utama Anda. Jangan sampai platform tersebut malah menyebabkan aplikasi mobile Anda tidak dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga:  Cara Memilih Mobile App Developer yang Tepat untuk Anda

Pastikan juga Anda sudah menggunakan kode generik yang tepat dan tipe produk yang benar untuk jenis aplikasi Anda.

7. Warna untuk Menyampaikan Pesan dengan Tepat

Warna bisa dipilih dan digunakan untuk menyasar tujuan tertentu. Misalnya warna hitam pada sebuah tombol pertama dan warna lebih cerah pada tombol lainnya, maka pesan yang akan tersampaikan: tombol pertama adalah tombol yang paling penting di antara semuanya.

Jangan gunakan warna yang berbeda untuk setiap tombol dan cobalah membuat perbedaan yang jelas antar tombol tersebut serta background yang digunakan. Pikirkan juga mengenai psikologi warna yang dipakai.

User umumnya cenderung menghindari tombol berwarna oranye karena persepsi umum tentang warna ini menciptakan sebuah rasa urgensi.

8. Label Icon

Agar tidak membuat user bingung mengenai fungsi setiap tombol berbeda, lebih baik berikan label yang jelas untuk setiap tombol atau icon.

9. Desain Sederhana

Sentuhan dan desain sangat penting dalam pembuatan aplikasi mobile modern karena hampir semua penggunaan aplikasi dilakukan dengan tapping (sentuhan) ke layar. Oleh karena itulah pastikan desain aplikasi mobile dirancang dengan sederhana.

Misalnya saja lokasi peletakan menu yang berada di atas, bawah ataupun samping kanan dan kiri sangat mempengaruhi kenyamanan pemakaian oleh user.

10. Feedback dan Evaluasi

Pihak yang langsung merasakan baik atau buruknya aplikasi mobile Anda adalah para user. Mereka berharap bisa menggunakan aplikasi yang merespon dengan cepat dan efektif.

Terima semua feedback dan lakukan evaluasi terhadap aplikasi mobile Anda secara berkala.

Sumber:
Line25: 10 Things to Know When Designing Mobile Apps