membuat konten viral

10 Tips Sederhana untuk Membuat Konten Viral

Sebagai seorang pebisnis atau pemasar di era digital saat ini, Anda harus bersaing dengan banyak kompetitor di luar sana. Agar mendapatkan profit dan mencapai tujuan, Anda harus mampu menarik perhatian pasar dan salah satunya dengan cara membuat konten viral.

Dibutuhkan ekstra kerja keras untuk bisa menciptakan sesuatu yang viral di internet . Apalagi jika target pasar Anda sangat spesifik terhadap kelompok tertentu.

Sebagai panduan, perhatikan cara membuat konten viral berikut ini:

1. Artikel Panjang, Detail dan Tidak Membosankan

Studi menjelaskan bahwa artikel yang cukup panjang akan dibagikan (share) lebih banyak hampir dua kali lipat dibandingkan artikel yang pendek. Jumlah kata yang disarankan adalah 3.000 sampai 10.000 kata per artikel.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat konten viral adalah menggali sumber dan informasi sebanyak mungkin untuk memperkaya artikel. Sertakan juga fakta atau informasi menarik yang belum diketahui oleh banyak orang sehingga lebih menarik.

2. Tahu Waktu Terbaik untuk Posting

Setelah memiliki konten, langkah selanjutnya untuk membuat konten agar cepat viral adalah dengan membagikannya ke publik. Misalnya melalui media sosial, dan berikut waktu terbaik untuk memposting konten di media sosial.

  • Facebook: Selasa
  • Twitter: Selasa
  • Pinterest: Senin
  • Google+: Selasa
  • LinkedIn: Senin

Posting konten pada awal minggu agar banyak mendapatkan share, namun secara keseluruhan waktu terbaik untuk memposting konten adalah hari Selasa.

3. Buat Konten Listicle

Listicle adalah kontel artikel berupa list, di dalamnya memudahkan orang lain untuk membaca dan memahami informasi yang disampaikan. Penelitian menunjukkan bahwa artikel dengan jumlah list yang cukup (sekitar 10 poin) lebih banyak mendapat share dibandingkan dengan artikel dengan list yang terlalu banyak.

Baca juga:  Cara Memilih Nama Domain Website / Blog

4. Tambahkan Gambar untuk Setiap Artikel

Konten gambar lebih mampu menarik perhatian dibandingkan dengan teks, sehingga sebaiknya Anda memasukkan minimal satu gambar pada setiap artikel yang dibuat.

Pada perhitungan rata-rata, postingan artikel dengan gambar mendapatkan lebih banyak share daripada artikel teks biasa.

5. Buat Konten yang Lucu dan Menyenangkan

Artikel, gambar, kuis dan berbagai macam konten lainnya yang dibuat untuk menghibur orang lain karena lucu dan menyenangkan akan menghasilkan share yang lebih banyak. Publik tidak suka untuk membagikan konten yang terlalu serius atau membuat perasaan menjadi sedih.

6. Konten Berjenis Kuis

Kuis akan mendorong sisi kompetitif setiap orang dan merangsang mereka agar bisa memenangkan setiap kuis yang diikutinya. Bahkan penelitian menunjukkan 8 dari 10 konten yang dibagikan publik adalah konten kuis.

Berpikirlah dengan kreatif untuk membuat kuis yang menarik dan gunakan tool quiz maker online gratis yang banyak tersedia.

7. Buat Konten Infografis

Infografis yang dimaksud di sini bukan hanya infografis berupa tabel atau grafik, melainkan infografis dalam bentuk visual. Buat konten visual yang relevan dan mampu merepresentasikan data dengan menarik dan mudah dibaca.

Selain itu, buat juga list di dalam infografis agar informasi yang ada lebih mudah dimengerti.

8. Repost Konten untuk Mendapat Tambahan Share

Anda bisa repost konten dua, tiga atau hingga empat kali setiap satu minggu. Namun ingat untuk jangan terlalu sering repost konten yang sama setiap harinya untuk menghindari spamming.

9. Kerja Sama dengan Influencer

Seorang influencer bisa menghasilkan share 32% lebih banyak daripada publik pada umumnya. Kemudian, konten yang dibagikan oleh 3 orang influencer mampu menghasilkan share sebanyak 2 kali lipat dibandingkan sebelumnya.

Baca juga:  5 Cara Mendapatkan Testimoni Positif dari Pelanggan

Sementara itu konten yang dibagikan oleh 5 orang influencer bisa mendapat share 4 hingga 5 kali lebih banyak. Cari influencer yang relevan dengan produk atau jasa Anda.

Di samping itu Anda juga bisa membuat konten mengenai influencer terkait seperti profil mereka, apa saja yang dilakukan, apa pencapaian mereka dan sebagainya. Cara ini akan semakin meyakinkan para influencer untuk share konten buatan Anda.

10. Transparan Kepada Publik

Konten artikel yang Anda posting pada Google+ akan lebih banyak mendapat share jika dilengkapi dengan keterangan profil atau biodata Anda sebagai pembuat konten.

Sumber:
JasondAndCo: 10 Proven Ways to Make Your Content Go Viral [Infographic]